Menampilkan postingan artikel "zakat"
Inilah Keutamaan Menjadi Amil Zakat!
Siti Adidah 27/12/2023
amanah yang besar juga menjadi wasilah seorang amil untuk berbuat kebaikan di jalan Allah. Orang-orang yang semangat berlomba-lomba dalam kebaikan dan semangat beribadah untuk Allah, sesungguhnya mereka mendapatkan balasan dari apa yang telah mereka kerjakan. Menjadi seorang amil yang jujur dan amanah memiliki banyak sekali keutamaan.loh!
Lakukan Hal Ini Agar Kamu Tidak Menyesal di Masa Tua!
Siti Adidah 20/12/2023
Orang-orang yang berhasil mempergunakan waktunya sebaik mungkin, adalah mereka yang akan menuai manfaatnya. Sebagai umat muslim, beramal saleh adalah keharusan. Lalu, apa saja kira-kira hal yang perlu dilakukan agar tidak menyesal di masa tua? Simak penjelasannya!
Sejarah Pengelolaan Zakat pada Masa Nabi
Siti Adidah 14/12/2023
Salah satu misi Islam adalah untuk mengentaskan kemiskinan. Ajaran zakat dalam Islam adalah simbol kepedulian sosial terhadap kesenjangan ekonomi, perhatian atas fenomena kemiskinan, dan cita-cita akan kesejahteraan umat. Lalu bagaimanakah sejarah zakat pada masa nabi?
Apa Benar Orang Miskin jadi Urutan Pertama Masuk Surga?
Siti Adidah 13/12/2023
Al-Qur’an surah Al-Baqarah menerangkan bahwa orang-orang yang masuk surga adalah mereka yang beriman dan melakukan amal saleh. Orang-orang yang seperti inilah yang kelak Allah sediakan surga baginya. Akan tetapi, seringkali kita mendengar bahwa ‘orang miskin adalah golongan yang akan lebih dulu masuk surga.’ Apa benar?
Hari Ibu dan Kedudukannya dalam Islam!
Siti Adidah 13/12/2023
Hari Ibu juga menjadi hari kasih sayang untuk seorang anak kepada para ibu di Indonesia dan menjadi ajang untuk mempererat kekeluargaan. Selain penting karena sejarahnya, Hari Ibu juga memberikan pelajaran kepada kita betapa tingginya derajat atau kedudukan seorang ibu di dalam Islam. Sahabat sudah tahu? Bagaimana kedudukan seorang ibu dalam Islam?
Tigal Hal yang Dapat Mengubah Hidup Kamu Menjadi Lebih Baik!
Siti Adidah 12/12/2023
Selain ingin sukses di dunia, manusia juga ingin selamat di akhirat. Akan tetapi, kadang-kadang kita ini terlalu condong memikirkan dunia sehingga lupa dengan persiapan bekal untuk akhirat. Lalu apa saja yang dapat kita persiapkan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik?
Sahabat-Sahabat Nabi Siapa Saja yang Pernah Menjadi Amil Zakat?
Siti Adidah 08/12/2023
Siapa saja sahabat-sahabat Nabi yang diperintahkan untuk mengelola atau menjadi amil zakat?
Sakit Adalah Penggugur Dosa, Bagaimana Jika Sambil Mengeluh?
Siti Adidah 07/12/2023
Jika kita sabar dan ikhlas mendapatkan rasa sakit tersebut, sakit menjadi penggugur dosa-dosa kita. Akan tetapi, bagaimana ketika kita ditimpa sakit namun selalu mengeluh? Tahukan sahabat, ada beberapa hal yang perlu kita pahami ketika kita sedang ditimpa sakit. Agar sakit menjadi wasilah penggugur dosa, kita harus perhatikan beberapa hal berikut!
Segera Bersihkan Harta dengan Zakat Akhir Tahun!
Siti Adidah 07/12/2023
Di dalam harta kita terdapat hak orang lain. Salah satu cara untuk membersihkan harta tersebut adalah dengan berzakat. Zakat bukan sekadar kewajiban yang dikeluarkan oleh umat muslim, tetapi hikmah setelah menunaikan zakat adalah agar kita terhindar dari kikir, tamak, dan agar terbiasa membantu orang lain.
Mau Dipermudah dalam Bersedekah? Jangan Lewatkan Doa Ini!
Siti Adidah 04/12/2023
Meminta dan mengharapkan selalu ada di jalan yang benar tentu harus melalui doa. Sama halnya ketika kita merasa sudah jauh dengan hal-hal baik, sudah jauh dan tidak pernah beramal saleh, dan disibukkan dengan perkara dunia, inilah doa yang Rasulullah saw. ajarkan kepada umatnya agar senantiasa dekat dengan kebaikan dan dipermudah dalam bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.
Azan Duduk, Memang Boleh?
Siti Adidah 01/12/2023
Umumnya, seseorang mengumandangkan azan di masjid atau musala dilakukan dalam posisi berdiri. Bahkan mungkin sedikit dari kita yang melihat orang berazan dalam posisi duduk karena tidak begitu familiar di kalangan masyarakat. Mungkin azan dalam posisi duduk juga menjadi hal yang dianggap kurang etis sebab ketidaklumrahan tadi. Tapi sebetulnya, azan yang dikumandangkan dalam posisi duduk memang boleh? Simak penjelasannya!
Orang-Orang yang Berhak Menerima Sedekah, Siapa Sajakah?
Siti Adidah 30/11/2023
Salah satu amalan ringan yang tidak perlu menunggu kaya dan tidak terpatok nominal adalah sedekah. Sedekah juga bisa dilakukan kapan saja. Dengan bersedekah itu artinya kita membantu orang-orang yang sedang kesulitan. Lalu siapa saja orang yang berhak menerima sedekah?
Semangat Menuntut Ilmu, Belajar dari Abdullah bin Abbas!
Siti Adidah 29/11/2023
ejak kecil Abdullah bin Abbas selalu semangat dalam menuntut ilmu. Ketika Rasulullah saw. wafat, ilmu keislamannya sudah tinggi meskipun saat itu usianya masih 13 tahun. Suatu hari, Abdullah bin Abbas ingin melihat bagaimana Rasulullah melaksanakan salat malam. Dia pun menginap di rumah Rasulullah. Sepajang malam dia terjaga agar tidak terlewati ketika Rasulullah hendak melaksanakan salat malam. Ketika Rasulullah terbangun, ia menyiapkan air wudu untuk Rasulullah.
Palestina, Mengapa Bisa Dijuluki Bumi yang Diberkahi Allah Swt?
Siti Adidah 27/11/2023
Palestina juga menjadi tempat para Nabi karena banyak Nabi dan Rasul yang lahir dan tinggal di sana. Nabi Ibrahim pernah hijrah ke Palestina bersama keluarga dan menikah dengan Siti Hajar di Palestina. Nabi Luth pernah diselamatkan oleh Allah Swt. dari azab yang diturunkan Allah kepada kaumnya menuju bumi yang diberkahi, bumi Palestina.
Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Siti Adidah 27/11/2023
Guru bukan sekadar memberikan pengajaran terhadap para siswa, tetapi juga sebagai pendidik yang membentuk karakter anak. Melalui guru, setiap orang mendapatkan banyak pengalaman, pelajaran, dan ilmu pengetahuan yang nantinya dapat memberikan perubahan, baik untuk diri sendiri, masyarakat, agama, dan negara.
Sedekah, Cara Merayu Allah agar Mengabulkan Doa Kita
Siti Adidah 24/11/2023
Usaha dan doa saja nyatanya tidak cukup. Kita tidak boleh egois dengan memenuhi kepentingan diri kita sendiri. Tuhan itu bukan sekadar melihat usaha dan doa kita, tetapi Tuhan juga melihat bagaimana sikap dan perilaku kita terhadap orang lain. Ketika habluminallah sudah kita lakukan, maka penuhi juga habluminannasnya. Lalu perilaku seperti apa yang bisa kita lakukan?
Ada yang Nepuk Pundak Padahal Lagi Salat Sunah, Kita Harus Ngapain?
Siti Adidah 22/11/2023
Situasi ketika salat berjamaah seringkali ada makmum yang terlambat mengikuti salat berjamaah, inilah kemudian yang disebut masbuk. Akan tetapi, di situasi yang lain, kadang-kadang ada makmum yang ingin melaksanakan salat berjamaah kemudian menepuk pundak jamaah lain. Padahal pundak yang ditepuk itu sedang melaksanakan salat sunah bukan salat fardu. Lantas bagaimana sikap kita? Apakah kita langsung mengubah niat atau seketika memberhentikan salat dan memberitahu makmum bahwa kita tidak sedang salat fardu?
Hidup yang Kita Keluhkan, Boleh Jadi Adalah Hidup yang Orang Lain Inginkan
Siti Adidah 22/11/2023
Sebagai manusia yang sangat biasa, seringkali kita mengeluhkan sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Ternyata hal ini juga sudah disinggung dalam Al-Qur’an bahwa manusia itu adalah makhluk yang suka berkeluh kesah.
Ibarat Badan yang Tidak Pernah Sakit, Zakat itu Penyuci Bagi Badan
Siti Adidah 21/11/2023
Sebagaimana yang juga diucapkan oleh Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah, “Sakit merupakan zakat (penyuci) bagi badan, sebagaimana sedekah merupakan penyuci bagi harta. Setiap raga yang tidak pernah merasakan sakit, seperti harta yang tidak pernah dizakati.”
Kebaikan itu Luas, Yuk Perbanyak Amal Saleh!
Siti Adidah 17/11/2023
Allah menciptakan manusia tidak lain hanya untuk beribadah kepada-Nya. Menjadi seorang manusia yang telah dipilih Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi sepatutnya membuat kita sadar bahwa hidup di dunia harus memperbanyak kebajikan. Salah satu surah dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa setiap manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh.
Kabar dari Jibril, Inilah Pesannya kepada Manusia Paling Mulia!
Siti Adidah 15/11/2023
Malaikat Jibril membawa kabar kepada Rasulullah. Pesan-pesan ini bisa menjadi pedoman untuk membimbing kita selama menjalankan kehidupan. Apa saja pesan tersebut?
Ciri-ciri Orang Saleh dalam Al-Qur’an, Kamu Kah Salah Satunya?
Siti Adidah 14/11/2023
Dalam setiap diri manusia, meski tidak luput dari dosa, ada keinginan untuk menjadi orang yang saleh dan kelak dikumpulkan bersama orang-orang saleh. Berusaha untuk memantaskan diri dan mempersiapkan bekal untuk akhirat kelak. Ciri-ciri orang yang saleh ternyata banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Mari simak, tiru, dan implementasikan selama menjalankan kehidupan di dunia!
Apakah Zakat Bisa Membersihkan Harta Riba?
Siti Adidah 14/11/2023
Lantas, bolehkah membersihkan harta riba dengan cara dizakati? Simak penjelasannya!
Ternyata Doa Anak Yatim Bisa Menembus Langit, Loh!
Siti Adidah 13/11/2023
Selain mulia, doa-doa anak yatim juga cepat dikabulkan oleh Allah. Maka dari itu, seringkali ketika kita memiliki hajat, kemudian kita meminta doa kepada anak-anak yatim dengan cara menyantuninya.
Jangan Malas! Inilah Doa Rasulullah
Siti Adidah 13/11/2023
Malas adalah ketika kita tidak mau melakukan apa-apa. Sifat malas sangat tidak dianjurkan dalam Islam. Semasa hidup di dunia, sebagai manusia kita harus semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Mengapa sifat malas tidak dianjurkan?
Alasan Kenapa Jangan Sampai Terdengar Anak Yatim Menangis
Siti Adidah 09/11/2023
Kenapa sih kita harus memuliakan anak yatim? Kenapa juga kita harus menyayangi anak yatim sebagaimana kita menyayangi anggota keluarga kita? Kenapa juga tidak boleh ada tangisan atau kesedihan yang menimpa anak yatim?
Tips Sukses Jalur Langit
Siti Adidah 09/11/2023
Orang-orang seringkali bilang kalau kita mau sukses, tidak afdal kalau cuma sekadar berusaha dengan skill yang kita punya. Bahkan kemampuan yang kita miliki saja itu ada pengendalinya. Dalam mencapai apa yang kita inginkan, ada dua hal yang perlu kita seimbangkan, yaitu usaha dan doa. Lalu bagaimana cara seseorang mencapai kesuksesan?
Inilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Qur’an
Siti Adidah 08/11/2023
Rezeki adalah segala sesuatu yang bermanfaat yang diberikan oleh Allah kepada makhluknya. Rezeki bukan sekadar uang, barang berharga, atau hal-hal yang bersifat materil. Rezeki yang paling berharga adalah iman dan Islam, karena hanya dengan kedua faktor itu pula kita akan dibukakan rezekinya oleh Allah Swt.
Kufur Nikmat; Makanan Sudah Dicela, tetapi Dimakan Pula
Siti Adidah 07/11/2023
Islam adalah agama yang mengatur segala aktivitas manusia dari bangun tidur sampai tidur lagi. Coba kita ingat-ingat, aktivitas apa yang tidak diatur dalam Islam? Mulai dari doa bangun tidur, bercermin, memakai pakaian, keluar rumah, bekerja, perjalanan jauh, makan, minum, dan lain sebagainya semua diatur dalam Islam. Dalam hal makanan, mulai dari berdoa, cara makan yang tidak boleh berdiri, dan cara menghargai makanan.
