Menampilkan postingan artikel "qurban"
Ini Dia Rukun Wakaf yang Harus Diketahui!
Siti Adidah 13/11/2023
Dalam berwakaf, kita juga harus memperhatikan banyak hal, seperti macam-macam wakaf, syarat, rukun-rukunnya, dan lain-lain, agar harta benda yang kita wakafkan afdal dan tepat sasaran. Seseorang yang akan mewakafkan harta bendanya juga harus memiliki pengetahuan tentang wakaf. Salah satunya adalah rukun wakaf. Agar kita mengetahui rukun-rukunnya, simaklah penjelasan di bawah ini!
Umar bin Khattab dan Wakaf Tanah Khaibar
Siti Adidah 03/08/2023
Dalam sejarah Islam, wakaf dikenal sejak masa Rasulullah karena wakaf disyariatkan setelah Nabi ke Madinah pada tahun ke-2 Hijriyah. Rasulullah dan para sahabat banyak yang berlomba mewakafkan harta yang dicintainya untuk dimanfaatkan di jalan Allah. Salah satunya adalah wakaf tanah Khaibar oleh Umar bin Khattab. Khaibar adalah nama kota besar yang berkebun luas dan berbenteng kokoh letaknya di sebelah Timur laut kota Madinah.
Tiket ke Syurga dengan Berwakaf
Siti Adidah 26/07/2023
Perintah berwakaf sudah disyariatkan sejak zaman Rasulullah. Keutamaan berwakaf menjadi amal jariyah bagi sang wakif. Selain amal jariyah, berwakaf juga mengingatkan kita bahwa setiap harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Wakaf juga bisa membantu kita dalam menabung pahala untuk ke surga kelak.
Mengenal Apa Itu Wakaf dan Tujuannya
Siti Adidah 11/07/2023
Wakaf adalah salah satu amalan yang mulia di sisi Allah Swt. Pahala wakaf akan terus mengalir kepada orang yang menjalankan amalan tersebut. Secara bahasa, wakaf berasal dari kata “wakafa” yang artinya “menahan” atau “berhenti” atau “diam di tempat.” Lalu seperti apakah wakaf dan tujuannya?