SUDAHKAH ANDA
MEWAKAFKAN HARTA?

Muslim yang rela mendermakan hartanya dengan cara berwakaf berarti telah membuka ruang selebar-lebarnya mendekati Tuhannya. Sepanjang harta wakaf masih dimanfaatkan, pihak pewakaf mendapat kucuran pahala tanpa harus ikut beramal, bahkan pahalanya tidak putus setelah ia mati meninggalkan dunia.

Wakaf Sekarang

Pengertian Wakaf

Pengertian Wakaf adalah Sedekah Jariyah, yakni menyedekahkan harta kita untuk kepentingan ummat. Harta Wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. Karena wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama ummat.

Jenis-Jenis Wakaf

Berdasarkan perkembangan zaman, harta benda yang bisa diwakafkan juga berkembang. Meskipun jenisnya tetap, namun segala benda yang bisa bernilai dan digunakan dalam jangka tertentu dapat diwakafkan. Terdapat empat jenis wakaf secara umum, yaitu jenis wakaf berdasarkan tujuannya, berdasarkan jenis hartanya, berdasarkan waktu, dan berdasarkan penggunaan harta mauquf tersebut.

Hikmah Melakukan Wakaf

Pengertian wakaf adalah ibadah dan amalan yang sangat mulia. Oleh karena itu, wakaf bisa bernilai sebagai amalan jariyah yang pahalanya tak pernah terputus. Selain itu, ternyata ibadah wakaf juga bisa memberikan banyak hikmah bagi umat muslim. Adapun beberapa hikmah dari ibadah wakaf adalah sebagai berikut :

1. Mendekatkan diri seorang muslim dengan Allah SWT.
2. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan seorang muslim.
3. Menjadi sumber pahala jariyah.
4. Membantu mencapai kesejahteraan umat.

Syarat & RUKUN Wakaf

Terdapat lima syarat dan rukun wakaf yang harus dipenuhi agar sah diamalkan sebagai berikut :
  • Wakif atau orang yang mewakafkan harta.
  • Mauquf bih atau tersedia barang atau harta yang akan diwakafkan.
  • Mauquf ‘Alaih atau pihak yang diberi wakaf dan peruntukan wakaf atas harta yang tersedia.
  • Shighat atau pernyataan sebagai ikrar wakif untuk kehendak mewakafkan sebagian harta bendanya demi kepentingan orang banyak.
  • Nazhir atau orang yang akan bertanggung jawab mengelola harta wakaf tersebut.

Yuk pindai (scan) kode QR code ini untuk melanjutkan ke halaman donasi Al Azhar Peduli, Anda bisa melakukan donasi pada web tersebut dengan banyak pilihan donasi.


Wakaf Sekarang

WAKAF MENDESAK

BERITA KEGIATAN