Kisah Zubair bin Awwam, Sahabat Setia Nabi yang Dijanjikan Surga
Siti Adidah 07/11/2023
Zubair bin Awwam adalah salah seorang pengikut setia Rasulullah. Zubair masih terhitung saudara Rasulullah. Namun, ketinggian derajatnya bukan didapat karena persaudaraannya dengan Rasul, tapi karena perjuangan dan pengabdiannya kepada Allah, Rasulullah, dan agama yang dicintainya.
Pancing Rezeki dengan Sedekah
Siti Adidah 03/11/2023
Mengapa sedekah dapat memancing datangnya rezeki? Karena ketika kita bersedekah, itu tandanya kita sudah membantu satu dari kesulitan orang lain dan kita tidak membiarkan orang lain di sekitar kita kesusahan. Ketika kita membantu orang lain, maka Allah juga akan membantu kita.
Quote Buya Hamka untuk Pemuda
Siti Adidah 02/11/2023
Salah satu tokoh hebat yang memiliki semangat juang tinggi, berjuang dengan karya-karyanya, dan juga tidak pantang menyerah meski pernah difitnah, siapakah beliau? Beliau adalah Buya Hamka. Siapa yang tidak kenal dengan sosok hebat ini? Inilah beberapa quote Buya Hamka yang sudah banyak dan bisa kita temui di berbagai media sosial!
Pemuda dan Dunia Zakat
Siti Adidah 01/11/2023
Dewasa ini, sudah banyak para donatur yang juga dari kalangan anak muda, sehingga hal ini bisa dimanfaatkan oleh lembaga filantropi dengan memberdayakan anak muda sebagai penghubung atau penyebar informasi mengenai zakat ke berbagai penjuru.
Peran Pemuda Masa Kini
Siti Adidah 31/10/2023
Sejarah Sumpah Pemuda menjadi salah satu saksi betapa peran pemuda sangat berarti pada saat itu. Pemuda memiliki peran yang sangat penting karena selain memiliki fisik yang kuat, mereka juga mempunyai inovasi dan ide-ide baru. Lalu bagaimana kita melihat peran pemuda masa kini?
Sejarah Sumpah Pemuda di Indonesia
Siti Adidah 31/10/2023
28 Oktober 1928 adalah momentum yang sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia, karena pada hari itu terjadinya deklarasi Sumpah Pemuda dengan tujuan membakar semangat dan tekad untuk melawan penjajah. Momentum Sumpah Pemuda memberikan semangat dan harapan untuk kemerdekaan Indonesia. Momentum ini memiliki sejarah yang cukup lama dalam prosesnya. Pada saat itu, Indonesia masih dijajah oleh negara Belanda.
Makna Memperingati Sumpah Pemuda
Siti Adidah 30/10/2023
28 Oktober 1928 adalah tanggal di mana negara Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Momentum ini menjadi sangat bersejarah karena pada saat itu adalah tonggak awal terjadinya pergerakan para pemuda Indonesia dalam mengawali kesadaran akan suatu kebangsaan. Ikrar yang diucapkan adalah janji penting karena memberikan harapan dan semangat baru untuk terus maju dan bergerak melawan penjajah.
Kisah Seorang Ibu Memasak Batu di Zaman Umar bin Khattab
Siti Adidah 26/10/2023
Suatu masa dalam kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, negeri Arab dilanda paceklik. Hujan lama tak turun, tanah lama kering kerontang, tanaman pertanian mengering, dan banyak hewan ternak yang mati kehausan. Keadaan saat itu sungguh memprihatinkan.
Sedekah Jangan Menunggu Kaya
Siti Adidah 25/10/2023
Kadang-kadang masih banyak yang berpikir jika kita memberi atau berbagi sesuatu, maka harus memiliki kelebihan harta benda terlebih dahulu. Padahal, berbagi ketika kaya itu biasa, akan tetapi berbagi ketika sedang sempit itu sangat luar biasa. Dengan bersedekah juga tidak akan mengurangi apa yang kita punya. Justru akan membuat harta kita semakin berkah.
Sambung Silaturahmi Kunci Memperlancar Rezeki
Siti Adidah 24/10/2023
Sebagai makhluk sosial, bersilaturahmi memang penting sekali. Kenapa? Selain untuk membangun keharmonisan, membangun emosional satu sama lain agar saling memahami, bersilaturahmi juga dapat memperlancar rezeki. Hal ini jelas disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari, "Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan (sisa) umurnya, maka sambunglah (tali) silaturahmi," (HR. Bukhari).
Kisah Abu Dahdah yang Relakan 600 Pohon Kurma
Siti Adidah 23/10/2023
Kisah pada zaman Rasulullah selalu menjadi motivasi dan menambah semangat beribadah. Kisah yang akan dibahas kali ini adalah sahabat Rasulullah dari Anshar. Seseorang yang memiliki kekayaan karena kebun kurma yang sangat luas. Ia juga merupakan sahabat Rasulullah yang cepat menerima seruan dari Allah dan Rasulnya.
Kisah Kesabaran Nabi Ayyub as
Siti Adidah 20/10/2023
Ini adalah kisah seorang Nabi yang memiliki kesabaran yang luar biasa. Ujian yang menimpa hidupnya tidak sedikitpun menggoyahkan imannya. Kisah kesabaran Nabi Ayyub as yang memberikan banyak pelajaran untuk kita umat muslim.
Ini Dia Cara Memandikan Jenazah Sesuai Syariat
Siti Adidah 19/10/2023
Memandikan jenazah tidak bisa dianggap remeh. Prosesi mengurus jenazah setiap muslim telah diatur sedemikian rupa secara teratur. Syarat orang yang akan memandikan jenazah harus beragama Islam, balig, berakal atau sehat mental. Yuk, simak cara memandikan jenazah sesuai syariat!
Empat Perkara yang Menyebabkan Lunturnya Pahala Sedekah
Siti Adidah 18/10/2023
Ibadah dalam Islam itu banyak sekali. Bukan hanya salat wajib dan sunah, melainkan segala tindakan baik pun bisa disebut ibadah, seperti bersedekah. Dalam bersedekah, tidak ada sesuatu yang diniatkan selain karena Allah Swt. Akan tetapi, menginginkan balasan dari Allah juga bagian dari sifat manusiawi kita. Tentu ketika kita bersedekah, ada sesuatu yang ingin kita dapatkan dari Allah, seperti pahala yang nanti dicatat menjadi amal baik dan menjadi penolong kita di akhirat kelak.
Selawat Bikin Rezeki Berlimpah!
Siti Adidah 12/10/2023
Dalam Islam, setiap amalan baik pasti memiliki keutamaannya. Entah itu memberikan keselamatan, keberkahan hidup atau juga dapat memperlancar rezeki. Sebagaimana selawat yang salah satu keutamaannya adalah dapat membuat rezeki berlimpah.
Kisah Ratu Balqis dan Nabi Sulaiman
Siti Adidah 12/10/2023
Nabi Sulaiman adalah seorang pemimpin yang adil dan bijaksana. Beliau adalah pemimpin besar Bani Israil yang telah mewarisi kerajaan ayahandanya. Beliau adalah nabi yang memiliki kelebihan dapat mengerti bahasa binatang. Kerajaan Nabi Sulaiman sangat luas dan besar. Allah menaklukkan angin untuk kendaraan Nabi Sulaiman dan Allah juga menaklukkan bangsa jin untuk tunduk pada Nabi Sulaiman.
Sehabis Salat Jangan Lupa Berzikir
Siti Adidah 11/10/2023
Berzikir seusai salat itu sangat penting. Kenapa?
Program Pemberdayaan di LAZ Al Azhar Ada Apa Saja?
Siti Adidah 10/10/2023
Program pemberdayaan LAZ Al Azhar secara garis besar terbagi menjadi dua, yakni pengentasan kemiskinan dan pengentasan pengangguran. Dari kedua bagian ini, masing-masing memiliki program turunannya, loh! Lalu, apa sajakah program unggulan tersebut?
Kenali 3 Ciri Harta yang Tidak Berkah
Siti Adidah 09/10/2023
Apa itu harta yang berkah? Harta yang membawa pemiliknya ke jalan yang benar dan harta yang dipergunakan untuk jalan kebaikan, sedangkan harta yang tidak berkah adalah harta yang menjauhkan pemiliknya dari Allah Swt., dan tidak menjadikan harta tersebut sebagai penolongnya di akhirat kelak. Artinya harta tersebut tidak digunakan dengan baik.
Amalan yang Bikin Alam Kubur Bercahaya
Siti Adidah 06/10/2023
Allah Swt. memberikan sanksi kepada orang-orang yang selama hidup di dunia berbuat kerusakan atau bermaksiat. Keadaan alam barzah (kubur) juga tergantung amalannya semasa hidup. Amalan yang baik akan menemaninya di alam kubur dan akan melapangkan dan menerangi kuburnya. Inilah amalan yang membuat alam kubur bercahaya!
Ini Dia 4 Kabar Gembira untuk Kamu yang Rajin Tahajud!
Siti Adidah 06/10/2023
Umumnya, salat yang wajib kita laksanakan adalah salat lima waktu. Akan tetapi, untuk menyempurnakan keimanannya, banyak orang yang melaksanakan amalan-amalan salat sunah lainnya, salah satunya tahajud. Tahajud adalah salah satu salat sunah yang dilakukan pada malam hari dan juga salah satu salat yang tidak semua orang mampu melakukannya.
Manfaat Salat Dhuha
Siti Adidah 05/10/2023
Selain salat lima waktu yang diwajibkan kepada setiap umat Muslim, ada banyak salat sunah yang dapat menambah kesempurnaan kita dalam beribadah, salah satunya salat dhuha. Selain mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah Swt., manfaat salat dhuha itu banyak sekali. Apa sajakah itu?
Tips Mengatur Gaji Menurut Syariat
Siti Adidah 04/10/2023
Selain hari libur biasanya tanggal gajian juga menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Bagaimana tidak? Kebutuhan setiap orang berbeda-beda dan cara pengalokasiannya juga berbeda. Ada yang penghasilannya senang ditabung, ada yang dialokasikan untuk kebaikan-kebaikan di jalan Allah, bahkan ada juga loh yang berpenghasilan hanya untuk berfoya-foya. Lalu, bagaimana kita sebagai umat muslim? Seperti apa sih pengalokasian uang yang baik sesuai syariat itu?
Ashabul Kahfi, 7 Pemuda yang Tertidur Selama 309 Tahun
Siti Adidah 04/10/2023
Ashabul kahfi adalah salah satu tanda kekuasaan Allah, yang kisahnya diabadikan dalam Al-Qur’an. Kisah ini sangat memotivasi kita karena mengajarkan tentang keimanan, aqidah, dan ketakwaan kepada Allah Swt.
Catat, Ini Dia 10 Tanda Cinta Nabi!
Siti Adidah 26/09/2023
Dialah manusia mulia yang diberi gelar Al-Amin sekaligus menjadi suri teladan, siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam. Dialah seorang Rasul yang sangat mencintai umatnya bahkan sampai akhir hayatnya. Dan kita adalah umat Rasulullah yang berharap diakui sebagai umatnya di yaumil akhir nanti. Lalu bentuk cinta seperti apa yang sudah kita lakukan?
Katanya Tuhan Maha Kaya, Lantas Kenapa Masih Ada Orang Miskin?
Siti Adidah 26/09/2023
Allah Swt. menciptakan segala sesuatu di dunia ini berpasangan-pasangan, seperti baik buruk, sedih bahagia, susah senang, murung ceria, dan lain-lain. Kemudian, kita tahu bahwa Allah tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia.
Bekerja Mencari Rezeki, Tapi Menjauhi Maha Pemberi Rezeki?
Siti Adidah 25/09/2023
Banyak orang yang bekerja sangat giat, sangat semangat, sampai terjebak dengan konsep kerja workaholic (gila kerja), sehingga beranggapan bahwa semakin banyak kerja semakin banyak juga uang yang didapatkan. Akibat gila kerja ini banyak orang yang kemudian lupa untuk beribadah kepada Allah. Hari-harinya ia padatkan untuk mencari uang, uang, dan uang.
Mengenal Makna Zakat Lebih Dekat!
Siti Adidah 25/09/2023
Dalam Islam, tentulah kita harus mengetahui hak-hak dan kewajiban kita sebagai seorang muslim, karena dampak dari ketidaktahuan adalah membuat kita lalai menjalankan kewajiban. Salah satu kewajiban umat muslim yakni membayar zakat. Perintah zakat sudah banyak sekali ditegaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Zakat adalah ibadah yang masuk pada rukun Islam. Artinya, ibadah ini sangat penting. Selain untuk membersihkan jiwa, juga membersihkan harta yang kita miliki. Lalu seperti apakah makna zakat?
Cara Tidur Ala Rasulullah, Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan!
Siti Adidah 18/09/2023
Sebagai umat Rasulullah saw., sudah sepatutnya kita mengikuti sunah beliau, termasuk rutinitas atau cara tidur ala Rasulullah. Selain karena sunah, cara tidur ala Rasulullah juga sangat baik untuk kesehatan. Begini penjelasannya!
