ZAKAT, INFAQ & SHADAQAH

Istilah Zakat, Infaq dan Shadaqah menunjuk kepada satu pengertian yaitu sesuatu yang dikeluarkan. Pengertian infaq dan shadaqah adalah mengeluarkan sebagian harta karena Allah SWT, baik yang bersifat wajib seperti zakat, kafarat, nadzar, maupun yang bersifat sunnah diantaranya, infak kepada fakir miskin sesama muslim, infak bencana alam, infak kemanusiaan,dll. Sedangkan zakat hukumnya wajib secara mutlak. Adapun menurut kebiasaan di masyarakat Indonesia, perbedaan ketiga istilah tersebut yaitu: zakat hukumnya wajib sedangkan infaq dan shadaqah hukumnya sunnah. Atau zakat yang dimaksudkan adalah sesuatu yang wajib dikeluarkan, sementara infaq dan shadaqah adalah istilah yang digunakan untuk sesuatu yang tidak wajib dikeluarkan. Jadi pengeluaran yang sifatnya sukarela itu yang disebut infaq dan shadaqah. Perbedaannya juga dapat dicermati antara lain yaitu:

1. Zakat, sifatnya wajib dan adanya ketentuannya/batasan jumlah harta yang harus dizakati Dan siapa yang boleh menerima.
2. Infaq, sumbangan sukarela atau tidak wajib dan bentuknya materi.
3. Shadaqah, hukumnya tidak wajib dan lebih luas dari infaq, karena yang disedekahkan tidak Terbatas pada materi saja

Download Panduan dibawah ini!

Dapatkan Panduan Zakat Lembaga Amil Zakat Al Azhar dengan format pdf yang sangat praktis, dengan menekan tombol unduh di bawah ini.

Handbook Panduan Zakat Al Azhar