Tim Formula Tanggap Bencana LAZ Al Azhar Terjun Bantu Penyintas Gempa di Cianjur

Tim Formula Tanggap Bencana LAZ Al Azhar Terjun Bantu Penyintas Gempa di Cianjur


Siti Adidah
22 Nopember 2022, 15:37 WIB

Cianjur- Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menerjunkan tim Formula Tanggap Bencana untuk membantu evakuasi penyintas gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11).

Gempa bumi berkekuatan 5.6SR melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur mengakibatkan ribuan rumah warga hancur. Bencana gempa bumi yang terjadi tepat pukul 13.21 WIB ini dipicu oleh pergerakan sesar Cimandiri. Gempa juga dapat dirasakan di sejumlah provinsi di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Menurut catatan BMKG, hingga Selasa (22/11/2022) pukul 07.30 WIB, telah terjadi 122 gempa susulan dengan magnitudo terbesar 4,2 dan terkecil magnitudo 1,5.

Merespon kejadian tersebut, tim Formula tanggap bencana bersama relawan setempat melakukan aksi membantu meringankan kondisi warga terdampak. Kegiatan aksi dilakukan dengan membantu evakuasi warga, mendirikan pos darurat bencana, mendirikan dapur umum, dan pendistribusian bantuan logistik.

“Proses evakuasi warga terus kami lakukan, terutama untuk keluarga yang mengalami luka-luka dan rumahnya hancur. Pos darurat bencana dan Dapur Umum juga kami dirikan di lingkungan Saung Ilmu Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur,” ujar Dofi, Koordinator tim Formula LAZ Al Azhar.


 Baca juga: LAZ Al Azhar Gelar Pengobatan Gratis untuk Lansia di Desa Dondong Cilacap

Di samping itu, kegiatan di Dapur Umum terus bergerak untuk menyuplai makanan siap saji agar dapat memenuhi kebutuhan pangan harian untuk warga terdampak dan relawan. Bantuan makanan siap saji diberikan langsung kepada 165 KK atau kurang lebih 1122 warga, yang sebagian besar masih bertahan di pos darurat bencana LAZ Al Azhar.

Hingga saat ini, warga terdampak masih bertahan di tenda dan pos darurat bencana LAZ Al Azhar karena khawatir gempa susulan kembali terjadi. Selain itu mereka juga masih membutuhkan bantuan kita terutama makanan, perlengkapan bayi, perlengkapan wanita, air bersih, alas tidur, dan selimut hangat.

BERITA POPULER

KATEGORI

TAG

BACA JUGA