Dosa Besar! Inilah Balasan Orang yang Sengaja Meninggalkan Salat
Siti Adidah 18/09/2023
Tidak bisa dipungkiri, dari kalangan umat muslim masih banyak orang yang senang melalaikan dan meninggalkan salat. Padahal, perbedaan kita dengan orang kafir ada pada salat. Kita pasti sudah sangat sadar bahwa salat adalah perkara yang amat penting. Tetapi mirisnya masih banyak orang muslim yang meninggalkan salat secara sengaja. Banyak dari kita yang menjadikan salat adalah beban, sehingga pelaksanaannya sekadar menggugurkan kewajiban.
Sabar juga Ada Batasnya! Kata Siapa?
Siti Adidah 15/09/2023
Seringkali kita mendengar kata-kata “Sabar juga ada batasnya!” Tidak sedikit orang yang mengucapkan hal tersebut, mungkin kita salah satunya. Kalau dilihat dari kaca mata manusia, wajar jika dikatakan sabar ada batasnya, karena manusia macam kita banyak keterbatasan, termasuk terbatas dalam segi mengatur emosi. Lalu apakah sabar juga ada batasnya?
Jangan Lakukan 3 Hal Ini Kalau Kamu Tidak Mau Rezekimu Sulit!
Siti Adidah 15/09/2023
Rezeki adalah salah satu nikmat dari Allah Swt. yang diberikan kepada hamba-Nya. Allah memberikan rezeki kepada hambanya dengan cara-cara yang berbeda. Ada rezeki yang didapat dengan cara bekerja, ada pula yang didapatkan dengan cara yang tidak terduga-duga. Lalu bagaimana agar kita mendapatkan rezeki yang baik dan berkah? Jangan coba-coba melakukan 3 hal ini.
Seberapa Penting Pendidikan untuk Anak Yatim?
Siti Adidah 14/09/2023
Beberapa orang mungkin boleh saja begitu mudah melanjutkan pendidikannya, akan tetapi ada banyak anak-anak di Indonesia yang kesulitan untuk meraih pendidikan tersebut. Tidak sedikit anak-anak yatim yang kemudian lebih memilih bekerja daripada melanjutkan pendidikan karena harus membantu orang tuanya. Tidak sedikit juga anak yatim yang akhirnya putus sekolah demi melanjutkan bekerja untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak semua orang beruntung dengan nasibnya, akan tetapi ada orang-orang yang seharusnya bisa mengubah nasib anak-anak yatim agar beruntung.
Katanya Mau Disebut Orang Beriman, Apa Boleh Sebercanda Itu?
Siti Adidah 13/09/2023
Allah memang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih, akan tetapi sifat itu untuk menunjukkan keagungan Allah, bukan untuk dijadikan alasan kita berbuat seenaknya di dunia. Tuhan memiliki hak prerogatif terhadap hambanya, bagaimana jadinya ketika kita sedang melakukan keburukan kemudian Allah mencabut nyawa kita?
Tiga Perkara Kecil yang Menghalangi Jalan ke Surga
Siti Adidah 12/09/2023
Sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, banyak hal yang mungkin tidak kita ketahui dan banyak hal yang tanpa sadar dilakukan kemudian mengurangi pahala kita. Kadang-kadang perkara-perkara kecil yang kita pikir tidak akan berdampak apa-apa justru menjadi sesuatu hal yang diperhitungkan. Inilah yang kemudian perlu diperhatikan, ada beberapa hal kecil yang dapat menghalangi kita ke surga.
Udara Buruk? Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Tubuh!
Siti Adidah 11/09/2023
Topik yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan adalah udara di Ibu Kota. Pasalnya, udara Ibu Kota sedang tidak baik-baik saja. Udara yang tidak sehat bisa berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan, apalagi kepada kalangan yang sensitif, seperti lansia dan ibu hamil. Udara buruk dalam waktu lama juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit, seperti asma, penyakit kulit, penyebaran virus, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pentingnya menjaga kesehatan di tengah udara buruk yang berkeliaran.
Rajin Tadarus Tanpa Paham Maknanya, Tetap Dapat Pahala?
Siti Adidah 07/09/2023
Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin. Segala ibadah manusia diatur di dalamnya, termasuk dalam membaca ayat suci Al-Qur’an. Dalam membaca Al-Qur’an, tidak sedikit yang sekadar membaca tanpa tahu maknanya, apalagi seorang yang awam. Kadang-kadang ini juga menjadi perbincangan, apakah orang yang membaca Al-Qur’an tanpa tahu makna tetap dapat pahala atau tidak.
Khubaib bin ‘Adi, Pahlawan yang Syahid di Tiang Salib!
Siti Adidah 07/09/2023
Sebagai manusia biasa yang terkadang lalai akan perintah-Nya, kadang juga mudah lemah imannya, kisah-kisah sahabat Rasulullah selalu menjadi cara untuk kembali meningkatkan keimanan. Ujian keimanan kita yang sekarang rasanya tidak seberapa jika dibandingkan dengan ujian para sahabat Rasulullah. Akan tetapi, mereka tetap teguh dengan imannya. Salah satu peristiwa bersejarah ada pada kisah Khubaib bin ‘Adi; pahlawan yang syahid di tiang salib dan oranag pertama yang menunaikan dua rakaat sunah sebelum subuh.
Tidak Kalah Istimewa, Inilah Peristiwa Bersejarah di Bulan Safar!
Siti Adidah 07/09/2023
Salah satu bulan yang sering dianggap bulan yang penuh kemalangan adalah Safar. Boleh jadi, anggapan ini juga terbesit dalam pikiran kita atau mungkin kita ikut meyakini hal tersebut. Meski sudah dibantah oleh Rasulullah dalam hadis riwayat Al-Bukhari Muslim dan Abu Dawud, masyarakat kita masih banyak yang beranggapan bahwa Safar adalah bulan di mana segala bala diturunkan.
10 Penyakit Hati yang Harus Disembuhkan!
Siti Adidah 06/09/2023
Salah satu penyakit yang tidak jauh berbahaya dari penyakit secara medis ada pada hati manusia. Penyakit ini memang tidak membuat sakit secara fisik, akan tetapi dapat membuat seseorang sulit melihat kebenaran. Macam-macam dari penyakit hati juga banyak dan bisa menjangkit siapa saja. Orang-orang yang memiliki penyakit hati terkadang dia tidak sadar kalau dirinya sakit.
Kisah Pedagang Kurma Masuk Surga Karena Anak Yatim
Siti Adidah 06/09/2023
Kisah-kisah Islami yang inspiratif menjadi alternatif kita untuk meningkatkan keimanan. Terlebih pada zaman Rasulullah, banyak kisah yang memotivasi dalam berbuat kebaikan. Untuk menuju jalan ke surga memang banyak sekali macamnya, seperti pada kisah seorang pedagang kurma yang masuk surga melalui anak yatim, yang kita ketahui bahwa anak yatim memang sangat dikasihi oleh Rasulullah dan barang siapa yang mengasihinya ia akan bersama Rasulullah di surga. Lantas bagaimana kisah seorang pedagang kurma bisa masuk surga karena anak yatim?
Hati-hati, Bahaya Hasad Bisa Menghanguskan Amal! Kenali Ciri-Cirinya
Siti Adidah 05/09/2023
Selain takabur, tamak, dan sombong, ada salah satu sifat yang cukup bahaya, yaitu hasad. Salah satu penyakit hati ini sering kali hadir dalam diri umat muslim, baik secara sadar maupun tidak. Hasad adalah sifat iri dengki yang biasa muncul dalam diri manusia karena tidak senang atau iri ketika orang lain memiliki sesuatu hal yang lebih daripada dirinya. Hasad juga bisa menimbulkan kebencian dan sulit berbuat kebaikan kepada orang yang ia dengki.
Kamu Punya Uang, Kamu Punya Kuasa. Tapi Beriman atau Tidak?
Siti Adidah 04/09/2023
Slogan “Kamu punya uang, kamu punya kuasa” menjadi cukup viral akhir-akhir ini. Tiap orang memparodikan dengan berbagai macam konten yang dishare ke media sosial. Dalam aktivitas kehidupan, uang memang memiliki peran penting. Bagaimana tidak? Hampir semua aktivitas manusia tidak luput dari uang. Seseorang boleh saja senang dengan hartanya selagi uang tersebut dialokasikan untuk hal-hal kebaikan, kecintaan terhadap agamanya, dan uang itu membuat kita lebih mendekatkan diri kepada Allah.
Kalau Mengaku Cinta, Teladani Kebiasaan Rasulullah dalam Berbagi!
Siti Adidah 01/09/2023
Biasanya, kekaguman atau kecintaan kita terhadap sesuatu bisa mengubah kebiasaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketika kita mencintai idola kita, kita selalu ingin mengikutinya, selalu ingin membuatnya menjadi contoh, bahkan keseharian kita sering disangkutpautkan dengan hal tersebut. Lantas bagaimana dengan kita umat Islam, yang mengaku cinta kepada Rasulullah akan tetapi tidak mengikuti kebiasaan-kebiasaan beliau.
Ini Dia Pentingnya Bangun Pagi, Sampai-sampai Didoakan Rasulullah!
Siti Adidah 01/09/2023
Salah satu kebiasaan baik yang cukup sulit dilakukan untuk menjadi sebuah rutinitas sebagian orang adalah bangun pagi. Kadang-kadang, meskipun kita sudah mengetahui manfaatnya, banyak dari kita yang masih sulit untuk bangun pagi. Jadi apa saja sebenarnya manfaat bangun pagi?
Kisah Lelaki yang Salah Sasaran, Bersedekah untuk Pencuri, Pezina, dan Orang Kaya
Siti Adidah 28/08/2023
Setiap melakukan sedekah, hal yang kita pikirkan adalah semoga sedekah kita dapat diterima oleh Allah. Kita juga berharap semoga Allah meridai apa yang kita lakukan. Ada satu kisah menarik yang terjadi pada zaman Rasulullah. Kisah tentang seorang lelaki yang ingin bersedekah secara diam-diam akan tetapi salah sasaran. Kisah ini juga diriwayatkan dalam hadis Al-Bukhari.
Kisah Budak Masuk Surga Gara-gara Sedekah Setengah Kurma
Siti Adidah 28/08/2023
Anjuran bersedekah sudah ada sejak zaman Rasulullah. Bahkan, kisah-kisah inspiratif yang mendorong kita untuk terus bersedekah itu banyak sekali. Salah satu kisah yang memberikan hikmah kehidupan adalah kisah seorang budak yang ada di dalam rumah Rasulullah. Ia adalah seorang budak yang sudah dijamin masuk neraka. Akan tetapi, takdirnya berubah menjadi ahli surga. Bagaimana ini bisa terjadi? Apa sebetulnya yang ia lakukan sehingga mengubah takdirnya?
Jadi, Nikmat Mana Lagi yang Mau Kamu Dustakan!?
Siti Adidah 25/08/2023
Sebagai manusia biasa, sifat mengeluh pasti ada. Apalagi orang-orang semacam kita yang imannya sering naik turun. Lalu lalang persoalan di dunia membuat kita sering mengeluhkan sesuatu, entah mengeluh tentang keadaan atau rezeki yang sulit dicari. Kita ini juga kadang membandingkan siatuasi kita dengan orang lain. Seringkali juga merasa jadi orang paling bersusah.
Dahsyatnya Istigfar, Amalan Paling Ringan Tapi Sering Terabaikan!
Siti Adidah 24/08/2023
Istigfar adalah salah satu zikir untuk memohon ampun kepada Allah Swt.,. Bisa dibilang, istigfar juga merupakan amalan paling ringan yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Bagaimana tidak? Hampir semua aktivitas yang kita lakukan setiap hari, bisa dikerjakan sambil beristigfar.
Berjuang Menuju Kemerdekaan yang Hakiki, Bagaimana?
Siti Adidah 22/08/2023
Mencapai kemerdekaan yang hakikat merupakan misi Islam yang sudah diperjuangkan sejak zaman Rasulullah. Bagaimana ketika seorang Rasul yang diutus ke dunia untuk memberitahu kabar gembira tentang Islam dengan perjuangannya berharap manusia mendapatkan hidayah untuk beriman kepada Allah Swt.
Senin Bersama Rasulullah, Yuk Lebih Bergembira Menyambutnya!
Siti Adidah 21/08/2023
Hari Senin adalah hari di mana setiap orang mengawali aktivitasnya. Di samping itu, telinga kita mungkin tidak pernah asing dengan kalimat “Duh, Senin. Hari yang berat.” Lain hal dengan hari Jumat. Hampir semua orang menyenangi hari tersebut karena akan bertemu dengan weekend. Beberapa orang bilang, hari weekend adalah hari untuk recharge energi.
Dahsyatnya Sedekah Istri kepada Suami, Sekali Sedekah Dapat 2 Pahala!
Siti Adidah 21/08/2023
Salah satu hadis menyebutkan bahwa turunan sedekah yang benar adalah dimulai dari diri sendiri kemudian kepada keluarga atau kerabat dekat, setelah itu barulah kepada tetangga atau orang lain. Lalu bagaimanakah jika istri yang bersedekah untuk suami ?
Berlomba-Lomba dalam Kebaikan di Hari Kemerdekaan
Siti Adidah 18/08/2023
Berlomba-lomba dalam kebaikan artinya berusaha secara sadar dan maksimal tanpa mengenal lelah untuk melakukan amalan-amalan yang baik. Selain memeriahkan hari kemerdekaan dengan berbagai acara yang digelar, mari rayakan kemerdekaan dengan cara meningkatkan kualitas diri di hadapan Tuhan yang Maha Esa, yang juga sebagai bentuk rasa syukur.
Jarang Diketahui! Inilah Sedekah Paling Manfaat untuk Orang Meninggal
Siti Adidah 16/08/2023
Semua sedekah yang ditunaikan atas nama orang yang sudah meninggal adalah baik. Akan tetapi sedekah dengan pahala jariyah bisa dilakukan dengan cara bersedekah sumur atau sumber mata air. Hadis ini memberikan pernyataan bahwa dengan bersedekah dalam bentuk sumur atau sumber mata air menjadi amal yang berkepanjangan, pahala yang diperoleh tentu akan terus mengalir kepada orang yang sudah meninggal.
Kemerdekaan Finansial Menurut Seorang Muslim, Simak Penjelasannya!
Siti Adidah 14/08/2023
Secara umum, merdeka finansial dipandang dari seberapa banyak kita memiliki uang atau pendapatan. Sebagian orang beranggapan bahwa merdeka finansial berarti suatu periode di mana seseorang sudah mampu memenuhi tujuan keuangan dalam hidup, baik memenuhi kebutuhan pendidikan, mempersiapkan biaya pensiunan, dan biaya-biaya lainnya yang menunjang kehidupan.
Ini Bedanya Infak dan Wakaf, Awas Keliru!
Siti Adidah 14/08/2023
Sebagai umat muslim, kita juga diajarkan untuk menyisihkan rezeki yang kita miliki. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah infak dan wakaf. Bukan tanpa alasan, karena kedua amalan ini memiliki banyak sekali keutamaan. Tapi, tahukah sahabat? Meski sama-sama memiliki keutamaan dan tujuan yang serupa, yakni untuk membantu orang yang sedang membutuhkan, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Simak perbedaannya!
Kisah Pasangan Suami Istri yang Mendadak Kaya di Zaman Nabi Musa
Siti Adidah 11/08/2023
Tidak ada amalan baik yang sia-sia jika dilakukan dengan ikhlas. Segala sesuatu akan mendapatkan balasannya. Seperti halnya kisah suami istri di zaman Nabi Musa. Menyimak kisah ini akan membuat kita mengambil banyak pembelajaran hidup.
Sedekah Dibarengi Tiga Hal Ini Dijamin Masuk Surga
Siti Adidah 09/08/2023
Keutamaan bersedekah menjadi sangat penting ketika amalan tersebut dibarengi dengan puasa, mengantar jenazah, dan menjenguk orang sakit. Seorang muslim jika dalam satu hari sedekah dibarengi dengan puasa, mengantar jenazah, dan menjenguk orang sakit, pelakunya dijamin masuk surga oleh Allah Swt.,
Lima Adab dalam Infak dan Sedekah
Siti Adidah 08/08/2023
Bersedekah dan berinfak juga merupakan salah satu amal yang sering dianjurkan oleh Rasulullah, bukan tanpa alasan, melainkan karena bersedekah dan berinfak memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat banyak. Namun demikian, agar menjadi berkah, lakukan lima adab ini sebelum berinfak dan bersedekah.
Enam Fungsi Zakat dalam Islam
Siti Adidah 07/08/2023
Selain untuk membersihkan jiwa dan harta, dengan berzakat juga dapat mengoptimalkan pengentasan kemiskinan, karena orang-orang yang berzakat disalurkan kepada penerima zakat dan tepat sasaran, seperti kepada fakir, miskin, riqab, gharim, musafir, muallaf, fisabilillah, dan ibnu sabil. Maka dari itu, sebelum menunaikan zakat, kita juga perlu mengetahui fungsi-fungsi zakat, yakni:
Selain Berpahala, Sedekah Juga Menolak Bala
Siti Adidah 07/08/2023
Perintah bersedekah sudah ada sejak zaman Rasulullah. Rasulullah saw., adalah orang yang sangat gemar bersedekah. Selain mendapatkan pahala, dengan bersedekah juga membuat kita menyadari tentang pentingnya membantu orang lain dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat. Tak lepas dari itu, selain bisa mendekatkan diri kita kepada Allah Swt., bersedekah juga mampu menolak bala, mampu menjaga orang-orang yang gemar bersedekah.
Ancaman bagi Orang yang Enggan Membayar Zakat
Siti Adidah 04/08/2023
Betapa pentingnya membayar zakat, sehingga anjuran berzakat berkali-kali disebutkan dalam Al-Qur’an. Namun demikian, tidak sedikit pula umat muslim yang lalai dalam menunaikan zakat padahal mampu. Sifat kikir seorang muslim yang biasanya menjadi penghalang dalam menunaikan zakat, enggan mengeluarkan hartanya. Padahal, salah satu manfaat berzakat adalah untuk menyucikan diri.
Umar bin Khattab dan Wakaf Tanah Khaibar
Siti Adidah 03/08/2023
Dalam sejarah Islam, wakaf dikenal sejak masa Rasulullah karena wakaf disyariatkan setelah Nabi ke Madinah pada tahun ke-2 Hijriyah. Rasulullah dan para sahabat banyak yang berlomba mewakafkan harta yang dicintainya untuk dimanfaatkan di jalan Allah. Salah satunya adalah wakaf tanah Khaibar oleh Umar bin Khattab. Khaibar adalah nama kota besar yang berkebun luas dan berbenteng kokoh letaknya di sebelah Timur laut kota Madinah.
Sedekah Tidak Perlu Menunggu Kaya
Siti Adidah 02/08/2023
Rasulullah selalu menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Ternyata, untuk bersedekah tidak perlu menunggu punya harta yang banyak. Tidak pula menunggu kaya baru boleh berbagi. Bersedekah pada orang lain sungguh tidak akan merugi, karena Allah pasti akan memberikan balasan yang lebih.
Sedekah Jariyah dengan Ilmu
Siti Adidah 31/07/2023
Secara umum, banyak dari kita yang masih berpikir bahwa sedekah hanyalah berbentuk harta atau makanan yang bisa dibagi kepada sesama. Padahal, selain daripada harta atau makanan, banyak hal yang juga disebut sedekah, seperti menyumbang tenaga untuk membantu orang lain, mengajarkan ilmu pengetahuan, bahkan senyum ikhlas yang kita tunjukkan kepada orang lain itu juga bagian dari sedekah.
Tiket ke Syurga dengan Berwakaf
Siti Adidah 26/07/2023
Perintah berwakaf sudah disyariatkan sejak zaman Rasulullah. Keutamaan berwakaf menjadi amal jariyah bagi sang wakif. Selain amal jariyah, berwakaf juga mengingatkan kita bahwa setiap harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Wakaf juga bisa membantu kita dalam menabung pahala untuk ke surga kelak.
Cara Si Kaya Bersedekah
Siti Adidah 25/07/2023
Pada zaman Rasulullah saw., hidup seorang sahabat yang bernama Abdurrahman bin Auf. Selain dikenal karena kepatuhannya kepada Rasulullah, Abdurrahman bin Auf juga dikenal karena kekayaannya, dan dia selalu mendermakan kekayaannya di jalan Allah. Abdurrahman bin Auf selalu mendermakan hartanya dengan ikhlas demi menegakkan agama Allah.
Bolehkah Puasa Muharram Sebulan Penuh?
Siti Adidah 24/07/2023
Salah satu waktu yang baik untuk berfastabiqul khairat adalah di bulan-bulan yang memiliki banyak keistimewaan, seperti Muharram. Muharram menjadi bulan yang memiliki banyak keutamaan. Selain banyak amalan sunah, pada bulan ini segala ibadah atau amalan baik akan mendapatkan pahala berlipatganda dari Allah Swt.
Kisah Budak dan Sedekah Kalung Putri Rasulullah
Siti Adidah 21/07/2023
Pada zaman Rasulullah, banyak sekali kisah-kisah yang menginspirasi dan memberikan contoh tentang pentingnya bersedekah. Selain kisah Abdurrahman bin Auf, sahabat Rasul yang terkenal dermawannya, kisah putri Rasulullah juga sangat patut untuk diteladani, yakni Sayyidah Fatimah az-Zahra.
Bagaimana Islam Mengistimewakan Anak Yatim?
Siti Adidah 20/07/2023
Anak yatim menjadi sangat mulia karena Allah Swt., menyebutnya berkali-kali dalam Al-Qur’an. Mulai dari surah Al-Baqarah ayat 220, An-Nisa ayat 36, Al-Insan ayat 8, Al-Ma’un ayat 1-2, dan masih banyak lagi ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang anak yatim, disebutkan lebih dari 20 kali dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an secara tegas mengatakan bahwa anak yatim adalah sosok yang harus disayangi, dikasihi, dan diperhatikan. Lalu bagaimana Islam mengistimewakan anak yatim?
Lebaran Yatim Telah Tiba, Ajak Mereka Berbahagia!
Siti Adidah 18/07/2023
Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, yaitu hari raya anak-anak yatim. Idul Yatama adalah hari untuk membahagiakan anak-anak yatim. Sebagian besar masyarakat Indonesia merayakan tradisi ini salah satunya dengan memberikan santunan kepada anak yatim. Namun demikian, adanya momentum Idul Yatama ini bukan berarti dalam membahagiakan anak yatim hanya di hari tersebut.
Kisah Rasulullah dan Anak Yatim yang Lusuh
Siti Adidah 18/07/2023
Menjadi yatim bukan sebuah pilihan, itu sudah menjadi takdir Allah. Ketika anak-anak di luar sana masih bisa bermain dengan ayahnya, ada seorang anak yang tersiksa rindu terhadap orang tuanya yang telah wafat. Namun demikian, Allah sangat memuliakan anak-anak yatim, dan anak yatim adalah sosok yang harus dicintai dan dibahagiakan. Seperti kisah Rasulullah yang bertemu anak yatim di hari raya Idulfitri.
Ini 6 Keistimewaan Bulan Muharram yang Jarang Diketahui
Siti Adidah 14/07/2023
Sebagai seorang muslim, tentu kita tahu bulan apa saja yang kehadirannya memiliki banyak keistimewaan. Selain karena banyak peristiwa penting yang terjadi, pada bulan tersebut Allah Swt., juga memberikan banyak rahmatnya. Salah satunya pada bulan Muharram. Bulan ini menjadi bulan yang memiliki banyak keistimewaan. Apa sajakah keistimewaan yang terjadi di bulan Muharram?
Deretan Peristiwa Penting yang Terjadi di 10 Muharram
Siti Adidah 13/07/2023
Muharram adalah salah satu bulan yang diistimewakan. Selain memiliki banyak keutamaan dan amalan-amalan baik, pada bulan ini juga memiliki sejarah Islam yang luar biasa dan patut untuk dijadikan pelajaran hidup. Banyak peristiwa penting yang dialami para Nabi pada bulan ini. Khususnya peristiwa yang terjadi di balik 10 Muharram. Oleh karena itu, sudah sepatutnya umat muslim menyambut baik dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya.
Beragam Ibadah yang Dianjurkan Saat Muharram!
Siti Adidah 12/07/2023
Selain amalan puasa, berikut beberapa amalan sunah yang bisa dikerjakan oleh umat muslim di Bulan Muharram.
Benarkah Wudu Mampu Menggugurkan Dosa?
Siti Adidah 10/07/2023
Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak memiliki dosa. Setiap manusia pasti pernah khilaf dan melakukan kesalahan. Namun, setiap manusia juga ingin mengharapkan rida dan ampunan dari Allah Swt. Adakah amalan atau ibadah yang dapat menghapus dosa tersebut?
Luar Biasanya Kisah-kisah di Dalam Surah Al-Kahfi
Siti Adidah 06/07/2023
Selain keutamaan yang terkandung dalam surah Al-Kahfi, surah tersebut juga mengandung kisah yang sangat inspiratif di dalamnya. Arti dari surah Al-Kahfi adalah gua. Dikenal juga dengan sebutan lain yakni Ashabul Kahf yang artinya penghuni-penghuni gua. Ada beberapa kisah di balik surah Al-Kahfi yang memiliki 110 ayat ini.
Inilah Jenis Zakat yang Wajib Ditunaikan!
Siti Adidah 06/07/2023
Sebelum menunaikan zakat, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis zakat terlebih dahulu, karena berzakat tidak bisa asal ditunaikan. Ada syarat dan ketentuannya sesuai dengan jenis zakat.
Sedekah Itu Mudah, Inilah Macam-Macamnya!
Siti Adidah 04/07/2023
Sedekah adalah salah satu ibadah yang ringan dilakukan. Pelaksanaannya pun bisa dilakukan kapan saja. Sedekah yang paling dikenal oleh kalangan masyarakat mungkin sedekah harta atau materi. Namun demikian, tahu kah kita bahwa sedekah itu memiliki macam-macamnya. Berikut macam-macam sedekah yang bisa dilakukan!
Bolehkah Beribadah Kurban Secara Online?
Siti Adidah 27/06/2023
Berkembangnya dunia teknologi banyak mengubah cara kerja manusia, baik dari segi pekerjaan, jual beli, dan aktivitas lainnya. Kini, dengan adanya teknologi memudahkan orang-orang dalam melakukan sesuatu, seperti bersedekah, wakaf, dan berzakat yang juga sudah bisa dilaksanakan secara online. Lalu bagaimana dengan ibadah berkurban, apakah bisa dilakukan secara online?
Bagaimana Hukumnya Hewan Kurban Mendadak Cacat Jelang Penyembelihan?
Siti Adidah 27/06/2023
Sebelum proses penyembelihan, masyarakat yang sudah siap berkurban perlu diimbau untuk mencari hewan kurban yang bagus, yang tidak cacat, dan baik dari segala hal. Ibadah berkurban adalah persembahan untuk Allah Swt., atas nikmat yang telah diberikan dan atas rasa syukur kita sebagai hamba. Oleh karena itu, hewan yang akan dikurbankan harus dalam keadaan baik. Lantas bagaimana dengan hewan yang sudah baik dan sehat sejak awal, tetapi mendadak cacat ketika hendak disembelih?
Ini Dia Bagian Hewan Kurban yang Baik untuk Diambil!
Siti Adidah 26/06/2023
Setiap yang berkurban boleh mengambil daging kurban, yaitu sepertiga bagian. Setelah itu dibagikan kepada golongan yang berhak menerima kurban. Lalu bagian mana saja yang bisa diambil ?
Kurban Online Bersama LAZ Al Azhar, Cara Mudah Kirimkan Daging Hingga Pelosok Desa
Siti Adidah 22/06/2023
Demi memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para pekurban LAZ Al Azhar turut menyediakan layanan kurban online yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Berkurban dapat dilakukan secara langsung dari rumah dengan berbagai opsi pembayaran yang mudah. Adapun pendistribusian daging kurban tersebar di 14 titik provinsi yang ada di Indonesia hingga ke daerah-daerah tempat tinggal keluarga duafa, bahkan sampai ke pelosok desa.
Kurban Dulu atau Akikah Dulu?
Siti Adidah 22/06/2023
Lalu, mana yang harus didahulukan? Kurban dulu atau akikah dulu? Ini tergantung situasi dan kondisi. Kurban adalah salah satu ibadah sunnah muakad. Pelaksanaannya pun ditujukan kepada objek yang sudah mampu untuk berkurban. Orang yang sudah mampu berkurban, maka dianjurkan untuk melaksanakan ibadah tersebut.
Begini Cara Potong Hewan Kurban Sesuai Syariat dan Sering Diabaikan
Siti Adidah 21/06/2023
Setiap ibadah yang dilaksanakan umat Islam mempunyai aturan dan tata caranya. Artinya, tidak bisa asal melaksanakan tanpa memerhatikan aturan-aturan yang berlaku. Ibadah kurban, tidak akan sah atau tidak akan diterima jika pelaksanaannya tidak memerhatikan hukum-hukum Islam. Lalu bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat?
Inilah Golongan yang Berhak Mendapatkan Daging Kurban!
Siti Adidah 20/06/2023
Berkurban adalah ibadah yang besar pahalanya di sisi Allah Swt. Dengan berkurban tandanya umat Islam sedang mencurahkan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. Sebelum melaksanakan ibadah berkurban, tentulah harus mengetahui golongan-golongan yang berhak menerima daging kurban. Ibadah kurban tidak hanya sampai pada penyembelihan lalu selesai, melainkan perlu diperhatikan juga tata cara pembagiannya agar daging kurban yang dibagikan juga tidak salah sasaran.
Kisah Thalhah bin Ubaidillah, Sahabat Pemberani yang Dijamin Masuk Surga
Siti Adidah 16/06/2023
Dalam hal ini jelas adanya bahwa meneladani kisah sahabat Rasulullah akan membuat kita, umat sekarang mendapatkan pelajaran yang berharga, salah satunya meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. Salah satu generasi terdahulu yang masuk Islam adalah sahabat Rasulullah bernama Thalhah bin Ubaidillah melalui perantara Abu Bakar Sidiq.
Istimewanya 10 Hari Pertama Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Arafah Jangan Sampai Terlewat!
Siti Adidah 14/06/2023
Hadirnya bulan Dzulhijjah bukan sekadar agar kaum muslimin mengingat sejarah luar biasa yang terjadi pada bulan tersebut. Lebih dari itu, bulan ini kemudian menjadi ajang untuk fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan), salah satunya meningkatkan ibadah dan kedekatan kepada Allah Swt. Pada bulan ini terdapat waktu tertentu untuk melaksanakan amalan istimewa. Apa sajakah amalan tersebut?
Kenapa Muslimah Harus Berpendidikan Tinggi?
Siti Adidah 13/06/2023
Jauh sebelum abad-21, pendidikan untuk perempuan menjadi momok yang cukup menakutkan. Pasalnya, budaya-budaya kolot yang mengekang hidup perempuan dan membatasi hanya pada ranah domestik saja. Bagi sebagian orang, pendidikan tinggi itu tidak terlalu penting untuk perempuan, karena setinggi-tingginya pendidikan perempuan, tempatnya adalah menjadi ibu rumah tangga. Lalu mengapa muslimah harus memiliki pendidikan tinggi?
Jangan Potong Rambut dan Kuku Sebelum Kurban!
Siti Adidah 09/06/2023
Hal yang disunahkan untuk tidak dilakukan seorang muslim yang hendak berkurban yaitu memotong kuku dan rambut di awal bulan Dzulhijjah hingga setelah menyembelih hewan kurban. Lalu seperti apa hikmah yang terkandung dalam anjuran tersebut?
Kisah Sahabat Nabi yang Ingin Miskin Tapi Selalu Gagal
Siti Adidah 07/06/2023
Di saat banyak manusia yang selalu merasa kurang dan ingin memiliki segalanya, Abdurrahman bin Auf justru ingin menjadi seorang yang miskin. Seperti apakah sosok Abdurrahman bin Auf?
Puasa Arafah, Puasa Satu Hari Hapus Dosa Selama 2 Tahun
Siti Adidah 05/06/2023
Puasa Arafah adalah salah satu ibadah yang memiliki keutamaan besar dalam agama Islam. Lalu apa itu puasa Arafah? Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang merupakan salah satu hari dari bulan haji. Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar, karena pada hari tersebut juga terdapat ibadah wukuf di Arafah bagi jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekah.
Sedekah: Kunci Menuju Keberkahan dan Kebaikan Tanpa Batas
Siti Adidah 31/05/2023
Sedekah merupakan salah satu konsep penting dalam Islam. Secara harfiah, sedekah berarti memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang lain dengan niatan ikhlas dan tanpa mengharapkan balasan. Sedekah tidak hanya terbatas pada pemberian harta, tetapi juga bisa berupa waktu, tenaga, atau kebaikan lainnya. Sedekah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.
Ambil Kesempatan Terbaik untuk Kurban di LAZ Al Azhar!
Siti Adidah 29/05/2023
Kurban dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat kehidupan yang telah diberikan. Selain itu, melalui pelaksanaan kurban, umat Muslim mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS sebagai bentuk pengabdian. Sungguh luar biasa iman yang dimiliki Nabi Ibrahim ketika Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih putra kesayangannya, yaitu Nabi Ismail AS, sebagai tebusan pada hari An-Nahr (Iduladha).
Niat dan Tata Cara Penyembalihan Hewan Kurban
Siti Adidah 23/05/2023
Kurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Setiap tahun, umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Iduladha dengan menyembelih hewan kurban sebagai bentuk pengorbanan diri dan ketaatan kepada Allah SWT. Dalam menjalankan ibadah kurban, ada tata cara dan doa yang harus dipatuhi sesuai dengan ajaran Islam. Lalu bagaimana tatacara penyembelihan hewan kurban dan doa yang harus dibaca?
Kisah Uwais Al Qarni, Penghuni Langit yang Tulus Mencintai Ibunya
Siti Adidah 22/05/2023
Uwais Al-Qarni, sosok yang disebut-sebut sebagai anak yang penuh kebaktian kepada ibunya, adalah salah satu figur penting dalam sejarah Islam. Lalu bagaimanakah kisahnya?
5 Hikmah Berkurban Wujudkan Kebahagiaan
Siti Adidah 12/05/2023
Ibadah kurban sendiri mengandung empat dimensi kebaikan yakni dimensi tauhid, sosial, spiritual, dan moral. Terdapat banyak nilai hikmah yang bisa dipetik dari ibadah kurban.
Ini Dia Macam Wakaf Produktif
Siti Adidah 09/05/2023
Wakaf sendiri merupakan ibadah yang dapat dikembangkan dengan potensi yang besar. Nilai dari harta benda yang diwakafkan akan tetap sama, akan tetapi hasil pengelolaan dari wakaf dapat memberikan manfaat dari masa ke masa. Berikut macam-macam wakaf produktif beserta contohnya.
Pengertian dan Jenis Zakat dalam Islam
Siti Adidah 28/04/2023
Berbicara mengenai zakat, tentu sudah tidak asing terdengar bagi seorang muslim. Zakat termasuk ke dalam salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan bagi seseorang yang telah memenuhi syarat-syarat untuk berzakat. Lalu ada berapa jenis zakat?
Qadha dulu atau Syawal dulu?
Siti Adidah 28/04/2023
Disamping itu ada puasa sunah yang juga besar pahalanya yakni puasa di bulan Syawal selama 6 hari. Meski hukumnya sunah, puasa di bulan Syawal memiliki keistimewaannya sendiri, yakni pahalanya dihitung seperti berpuasa setahun penuh.
Dapatkan Keuntungan Berzakat Melalui LAZ Al Azhar
Siti Adidah 18/04/2023
Di Indonesia ada banyak sekali lembaga amil zakat yang mengelola dana zakat secara profesional dan komprehensif. Selain itu lembaga amil zakat juga menerima dan mengelola dana lain seperti infak, sedekah, wakaf, maupun dana sosial keagamaan lainnya. Salah satu lembaga yang sudah terbukti amanah dan profesional dalam mengelola zakat yaitu LAZ Al Azhar. Berikut keutamaan yang didapatkan jika kamu berzakat melalui LAZ Al Azhar.
Saatnya Berburu Malam Lailatul Qadar
Siti Adidah 15/04/2023
Tak terasa kita sudah menginjak di 10 hari terakhir bulan Ramadan, rasanya baru kemarin mulai salat tarawih, bukber, bagi takjil, dan bangun sahur. Ternyata, itu semua sudah akan berakhir. Jika berbicara akhir bulan Ramadan teringat pesan Rasulullah SAW, beliau mengisyaratkan bahwa di malam-malam terakhir bulan Ramadan terdapat satu malam yang penuh dengan pengampunan, keberkahan, dan kemuliaan yakni lailatul qadar.
Zakat Menyucikan Harta
Siti Adidah 14/04/2023
Dari sini kita sudah mendapat alasan mengapa zakat yang dikeluarkan menjadi pembersih harta kita, bukan karena harta kita haram, akan tetapi karena di dalam harta kita juga terdapat hak orang lain. Dengan menunaikan zakat, maka harta kita akan dibersihkan dari hak orang lain.
Apa Bedanya Zakat Fitrah dan Zakat Mal?
Siti Adidah 13/04/2023
Menurut Islam, secara umum jenis zakat terbagi menjadi dua, yakni zakat fitrah dan zakat mal. Keduanya sama-sama wajib ditunaikan bagi umat muslim. Tapi, tahukah kamu jika zakat fitrah dan zakat mal memiliki beberapa perbedaan?
20 Nasehat Buya Hamka Tentang Kehidupan yang Membuat Hati Sejuk
Siti Adidah 12/04/2023
Sebagai seorang ulama, Buya Hamka kerap membuat beberapa nasehat yang penuh makna. Berikut 20 nasehat Buya Hamka tentang kehidupan yang membuat hati sejuk
4 Tips Biar Enggak Ngantuk Setelah Subuh
Siti Adidah 12/04/2023
Salah satu godaan berat bagi kita yang sedang menjalankan puasa adalah ngantuk. Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan agar tidak ngantuk setelah subuh? Simak selengkapnya.
12 Quotes Buya Hamka Tentang Cinta
Siti Adidah 11/04/2023
Dikenal sebagai seorang ulama besar di Indonesia pada masanya, orang yang mempunyai nama lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah ini tampaknya tidak hanya pandai dalam membuat nasehat mengenai kehidupan. Namun Buya Hamka juga kerap membuat quotes tentang cinta yang dapat dijadikan pembelajaran bagi generasi sekarang.
Ini Dia Tanda Puasa Kamu Diterima
Siti Adidah 10/04/2023
Sebagai seorang muslim yang beriman tentu saja kita akan melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya, seperti salat, puasa, zakat, dan sebagainya. Tapi pernahkah kita berpikir apakah ibadah yang sudah kita lakukan selama ini diterima Allah SWT?
Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadan
Siti Adidah 10/04/2023
Menghidupkan Ramadan pada hari-hari terakhir merupakan kebaikan yang lebih baik dari hari-hari yang lain. Maka dari itu pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan kita harus memaksimalkan ibadah, serta memohon ampun pada Allah SWT. Sepuluh hari terakhir merupakan penutup bulan Ramadan yang penuh berkah dan setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya. Di bawah ini terdapat empat ibadah yang bisa kamu kerjakan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan:
Puasa Tapi Tidak Salat, Bagaimana Ketentuannya?
Siti Adidah 06/04/2023
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Bulan dimana segala ibadah maupun perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Banyak orang berlomba-lomba memanen kebaikan yang ada di bulan Ramadan.
8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Kamu!
Siti Adidah 06/04/2023
Siapakah yang berhak menerima zakat? Pertanyaan tersebut mungkin sering kali terdengar. Lalu, apakah zakat diberikan hanya kepada mereka yang tidak mampu? Pada dasarnya, perintah untuk menunaikan zakat telah diwajibkan kepada setiap umat Islam. Berikut adalah golongan orang yang berhak menerima zakat.
6 Amalan Bulan Ramadan, Nomor 3 Sering Ditinggalkan!
Siti Adidah 05/04/2023
Banyak orang berlomba-lomba fastabiqul khairat selama Ramadan. Berikut 6 amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan sebagai bagian dari fastabiqul khairat.
Mengharukan, Peristiwa Penting Ini Terjadi di Bulan Ramadan
Siti Adidah 05/04/2023
Bulan Ramadan adalah bulan penantian yang kedatangannya ditunggu-tunggu umat Islam. Pada bulan ini terjadi beberapa peristiwa penting seperti Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Selain kedua peristiwa tersebut, ternyata terdapat pula beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadan.
Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan
Siti Adidah 04/04/2023
Penting dari kita untuk menjaga kesehatan jasmani di bulan Ramadan. Meskipun ada kewajiban puasa, tetapi bukan alasan bagi kita untuk tidak menjaga kesehatan.
Agar Tidak Telat, Catat Waktu Terbaik Bayar Zakat Fitrah!
Siti Adidah 03/04/2023
Para ulama sepakat, bahwa zakat fitrah hukumnya wajib, sebab lebaran pada akhir bulan Ramadan bertujuan untuk menggembirakan fakir miskin dan pembersih diri juga jiwa kita. Ketentuan mengenai waktu utama membayar zakat fitrah adalah hal yang harus diperhatikan agar pembayaran zakat tidak melewati batas waktu sesuai syariat.
Tips Pilih Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa
Siti Adidah 31/03/2023
Jika tidak dipilih secara baik, makanan yang dikonsumsi saat berbuka akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Maka, ada baiknya jika kita memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat saat berbuka, karena hal ini mampu mengembalikan energi dan menjaga kesehatan pencernaan.
Ini Dia Ganjaran Pahala Bagi yang Memberi Makan Orang Berpuasa
Siti Adidah 30/03/2023
Banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan untuk memuliakan bulan Ramadan, salah satunya dengan memberi makan orang yang berpuasa. Lalu bagaimana ganjaran pahala yang akan diperoleh?
Siapakah yang Berhak Mendapatkan Keringanan Puasa?
Siti Adidah 29/03/2023
Rukhsah puasa atau keringanan untuk tidak berpuasa dalam kondisi tertentu dapat diberikan kepada seorang muslim, akan tetapi hal ini juga tidak dapat dijadikan alasan untuk seseorang meninggalkan kewajiban puasa di bulan Ramadan.
7 Manfaat Puasa Ramadan untuk Kesehatan
Siti Adidah 28/03/2023
Namun, pada nyatanya puasa memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh juga loh! Meskipun kita tidak mendapatkan asupan gizi selama 12 jam, ternyata ada sejumlah manfaat puasa yang bisa didapatkan. Berikut 7 manfaat puasa Ramadan yang baik untuk kesehatan:
Tips Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadan
Siti Adidah 27/03/2023
Seringkali kita merasa agak kesulitan membagi waktu untuk tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadan. Terlebih jika kita mempunyai kesibukan seperti bekerja, sekolah, kuliah, dan lain sebagainya. Meski demikian, mengkhatamkan Al-Qur’an bukanlah menjadi hal yang mustahil dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan:
Tidurnya Orang Puasa Bisa Dapat Pahala, Benarkah?
Siti Adidah 27/03/2023
Pertanyaan tersebut mungkin tidak asing terdengar atau bahkan pernah terbesit dalam diri kita. Lalu apakah tidurnya orang yang tengah berpuasa dapat menjadi pahala?
Bulan Puasa Mager Ngapa-Ngapain? Yuk, Lakukan Kegiatan Ini Biar Tetap Produktif!
Siti Adidah 24/03/2023
Perubahan pola aktivitas yang dilakukan sehari-hari selama Ramadan, setidaknya akan mengubah kegiatan harian dan membutuhkan penyesuaian. Yuk, intip kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan!
Baca Doa Ini, Sebelum Masuk Bulan Ramadan
Siti Adidah 17/03/2023
Jika persiapan menyambut Ramadan telah rampung, jangan lupa untuk membaca doa khusus ini! Kesempatan yang hanya datang satu kali dalam satu tahun ini, jangan sampai menjadi hal yang sia-sia. Maka, sebaiknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Siapakah yang Berhak Mendapatkan Keringanan Puasa?
Siti Adidah 10/03/2023
Terdapat 7 golongan orang yang mendapat rukhsah puasa Ramadan, siapa sajakah mereka?
Bagaimana cara Mengqadha Puasa untuk Perempuan Hamil?
Siti Adidah 07/03/2023
Bagi perempuan hamil dan menyusui diperbolehkan untuk meninggalkan puasa Ramadan dengan syarat harus menggantinya di hari lain. Karena pada prinsipnya, setiap ibadah yang dilakukan umat Islam mampu memberi manfaat. Disamping itu, tidak ada ibadah yang diberatkan kepada umat, juga termasuk pada ibadah puasa di bulan Ramadan.
Amalan Bulan Syaban, Nomor 5 Bisa Buka Pintu Surga
Siti Adidah 02/03/2023
Bulan Syaban berada tepat di antara bulan Rajab dan bulan Ramadan, memiliki keistimewaan yang luar biasa sehingga umat muslim dianjurkan untuk menjalankan amalan-amalan sunnah yang terkandung di dalamnya. Lalu amalan apa saja yang dapat kita lakukan di bulan Syaban?
Cara Menghabiskan Waktu dengan Bijak
Siti Adidah 17/02/2023
Waktu berjalan terkadang begitu cepat dan tidak terasa habis begitu saja. Namun, tidak jarang juga seseorang akan merasakan waktu berjalan begitu lambat dan meninggalkan kebosanan. Padahal waktu setiap harinya berjalan dalam detik, menit, dan jam yang sama yaitu selama 24 jam. Jadi, sebenarnya apa yang membuat waktu begitu terasa berbeda setiap harinya?
Isra Mikraj dan Hikmahnya
13/02/2023
Peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad memiliki sejumlah hikmah dan pelajaran yang luar biasa. Momentum yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab ini menjadi hal yang penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Isra Mikraj jatuh pada tanggal 18 Februari 2023 mendatang.
Selagi Masih Ada Waktu, Yuk Perbanyak Amalan Ini di Bulan Rajab!
Siti Adidah 06/02/2023
Bulan Rajab menjadi bulan istimewa karena pada bulan ini semua amal ibadah mendapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT. Disamping itu terdapat kemuliaan lainnya pada bulan Rajab yaitu terjadinya berbagai peristiwa bersejarah dalam Islam dan juga bulan yang dekat dengan bulan Ramadan.
10 cara Para Sahabat Persiapkan diri sambut bulan Ramadan
Siti Adidah 06/02/2023
Sebagai upaya mencapai keberhasilan dalam memperoleh keutamaan di bulan Ramadan, ada baiknya jika kita mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 H dengan meneladani kebiasaan para sahabat Nabi Muhammad SAW. Lalu bagaimanakah persiapan yang dilakukan para sahabat?
Doa dari Malaikat Bagi Si Pencari Nafkah dan Rajin Bersedekah
Siti Adidah 30/01/2023
Seperti yang kita ketahui bahwa malaikat adalah hamba Allah yang paling taat karena mereka tidak diberi nafsu untuk berlaku durhaka kepada Rabbnya. Dan sudah tentu apabila mereka berdoa, apapun doanya pasti mustajab dan yakin dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, siapapun manusia yang didoakan oleh malaikat sungguh ia sangat beruntung. Lalu amalan apa yang harus kita lakukan sehingga para malaikat mendoakan kebaikan untuk kita?
Jangan Sampai Menyesal dengan Menyia-Nyiakan Waktu Hidup yang Dimiliki
Siti Adidah 09/01/2023
Waktu adalah hal paling berharga dalam kehidupan manusia, salah satu nikmat dan anugerah yang Allah berikan agar kita menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Namun terkadang seringkali manusia memanfaatkannya dengan hal-hal yang tidak benar dan menyimpang dari aturan agama.
70 Ribu Malaikat Ikut mendoakan Orang Ini, Siapakah Dia?
Siti Adidah 06/01/2023
Orang yang beriman, apabila mendapatkan doa dari saudara seiman lainnya untuk kebaikannya, maka tentu ia akan merasa senang dan berterima kasih karena telah didoakan. Lalu bagaimana pula jika seseorang beriman mendapat doa dari para malaikat?
Tips Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Fit Saat Musim Hujan
Siti Adidah 04/01/2023
Menjaga kesehatan saat musim hujan merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar tubuh tetap fit. Berbagai penyakit akan menghantui tubuh jika kita tidak pandai dalam menjaga kesehatan, apalagi Indonesia termasuk ke dalam negara tropis. Lalu bagaimana tips agar kita tetap sehat saat musim hujan tiba?
Amalan Pembuka dan Penghalang Rezeki
Siti Adidah 02/01/2023
Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentu memiliki takdir dan rezekinya masing-masing. Keduanya seakan mutlak tersemat dalam jalan hidup seseorang, hanya saja terkadang manusia lupa tentang hal itu. Namun dengan adanya ketetapan tersebut tidak dianjurkan bagi kita untuk terus berpangku tangan dan tidak berikhtiar untuk mencari rezeki.
Dzikirnya Sederhana, Pahalanya Luar Biasa
Siti Adidah 23/12/2022
Bagi seorang muslim, melakukan komunikasi kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Suatu usaha yang dapat kita lakukan agar hati dan jiwa, bisa dekat dengan Allah SWT adalah dengan dzikir. Arti dzikir dalam bahasa Arab adalah “Dzakara-yadzkuru-dzikran” yang memiliki arti perbuatan dengan lisan (menyebut, menuturkan, mengatakan) dan dengan hati (mengingat dan menyebut). Sedangkan menurut istilah dzikir yaitu suatu proses komunikasi antara seorang hamba dengan Allah SWT.
Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat
Siti Adidah 20/12/2022
Banyak sekali keistimewaan yang akan kita dapatkan apabila bersedekah pada hari Jumat, namun bukan berarti kita juga menganggap bahwa sedekah di hari-hari lain tidak berpahala. Sebenarnya akan sangat lebih baik jika kita bersedekah setiap hari, hanya saja ketika kita bersedekah di hari Jumat Allah akan memberikan pahala begitu besar karena merupakan hari yang baik untuk melakukan sedekah dan amalan baik lainnya.
Sabar Menghadapinya, Ujian Berat Akan Terasa Ringan
Siti Adidah 20/12/2022
Bagaimana caranya agar kita bisa selalu sabar dengan cobaan yang Allah berikan? Yaitu dengan cara berhusnudzon kepada Allah atau berprasangka baik selalu kepada Allah SWT, dan minta tolonglah kepada Allah agar diberi kekuatan iman dalam menghadapinya, juga berbahagialah atas pahala yang Allah janjikan. Kemudian intropeksi diri bahwa dengan adanya musibah yang menimpa, membuat kualitas iman dan amal saleh kita menjadi lebih baik.
Kebaikan Di Balik Musibah
Siti Adidah 16/12/2022
Setiap manusia tentu pernah mengalami kesulitan dan musibah yang menimpa kehidupannya. Tidak ada yang bisa menolak dan menghalangi datangnya musibah, semua terjadi atas kehendak-Nya. Saat musibah menimpa, perasaan sedih, kecewa, marah, penyesalan secara manusiawi akan menghampiri. Lalu bagaimana sikap yang harus dilakukan saat menghadapi musibah?
Ini Dia Amalan yang Tidak Akan Habis Pahalanya!
Siti Adidah 15/12/2022
Amal jariyah merupakan amalan seseorang yang tidak akan terputus pahalanya walaupun seseorang itu sudah meninggal. Rasulullah SAW pernah menyebutkan 3 amalan yang termasuk amal jariyah yaitu sedekah jariyah, ilmu bermanfaat, dan doa anak saleh dan salihah.
Ingin Dicintai Allah SWT? Yuk Lakukan Kebiasaan ini!
Siti Adidah 14/12/2022
Banyak sekali ibadah yang dapat kita lakukan untuk mendapat pahala dan rida dari Allah SWT. Namun ada ibadah yang paling Allah cintai dari hamba-Nya yakni salat tepat pada waktunya. Salat yang dimaksud adalah salat yang difardhukan menurut syariat Islam seperti, salat dzuhur, ashar, maghrib, isya, dan subuh.
Ini Dia Alasan Setelah Sholat Subuh Tidak Boleh Tidur Lagi!
Siti Adidah 13/12/2022
Di dalam Islam, ada beberapa waktu di mana tidur menjadi suatu hal yang tidak dianjurkan. Salah satunya adalah tidur setelah salat subuh. Sering kali kita merasa bahwa tidur setelah subuh itu adalah hal yang lumrah dan tak akan berpengaruh apa-apa bagi kehidupan kita selanjutnya. Padahal dalam agama Islam, hukum tidur setelah subuh menurut hukum taklifi adalah makruh dan sangat tidak baik bagi diri kita, kecuali ada udzur yang mengharuskan untuk tetap beristirahat guna menjaga kesehatan tubuh.
10 Golongan Muslim Terbaik Menurut Rasulullah SAW
12/12/2022
Rasulullah SAW menyebutkan 10 golongan yang termasuk sebagai orang-orang yang terbaik. Hal ini disampaikan Rasulullah SAW dalam sejumlah haditsnya. Muslim yang terbaik adalah muslim yang melakukan amalan istimewa walaupun sederhana, dan ada 10 golongan muslim terbaik menurut Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:
Waktu Terbaik Untuk Berbagi
Siti Adidah 08/12/2022
Seorang muslim yang menyengaja berbagi di waktu-waktu terbaik, maka amalannya menjadi lebih berat dan bernilai. Tidak ada batasan untuk melakukan hal yang baik namun ada waktu-waktu tertentu yang dikatakan sebagai waktu yang paling utama untuk berbagi.
Manfaatnya Tak Berakhir, Pahalanya Terus Mengalir
08/12/2022
Sudah menjadi kebiasaan masyarakat muslim memberikan rezekinya kepada sesama dalam bentuk kepedulian sebagai makhluk sosial. Tak ada batasan yang ditentukan ketika ingin memberi, apapun bentuk rezekinya akan menjadi bermanfaat jika niat kita ikhlas karena Allah SWT.
Kearifan Zakat dan Sedekah dalam Kehidupan
Siti Adidah 07/12/2022
Zakat berasal dari bentuk kata “Zaka” yang berarti berkah, tumbuh dan berkembang. Diberi nama zakat, karena di dalamnya terdapat harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan. Zakat merupakan salah satu ibadah yang terdapat di dalam rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim.
Indahnya Berbagi, Berkahnya Sejati
Siti Adidah 06/12/2022
Dalam Islam, mungkin tak asing lagi dengan istilah sedekah dan zakat, bahkan sudah menjadi kebiasaan untuk melakukan zakat pada bulan suci Ramadan. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu memberi sebagian harta untuk orang-orang yang membutuhkan dan merupakan amalan mulia untuk bekal di akhirat.
Sudah Akhir Tahun, Yuk Saatnya Bersihkan Harta!
Siti Adidah 17/11/2022
Apa itu zakat akhir tahun? Zakat akhir tahun adalah zakat yang wajib dikeluarkan setiap tahunnya dari total harta yang terkena zakat yang dimiliki seseorang. Perhitungan zakat akhir tahun pada zaman dahulu satu haul mengacu pada tahun Hijriyah karena terbiasa menghitung menggunakan kalender Hijriyah. Jika harta tersebut telah mencapai nisab maka wajib bagi seorang muslim mengeluarkan zakatnya. Artinya, jika dimulai saat bulan Ramadan, berarti untuk membayar zakat selanjutnya ditunaikan pada bulan Ramadan mendatang, begitu seterusnya.
Lakukan Hal Ini Saat Terjadi Gerhana Bulan!
Siti Adidah 08/11/2022
Bagi umat muslim, terdapat amal kebaikan yang dianjurkan untuk dilakukan saat terjadinya gerhana bulan. Tidak hanya mengamalkan shalat gerhana bulan, namun terdapat amalan lain yang dianjurkan selama terjadinya gerhana bulan seperti memperbanyak zikir, istighfar, takbir, sedekah, amal sholeh lainnya.
Sambung Silaturahmi, Rahasia Memperlancar Rezeki
Siti Adidah 13/10/2022
Percaya enggak kalau rajin menyambung silaturahmi itu bisa memperlancar rezeki? Silaturahmi merupakan suatu amalan yang begitu disukai oleh Allah SWT. Begitu banyak manfaat dan hikmah yang dapat dirasakan bagi siapa saja yang mengamalkannya. Orang yang senang menyambung silaturahmi akan memperoleh keutamaannya mulai dari bertambahnya saudara, dipanjangkannya umur, hingga dilapangkannya rezeki.
Amalan-amalan yang Dapat Dilakukan untuk Memperingati Maulid Nabi
Siti Adidah 05/10/2022
Meskipun berbeda bentuk perayaannya, pada dasarnya tradisi maulid tidak hanya sekedar tentang pengingat sejarah bagi umat muslim. Tapi juga sebagai pengingat sosok yang menjadi inspirasi paling sempurna. Hikmah dan nilai kebaikan dapat kita lakukan agar senantiasa memperoleh keberkahan, salah satu yang utamanya dengan memanjat do’a dan selawat atas Nabi Muhammad SAW.
Mereka Ini yang Berhak Menerima Zakat Kamu!
Siti Adidah 21/09/2022
Zakat termasuk ke dalam rukun Islam. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk membayar zakat. Istilah zakat sendiri berasal dari kata “zaka” yang artinya suci, baik, tumbuh, berkah, dan berkembang. Maka di dalam zakat terdapat maksud untuk memperoleh keberkahan, membersihkan jiwa, serta memupuk kebaikan. Lalu siapa saja yang berhak memperoleh dana zakat?
Agar Tidak Menjadi Orang Tua yang Merugi
Siti Adidah 19/09/2022
Dalam hal ini terdapat pola asuh yang dapat dilakukan para orang tua agar terjalin interaksi yang mendukung tumbuh kembang anak baik secara fisik, mental, sosial, dan spiritual. Karena setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing maka pola asuh yang dilakukan dapat disesuaikan secara kebutuhan. Yuk, kita bahas bagaimana menjalankan peran orang tua agar tidak menjadi orang tua yang merugi!
Bolehkah Berzakat untuk Anak Yatim?
Siti Adidah 15/09/2022
Yatim berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti sedih atau bermakna sendiri. Adapun menurut istilah syara’ yang dimaksud dengan seorang anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal mati oleh bapaknya sebelum dia baligh. Batas seorang anak disebut yatim adalah ketika seorang anak tersebut telah baligh dan dewasa.
Cara Memberi Hadiah untuk Orang Tua yang Sudah Tiada
Siti Adidah 15/09/2022
Sudah sepantasnya sebagai seorang anak kita memberi kebahagiaan kepada orang tua. Seberapa kecil pun bentuk kebahagiaan yang dihadirkan merupakan wujud bakti kita kepada mereka. Karena sejatinya segala kebaikan dan pengorbanan yang telah mereka bagi belum tentu dapat kita balas sepenuhnya.
Sudah Berhijrah, Tapi Masih Banyak Masalah?
Siti Adidah 14/09/2022
Belakangan istilah berhijrah kerap terdengar dengan sikap meninggalkan keburukan dan kemaksiatan menuju pribadi yang semakin baik. Namun, bagaimana jika bukan ketenangan yang kita peroleh? Tapi, justru masalah dan kesulitan kerap datang saat setelah berhijrah. Tentu kita senantiasa dianjurkan untuk berprasangka baik kepada Sang Pencipta. Dengan menghadapi setiap masalah menjadi proses terbaik menuju kebahagiaan.
Ini Dia Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh!
Siti Adidah 05/09/2022
Sedekah menjadi salah satu amalan yang begitu dicintai oleh Allah SWT. Meskipun tidak ada batasan waktu untuk seseorang bersedekah, karena sedekah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, dengan bersedekah di waktu subuh ternyata memiliki keutamaan tersendiri loh!
Keutamaan Puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram
Siti Adidah 02/08/2022
Adakah keutamaan dari puasa pada 9 dan 10 Muharam? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui amalan apa saja yang dianjurkan pada bulan ini, yuk kita bahas bersama!
Begini Cara Hitung Zakat Penghasilan, Profesi, dan Jasa !
Siti Adidah 25/07/2022
Zakat adalah kewajiban yang dikenakan terhadap harta benda. Dari satu segi, ia adalah ibadah, tetapi dari segi yang lain merupakan kewajiban sosial. Maka dilihat dari pandangan Islam mengenai ibadah dan masalah sosial tersebut, kita dapat katakan bahwa zakat adalah kewajiban sosial yang bersifat ibadah, karena itu ia dinamakan zakat, dan zakat berarti membersihkan, menyucikan, dan peningkatan. Ia adalah pembersih terhadap hati nurani dan menunaikan kewajiban yang telah ditetapkan.
Keistimewaan Sedekah Untuk Yatim
Siti Adidah 25/07/2022
Dalam ungkapan bahasa Arab, Yatim berarti seorang anak di usia belum balig yang telah ditinggal wafat oleh ayahnya. Sementara anak piatu adalah anak yang belum balig dan ditinggal wafat oleh ibunya. Sedangkan anak yatim piatu merupakan gabungan dari keduanya, yaitu anak di usia yang belum balig ditinggalkan oleh kedua orang tuanya.
Amalan Agar Umur Dipanjangkan, Nomor 2 Sering Disepelekan!
Siti Adidah 21/07/2022
Menurut ajaran Islam ada amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang umur kita. Ini termasuk menjaga gaya hidup sehat, dengan kita menyambung silaturahmi, bersedekah, berbakti kepada orang tua, mempelajari dan mengajarkan Alquran kepada orang lain.
Sedekah Jumat Bawa Berkah Berlipat!
Siti Adidah 21/07/2022
Siapa pun dari kita tentu menginginkan kebahagiaan dan keberkahan dalam menjalani kehidupan di dunia juga akhirat. Tapi, kita juga tidak pernah tahu akan kehidupan nanti di akhirat yang kita bisa siapkan hanyalah bekal kebaikan yang kita tanam semasa di dunia. Dengan bersedekah menjadi salah satu amalan yang dicintai Allah SWT. Selain dapat menularkan kebahagiaan kepada orang lain, dengan bersedekah Allah juga akan menghapus dosa yang telah diperbuat.
Habis Shalat Jangan Langsung Pergi Dulu!
Siti Adidah 14/07/2022
Shalat merupakan kewajiban untuk setiap muslim, khususnya shalat yang dilakukan pada 5 waktu yakni subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Di tengah padatnya aktivitas terkadang lalai untuk cepat kembali melakukan kegiatan lain setelah shalat. Namun, sebaiknya kita tidak langsung beranjak pergi meninggalkan tempat shalat, melainkan melanjutkan amalan berdoa dan dzikir sesuai dengan sunah Rasulullah SAW.
Raih Pahala Maksimal di Bulan Dzulhijjah dengan Melakukan Ibadah Ini!
Siti Adidah 07/07/2022
Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Berdasarkan tahun Hijriyah momentum ini bertepatan pada bulan Dzulhijjah, di mana terdapat banyak keistimewaan yang luar biasa. Maka umat muslim sangat dianjurkan untuk menjalankan amalan-amalan kebaikan agar dapat meraih pahala.
Apa Saja Hikmah Berkurban di Hari Raya Idul Adha?
Siti Adidah 07/07/2022
Penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk aktualisasi keimanan melalui ibadah sosial. Ia merupakan sebuah perpaduan sempurna antara kekuatan kesalehan iman dan kesalehan sosial. Jika kita amati kalender Hijriyah, kita dapati posisi Idul Adha amat dekat dengan Idul Fitri yang hanya dipisahkan oleh bulan Dzulqa’dah, sedangkan jarak antara Idul Fitri dengan Idul Adha amat jauh yaitu 9 bulan.
Begini Caranya Mengolah Daging Kurban Agar Tidak Prengus
Siti Adidah 07/07/2022
Untuk kamu yang berkurban dan yang menerima daging kurban tentu akan mengolah menu masakan serba daging, baik itu daging kambing, sapi, atau domba. Namun, biasanya daging tersebut tidak habis diolah dalam sekali masak. Lalu, bagaimana tips agar daging bisa tetap fresh dan tidak berbau prengus? Maka, perlu dilakukan cara pengolahan dengan benar mulai dari penyembelihan, proses pengemasan, dan penyimpanan.
Sedekah Mampu Menjadi Penggugur Dosa
Khaerun Nisa 22/06/2022
Terdapat amalan mudah yang dapat dilakukan untuk melebur dosa. Pada hakikatnya saat manusia meninggal tidak ada sedikitpun harta yang dapat dibawa, ada dua hal yang tetap setia bersama yaitu dosa dan pahala. Agar membawa pahala banyak dibanding dosa, sebaiknya kita mengamalkan amalan sederhana namun ampuh untuk menghapus dosa.
7 Hikmah Luar Biasa dari Berkurban. Apa saja?
Khaerun Nisa 22/06/2022
Para ulama menjelaskan bahwa menyembelih hewan kurban pada hari ‘Idul Adha lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau seharga dengan hewan kurban, atau bahkan lebih baik dari itu. Syekhul Islam mengatakan: “Berkurban, aqiqah, hadyu sunnah, semuanya lebih baik, dari pada sedekah dengan uang senilai hewan yang disembelih.” (Majmu' Fatawa, 6:304). Lantas apa saja hikmah dari ibadah kurban? Berikut ringkasannya:
Apa Sih Keistimewaan Sedekah di Hari Jum’at?
Khaerun Nisa 22/06/2022
Hari Jumat adalah hari yang paling utama dari hari-hari yang lain. Di hari tersebut Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, "Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain".
Apa itu Zakat Maal?
Khaerun Nisa 20/06/2022
Secara umum, zakat maal adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu muslim atau badan usaha yang dimiliki muslim dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan secara syariah.
Tips memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat
Khaerun Nisa 20/06/2022
Adapun hukum berkurban adalah sunah muakkad untuk setiap orang yang baligh, berakal, dan mampu dalam melakukan ibadah kurban. Tapi, terdapat syarat-syarat hewan kurban yang harus terpenuhi dengan baik. Jika hewan kurban telah memenuhi syarat, maka ibadah kurban akan dinilai sah. Lalu bagaimana cara memilih hewan kurban yang sesuai syariat? Yuk, simak penjelasan berikut;
Bolehkah Memotong Kuku dan Rambut di Hari Raya Kurban?
Khaerun Nisa 20/06/2022
Meski begitu, terdapat hal yang disunahkan untuk tidak dilakukan seorang muslim yang hendak berkurban yaitu memotong kuku dan rambut di awal bulan Dzulhijjah hingga setelah menyembelih hewan kurban.
Berburu Pahala Ibadah di Bulan Dzulhijjah
Khaerun Nisa 20/06/2022
Dzulhijjah menjadi bulan istimewa dengan penuh keutamaan dan kemuliaan untuk melakukan berbagai amal saleh. Momentum yang tepat untuk berburu pahala serta meraih keberkahan dalam hidup. Pada bulan ini kamu berkesempatan meraih cinta dari Allah SWT. Lalu apa saja amalan yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya!
Apa Keutamaan Sedekah Sumur dan Air?
Siti Adidah 17/06/2022
Air sejatinya mejadi sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Bagi sebagian orang sedekah air mungkin menjadi hal yang dianggap enteng. Tapi, ternyata terdapat hal luar biasa yang kita peroleh dari bersedekah air. Kemuliaan bersedekah air telah dianjurkan oleh Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam.
Sedekah Selamatkan Diri Dari Penyakit
Khaerun Nisa 17/06/2022
Bersedekah menjadi kegiatan positif yang dapat membawa kebahagiaan bagi setiap muslim. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sedekah memiliki pengertian kegiatan memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.
Apapun Profesinya, Jangan Lupa Tunaikan Zakatnya!
Khaerun Nisa 17/06/2022
Lalu apa saja syarat untuk seseorang wajib menunaikan zakat? Berikut syarat jika kamu harus mengeluarkan zakat yaitu Islam, merdeka, berakal dan baligh, juga memiliki nishab. Dalam zakat penghasilan nishab zakat sebesar 85 gram per tahun dan kadar zakat senilai 2,5 %.
Berani Gak, Bikin Yatim Bahagia?
Khaerun Nisa 17/06/2022
Kebahagiaan menjadi harapan setiap manusia. Hak berbahagia sejatinya dapat dinikmati oleh siapa saja, terlebih bagi anak yatim yang hidup dalam kemalangan. Betapa sulit hidup tanpa hadirnya kasih sayang dari orang tua sejak kecil. Mereka harus tumbuh dan berkembang tanpa dampingan sosok seorang ayah, apalagi jika kondisi perekonomian keluarga yang cenderung rendah. Dengan menyantuni dan memuliakan anak yatim, Insyaallah akan menjadi ladang pahala dan sumber kebahagiaan bagi yang memberi dan juga yang menerima.
Istiqomah Shalat Dhuha Agar Meraih Bahagia
Khaerun Nisa 15/06/2022
Rasulullah SAW pernah berkata melalui HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad jika sholat dhuha ditunaikan di tiap harinya akan mendapat banyak keuntungan, "Siapa saja yang menjaga shalat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan".
4 Tips Agar Rezeki Selalu Lancar
Siti Adidah 15/06/2022
Setiap manusia tentu menginginkan rezeki yang berlimpah agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Namun semua ketetapan hanya Allah SWT yang dapat mengabulkan. Meskipun setiap rezeki telah diatur oleh-Nya, ada baiknya kita terus berusaha dan berdoa. Yuk, lakukan empat amalan ini agar rezeki selalu lancar!
Abu Hurairah: Sedekah Lebih Ampuh dari Doa
Khaerun Nisa 15/06/2022
Sedekah ternyata memiliki keutamaan yang begitu istimewa. Salah satu pilar ajaran Islam ini, lebih ampuh digunakan sebagai upaya untuk menolak bala dan keselamatan jiwa daripada hanya sekedar doa.
Raih Pahala Berlipat Dengan Sedekah Jumat
Khaerun Nisa 15/06/2022
Hari Jumat adalah hari yang paling utama dari hari-hari yang lain. Di hari tersebut Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, "Sedekah itu dilipatgandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat), maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain".
7 Amalan Ringan Berpahala Besar
Siti Adidah 15/06/2022
Ternyata terdapat amalan ringan, tapi memiliki pahala yang cukup besar loh, Sob! Mungkin untuk sebagian orang amalan-amalan ini banyak terlupakan, namun siapa sangka meski sedikit pahala yang diraih sungguh besar apabila kita melakukannya dengan ikhlas dan konsisten. Berikut amalan ringan yang bisa hadirkan pahala besar:
Jika Wifi di Malam Hari Saja Ngebut, Apalagi Jika Doa-Doa Kamu Terpanjat Saat Shalat Tahajud
Siti Adidah 15/06/2022
Shalat tahajud memiliki keistimewaan yang luar biasa. Shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari atau di sepertiga malam ini ternyata dapat mendekatkan diri kita dan menghadirkan cinta yang begitu besar dari Allah SWT.
Sedekah Mampu Gugurkan Dosa
Siti Adidah 15/06/2022
Terdapat amalan mudah yang dapat dilakukan untuk melebur dosa. Pada hakikatnya saat manusia meninggal tidak ada sedikitpun harta yang dapat dibawa, ada dua hal yang tetap setia bersama yaitu dosa dan pahala. Agar membawa pahala banyak dibanding dosa, sebaiknya kita mengamalkan amalan sederhana namun ampuh untuk menghapus dosa.
Pahala Berlipat di Bulan Ramadan, Sedekah Semakin Dahsyat Manfaatnya
Khaerun Nisa 14/06/2022
Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Bagaimana tidak, di bulan tersebut pahala dilipatgandakan dan pintu ampunan terbentang luas dianugerahkan kepada kita. Maka betapa bahagianya seseorang yang dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadan.
Amalan Sunah Di Hari Jumat
Khaerun Nisa 14/06/2022
Hari Jumat ialah hari yang mulia di sisi Allah SWT, karena itu selayaknya kaum muslimin juga memuliakannnya. Untuk bisa memuliakan hari Jumat kita harus memahami sunah Nabi Muhammas SAW, terdapat beberapa sunah yg diajarkan Nabi di hari Jumat, diantaranya:
Jadikan Zakat Fitrah Lebih Bermakna
Khaerun Nisa 14/06/2022
Setiap Ramadan kita sering melihat postingan, spanduk atau selebaran tentang ajakan untuk menunaikan zakat fitrah. Beberapa media bersama NGO atau Lembaga Swadaya Masyarakat juga gencar membuat gerakan penghimpunan dan penyaluran zakat fitrah, dan kita secara tidak sadar menjadi salah satu bagian yang mendukung hal tersebut di bulan Ramadan. Namun setiap kali kita mengerjakan sesuatu, tidak jarang kita tidak mengetahui makna dan hikmahnya, hanya sebatas menggugurkan kewajiban sebagai seorang muslim. Lalu bagaimana makna dan hikmah dari zakat fitrah?
Ini Waktu Terbaik Untuk Kamu Tunaikan Zakat Fitrah!
Khaerun Nisa 14/06/2022
Para ulama sepakat, bahwa zakat fitrah hukumnya wajib, sebab lebaran pada akhir bulan Ramadan bertujuan untuk menggembirakan fakir miskin dan pembersih diri dan jiwa diri kita. Ketentuan mengenai waktu utama membayar zakat fitrah adalah hal yang harus diperhatikan agar pembayaran zakat tidak melewati batas waktu sesuai syariat. Di bawah ini beberapa pembagian waktu beserta hukum mengeluarkan zakat fitrah yang harus diperhatikan.
Yuk, Lakukan Amalan ini Sebelum Shalat Idul Fitri!
Khaerun Nisa 14/06/2022
Setelah umat muslim menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh, maka momen kemenangan sudah ada di depan mata. Hari dimana umat muslim merayakannya dengan penuh kegembiraan, yakni Hari Raya Idulfitri. Berdasarkan tradisi yang sering dilakukan, kesempatan Idulfitri sangat ditunggu-tunggu untuk menjalin silaturahmi bersama keluarga. Tentu banyak persiapan yang dilakukan seperti menyiapkan makanan, menggunakan pakaian terbaik bahkan mungkin dengan penggunaan pakaian baru, menyiapkan THR untuk sanak saudara, dan lainnya. Tapi dibalik kesibukan dalam mempersiapkan hal-hal tersebut, jangan lupa ada amalan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan Shalat Idulfitri loh! Lalu amalan apa sajakah yang bisa kita lakukan dalam menyambut hari yang fitri?
Berbuat Baik Bisa Menularkan Kebaikan Juga Loh!
Khaerun Nisa 14/06/2022
Berbuat baik terhadap sesama menjadi salah satu akhlak terpuji yang dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun. Sekecil apa pun yang kita berikan akan kembali lagi dalam bentuk yang tidak terduga. Misalnya saja jika kita memberi bantuan untuk menunjukan arah jalan kepada seseorang yang tersesat, menyingkirkan paku atau batu yang berada di tengah jalan, bahkan sekedar memberikan senyuman kepada teman.
Senyum, Sedekah Paling Murah Bikin Pahala Makin Bertambah
Khaerun Nisa 14/06/2022
Senyuman yang kamu berikan kepada orang lain dapat menebar kebahagiaan loh! Energi positif dari senyuman yang kita berikan untuk orang sekitar mampu memberikan manfaat yang luar biasa. Jika kita memberi senyuman kepada orang lain InsyaAllah senyum itu akan berbalas, kalaupun tidak jangan berkecil hati karena keberkahan tentu kamu dapatkan.
Manakah yang harus didahulukan, Infak atau Sedekah?
Khaerun Nisa 14/06/2022
Tidak jarang dari kita masih kebingungan membedakan antara sedekah dan infak. Secara umum, istilah ini seringkali tertukar bahkan terkadang menganggap kedua hal ini sama. Karena pada dasarnya kedua kegiatan ini merupakan ibadah sosial bagi seorang muslim. Tetapi, meskipun demikian dibalik kedua istilah ini memiliki beberapa perbedaan.
Hindari Kebiasaan Ini Saat Shalat Jumat!
Khaerun Nisa 14/06/2022
Kemuliaan hari Jumat yang telah diisi dengan sunah-sunah yang Nabi SAW ajarkan menjadi bekal untuk para mukmin memperoleh pahala dari Allah SWT. Namun terdapat pula beberapa larangan yang harus dipatuhi saat waktu khotbah Jumat yang telah ditegaskan Nabi SAW, di antaranya:
Apapun Profesinya, Segera Tunaikan Zakatnya!
Khaerun Nisa 14/06/2022
Saya seorang konsultan marketing setiap bulan saya memperoleh penghasilan yang tidak menentu, apakah saya wajib untuk mengeluarkan zakat penghasilan? Mungkin sebagian dari kamu masih bingung mengenai cara perhitungan zakat profesi atau penghasilan. Untuk memudahkannya simak penjelasan di bawah ini, yuk!
Ini Alasan Mengapa Anda Harus Berkurban di LAZ Al Azhar!
Siti Adidah 10/06/2022
Kurban dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat kehidupan yang diberikan. Selain itu, dengan berkurban umat muslim telah mengikuti ajaran Nabi Ibrahim AS. Betapa besar kemuliaan imannya saat Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Nabi Ismail AS ketika hari An-Nahr (Idul Adha).
Yuk, Pilih Hewan Kurban Kamu Sesuai Syariat!
Siti Adidah 10/06/2022
Momentum perayaan Iduladha 1443 H semakin dekat. Sebagai bukti taat kepada Allah SWT, umat muslim telah bersiap untuk memilih hewan kurban terbaik untuk disembelih. Hal ini membuat permintaan hewan kurban seperti sapi, kambing, domba dan kerbau pun semakin meningkat. Namun, pada tahun ini para peternak tengah mendapatkan musibah tentang penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada binatang ternak. Jadi, kita harus benar-benar memastikan hewan yang dipilih untuk kurban adalah hewan yang sehat dan sesuai syariat.
Ini Dia 7 Hikmah Luar Biasa dari Berkurban!
Siti Adidah 10/06/2022
Para ulama menjelaskan bahwa menyembelih hewan kurban pada hari Iduladha lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau seharga dengan hewan kurban, atau bahkan lebih baik dari itu. Syekhul Islam mengatakan: “Berkurban, aqiqah, hadyu sunnah, semuanya lebih baik, dari pada sedekah dengan uang senilai hewan yang disembelih.” (Majmu' Fatawa, 6:304). Lantas apa saja hikmah dari ibadah kurban? Berikut ringkasannya: