Menampilkan postingan artikel "pilihan"
Zakat Itu Ringan, yang Berat Pahalanya!
Eliyah 24/04/2024
Zakat merupakan salah satu pilar agama Islam sebagaimana salat 5 waktu. Namun pada pelaksanaanya sedikit sekali orang-orang yang menganggap pentingnya zakat. Kesadaran kaum muslimin dalam menunaikan zakat sangatlah kurang. Padahal dibalik zakat yang dianggap ringan terdapat faedah pahala yang begitu besar.
Cara Ini Bisa Buat Kamu Tetap Semangat Ibadah Pasca Ramadan!
Eliyah 23/04/2024
Ramadan disambut dengan sangat meriah dan bahagia. Akan tetapi, tidak sedikit dari kita yang semangat ibadahnya luntur menjelang akhir-akhir Ramadan bahkan ketika Ramadan itu usai. Masih banyak dari kita yang kembali melakukan ibadah biasa-biasa saja. Padahal kita sadar bahwa Ramadan adalah bulan pembelajaran, yang mana kita belajar untuk terus semangat beribadah meskipun Ramadan sudah usai.
Bukan Hanya Tradisi, Ini Dia Manfaat Silaturahmi saat Momen Lebaran!
Eliyah 22/04/2024
Silaturahmi adalah salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan. Bukan hanya menjadi sebuah tradisi, tetapi silaturahmi dalam Islam merupakan amalan yang mulia dan mempunyai banyak manfaat dan keberkahan. Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (H.R Bukhari)
Tradisi Ziarah Kubur Saat Lebaran, Perhatikan Hukumnya!
Eliyah 21/04/2024
Ziarah kubur merupakan anjuran dalam syariat Islam yang bisa dilakukan kapanpun oleh setiap umat muslim. Ziarah tidak memiliki waktu khusus, namun ziarah pada hari raya Idulfitri menjadi momentum pulang kampung dan berkumpulnya keluarga jadi banyak umat muslim di Indonesia melakukan ziarah kubur pada saat hari raya.
Bolehkah Niat Puasa Syawal Sekaligus Mengqada Puasa Ramadan? Simak Penjelasannya!
Eliyah 20/04/2024
“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idulfitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.” (H.R Ibnu Majah)
Puasa Syawal, Ini Dia Niat dan Ketentuannya!
Eliyah 19/04/2024
Waktu puasa Syawal dilaksanakan mulai tanggal 2 Syawal, yakni sehari setelah Idulfitri karena tanggal 1 Syawal haram untuk berpuasa. Menurut beberapa pendapat pelaksanaan puasa pada bulan Syawal boleh dilakukan secara berurutan dan boleh juga tidak berurutan. Namun yang lebih utama adalah mengerjakannya secara berurutan sebab hal tersebut masuk pada bab menyegerakan ibadah.
Kisah Perayaan Hari Raya di Zaman Rasulullah
Eliyah 18/04/2024
Hari raya Idulfitri adalah adalah hari raya terbesar bagi umat Islam. Idulfitri berarti kembali pada kesucian. Hari raya Idulfitri juga menjadi momentum perayaan umat Islam atas kemenangannya menahan diri satu bulan penuh. Pada hari itu syariat Islam mengharamkan pemeluknya melakukan puasa.
7 Adab Bertamu saat Lebaran, Nomor 3 Sering Terlewat!
Eliyah 17/04/2024
“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Benarkah Boleh Batal Puasa Syawal Saat Silaturahmi Lebaran? Intip Hukumnya!
Eliyah 15/04/2024
“Saudara Muslimmu sudah repot-repot (menyediakan makanan) dan kamu berkata, ‘Saya sedang berpuasa?’ Batalkanlah puasamu dan qadha’lah pada hari lain sebagai gantinya,” (HR Ad-Daruquthni dan Al-Baihaqi).
Puasa Sunah Syawal, Perhatikan Keutamaannya!
Eliyah 13/04/2024
Puasa Syawal adalah kabar gembira bagi umat muslim, karena posisinya memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Setelah berpuasa Ramadan selama sebulan penuh, puasa Syawal menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Akan tetapi, kita tidak bisa menutup kemungkinan bahwa masih banyak yang belum mengetahui keutamaanya. Mengapa umat muslim penting untuk mengetahui itu? Karena ibadah yang memiliki dasar akan dijalankan dengan semangat dan bersungguh-sungguh.
Kapan Waktu Afdal Membayar Zakat Fitrah? Simak Penjelasannya!
Eliyah 08/04/2024
Berzakat adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat muslim. Zakat juga bukan sekadar tentang mengeluarkan barang yang khusus untuk para penerima yang sudah ditentukan. Jauh dari itu, selain sebagai perjalanan spiritual mencapai takwa kepada Allah, zakat juga sebagai pilar utama dalam agama Islam dan sebagai pembersih jiwa dan harta.
Ramadan Bersama Al Azhar, Program Spesial Selama Ramadan dari Masjid Agung Al Azhar
Eliyah 08/04/2024
Sebagai bentuk pelayanan ibadah kepada para jamaah selama Ramadan, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar, Masjid Agung Al Azhar bersama unit lainnya di bawah naungan YPI Al Azhar menggulirkan program Ramadan Bersama Al Azhar. Dalam program ini, semua rangkaian kegiatan dan layanan di Masjid Agung Al Azhar disiarkan secara luas dan realtime melalui kanal daring dengan tujuan untuk memfasilitasi jamaah yang ingin mengakses kegiatan demi kegiatan Al Azhar secara mudah dan praktis.
Ini Dia Amalan yang Perlu Kamu Lakukan Saat Ramadan Selain Puasa!
Eliyah 04/04/2024
Bulan Ramadan adalah bulan ketika semua amalan yang kita lakukan dilipatgandakan pahalanya. Banyak orang yang mempersiapkan dengan persiapan terbaiknya mulai dari menyusun target, membuat list ibadah yang harus dilakukan dan lain sebagainya. Semua orang berlomba-lomba menjemput keberkahan selama bulan Ramadan.
Zakat Mal : Strategi Membangun Kekayaan Umat
Eliyah 04/04/2024
Zakat mal adalah salah satu jenis zakat yang dikenakan atas harta atau kekayaan yang dimiliki oleh seseorang seperti uang, emas, perak, hasil tani, harta sewa dan hal lainnya. Hal ini berlaku dan diwajibkan bagi setiap muslim yang memiliki kekayaan harta mencapai batas yang telah ditentukan.
Utsman bin Mazh’un; Tegar Mempertahankan Iman
Eliyah 25/03/2024
Utsman bin Mazh’un adalah sahabat Rasulullah ke-14 yang masuk Islam. Ia adalah cendekiawan Arab pada zaman jahiliyah yang pertama masuk Islam. Ia seorang muhajirin yang pertama wafat di Madinah, dan orang Islam pertama yang di makamkan di Baqi.
Ini Dia Manfaat Dana Zakat Kamu untuk Pemberdayaan Masyarakat!
Eliyah 24/03/2024
Zakat merupakan salah satu ajaran Islam yang mencakup pada seluruh kehidupan manusia. Dari mulai aspek kehidupan, ekonomi, pendidikan hingga pemberdayaan masyarakat. Jika pengelolaan zakat dapat dioptimalkan maka zakat akan menjadi garda terdepan dalam pemberantasan kemiskinan dan pengangguran.
Fenomena Tarawih Secepat Kilat, Bagaimana Hukumnya?
Eliyah 24/03/2024
“Barang siapa melaksanakan Qiyam Ramadhan (tarawih) karena iman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR Al-Bukhari, Muslim).
Jelajahi Ragam Zakat, Ketahui Perbedaan dan Praktiknya!
Eliyah 22/03/2024
Zakat adalah salah satu dari lima pilar utama Islam dan merupakan kewajiban keuangan bagi umat Islam yang mampu untuk memberikan sebagian dari harta mereka kepada orang-orang yang membutuhkan. Secara bahasa, zakat artinya bersih atau suci. Dari pengertian zakat ini terkandung makna zakat membersihkan harta dari hak orang lain (mustahik) dan akan membuat harta bertambah sebagai berkah ibadah zakat. Allah Swt berfirman: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka; dengan zakat itu kamu membersihkannya dan menyucikan mereka." (Q.S. At-Taubah: 103).
Cara Berpuasa Ala Rasulullah, Rugi Kalau Gak Ditiru!
Eliyah 22/03/2024
Bulan Ramadan adalah salah satu bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat Islam. Di dalamnya, dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah karena pada bulan Ramadan segala pahala akan dilipatgandakan. Salah satu ibadah yang harus diperhatikan adalah ibadah puasa satu bulan penuh. Allah Swt berfirman: ”Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S Al-Baqarah : 183)
Enggan Bayar Zakat, Gak Bahaya Tah?!
Eliyah 21/03/2024
Menunaikan zakat adalah kewajiban yang dibebankan oleh Allah kepada setiap muslim yang memiliki harta mencapai nisab. Zakat menurut bahasa adalah membersihkan atau menyucikan diri. Sedangkan menurut istilah, zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan beberapa syarat sesuai dengan syariat Islam.
Kisah Abu Bakar Perangi Orang yang Enggan Bayar Zakat
Eliyah 20/03/2024
Salah satu kewajiban selain puasa yang harus dikerjakan pada bulan Ramadan adalah zakat fitrah. Islam mewajibkan semua pemeluknya untuk mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadan. Karena diwajibkan, maka berdosa orang-orang yang tidak mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadan.
5 Kebiasaan Ini Cocok untuk Kamu yang Gampang Ngantuk Saat Puasa!
Eliyah 20/03/2024
Berpuasa saat Ramadan bukan sebuah alasan untuk bermalas-malasan. Bulan suci Ramadan adalah waktu yang terbaik untuk terus beramal saleh, karena saat Ramadan Allah lipatgandakan pahalanya. Selain menahan lapar dan haus, kita juga harus menahan kantuk saat berpuasa. Jangan heran ya sahabat, kalau ada orang yang mudah mengantuk saat sedang berpuasa. Hal itu biasa terjadi salah satunya karena perubahan pola tidur.
Ini 5 Waktu Bayar Zakat Fitrah, Ada yang Mubah Hingga Haram!
Eliyah 19/03/2024
Secara umum zakat fitrah wajib dilakukan oleh seorang muslim. Bagi yang meninggalkannya tentu akan berdosa dan pahala akan menunggu untuk yang melaksanakannya. Sebagai ibadah yang hanya satu tahun sekali ini, jangan sampai umat Islam meninggalkannya dan lupa untuk menjalankannya.
Kenapa Umat Islam Wajib Puasa Ramadan?
Eliyah 19/03/2024
Dalam konteks ibadah mahdlah, sebagai hamba Allah kita melaksanakan dengan ketataan dan kepasrahan tanpa harus bertanya mengapa. Sebab, ibadah yang dilaksanakan adalah bentuk penyerahan diri secara absolut dan bentuk cinta tanpa syarat kepada-Nya. Saat kita beribadah, kita sedang merefleksikan versi ter-genuine diri kita sebagai hamba.
Masih Suka Tidur Setelah Makan Sahur? Kenali Bahayanya!
Eliyah 18/03/2024
Salah satu kewajiban umat muslim selain salat adalah puasa. Puasa adalah kewajiban yang sudah tidak bisa ditawar. Setiap umat muslim yang sehat diwajibkan untuk berpuasa. Dalam praktiknya, sahur menjadi rutinitas penting selama Ramadan. Bukan sekadar penting, tetapi ini juga merupakan anjuran Rasulullah. Apa kata Rasul? Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, ”Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur)," (HR Ahmad).
Memaknai Doa Zakat Fitrah: Jalan Menyempurnakan Ibadah
Eliyah 18/03/2024
Dalam menunaikan zakat fitrah terdapat doa yang harus dibacakan oleh muzakki (orang yang menunaikan zakat). Doa ini sebenarnya adalah bentuk niat dan agar ibadah kita lebih dapat dimaknai oleh pelaksananya.
Puasa tapi Emosian? Yang Bener Aja, Rugi Dong!
Eliyah 15/03/2024
“Puasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum saja, puasa adalah menahan diri dari perkataan sia-sia dan keji.” (HR Baihaqi dan Al-Hakim). Meskipun marah adalah salah satu wujud dari emosi manusia, marah datangnya dari setan. Seseorang yang puasa dan dapat menahan amarahnya dengan tidak melampiaskan emosinya maka ia akan tinggi derajatnya di sisi Allah. Begitu pula dengan pahala puasanya yang tidak sia-sia.
Luar Biasa, Ternyata Salat Ba’diah Isha Lebih Utama dari Tarawih? Simak Penjelasannya!
Eliyah 15/03/2024
“Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan salat sunah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zuhur, dua rakaat setelah zuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya, dan dua rakaat sebelum subuh,” (H.R Tirmidzi).
Lagi Puasa tapi Mencicipi Masakan, Emang Boleh?
Eliyah 14/03/2024
Penting untuk kita pahami apa yang dimaksud dengan "mencicipi makanan". Dalam konteks ini, mencicipi berarti memasukkan sedikit makanan ke dalam mulut untuk mengevaluasi rasa, dengan syarat tidak ditelan dan segera dikeluarkan lagi. Ibnu Abbad mengatakan; “Tidak mengapa seseorang yang sedang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu, selama tidak masuk sampai ke kerongkongan.” (HR. Ibnu Abi Syaibah).
Hati-Hati, Inilah Pakaian Terburuk Manusia dalam Islam!
Eliyah 14/03/2024
Pakaian terburuk dalam Islam adalah pakaian yang mencerminkan kesombongan. Dalam Islam, kesombongan adalah salah satu sifat yang sangat dibenci. Hal ini juga berlaku pada cara berpakaian. Pakaian yang terlalu mewah, mencolok, atau dirancang untuk menunjukkan status sosial dan kekayaan dianggap sebagai pakaian terburuk. Dalam kitab Tahzib Hilyatil Auliya, Muslim bin Yasar meceritakan dari ayahnya sebagai berikut: “Apabila engkau memakai suatu pakaian, lalu kau menyangka dirimu dengan pakaian tersebut itu lebih mulia daripada yang lain, maka ketahuilah yang kau pakai adalah seburuk-buruk pakaian.”
Doa Belum Terkabul? Ingat Firman Allah yang Satu Ini!
Eliyah 08/03/2024
Dalam perjalanan hidup yang penuh liku, seringkali kita menyandarkan semua mimpi dan harapan pada doa yang kita panjatkan. Saat doa belum terkabul, bukan berarti Allah mengabaikan doa-doa kita. Namun Allah dengan segala kebijaksanaan-Nya memilih waktu yang terbaik sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Tidak ada doa yang sia-sia di hadapan-Nya, setiap doa didengar dan setiap harapan dicatat. Allah Swt berfirman : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS: Al Baqarah [2] : 186).
Perempuan Tidak Boleh Salat Zuhur Sampai Jumatan Selesai, Apa Benar?
Eliyah 08/03/2024
Perempuan itu disunnahkan langsung mengerjakan salat zuhur di awal waktu sebagaimana kemuliaan salat di awal waktu, tidak perlu menunggu sampai selesainya salat Jumat. Karena azannya salat Jumat itu juga adalah menandakan masuknya salat zuhur bagi yang tidak wajib melaksanakan salat Jumat seperti para perempuan.
Di Balik Sosok Khalid bin Walid yang Kebal Terhadap Racun
Eliyah 07/03/2024
Khalid bin Walid adalah sosok sahabat yang mendapat pengakuan Rasulullah. Tak hanya itu, ia merupakan seorang kesatria yang ditakuti dan dikagumi oleh kaumnya. Namun selain memiliki kecerdasan dalam membuat strategi perang, sang panglima juga dikenal memiliki karomah yang tak dimiliki oleh sahabat-sahabat lainnya.
6 Teladan Rasulullah dalam Memperlakukan Istri
Eliyah 07/03/2024
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam merupakan sosok yang pandai mengistimewakan istri. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan teladan yang sangat baik dalam mengarungi rumah tangga agar tercapai sakinah atau keharmonisan yang menjadi tujuan perkawinan. Lantas bagaimana sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersikap dengan istrinya? Pertama, membantu melaksanakan pekerjaan keluarganya. Aisyah pernah ditanya "Wahai Ummul Mukminin, apakah yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam jika ia bersamamu (di rumahmu)?" Aisyah menjawab: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam kesibukan membantu istrinya, jika tiba waktu salat maka beliaupun pergi salat." (H.R Bukhari).
Ini Pahala yang Bisa Mengalir Meski Tanpa Melakukan Apa-apa!
Eliyah 06/03/2024
Sebuah benang merah yang mengungkapkan bahwa pahala yang hadir dari kebaikan yang belum pernah dikerjakan adalah bersumber dari aliran pahala seseorang yang mengumpat (berkata keji) kepada kita. Rasulullah saw bersabda: "Tidaklah seorang muslim difitnah dalam suatu hal yang dia bebas darinya melainkan Allah mengangkat derajatnya dan menghapuskan kesalahannya.” (H.R Muslim)
Ingin Semua Pekerjaan Berakhir dengan Baik? Amalkan Doa ini!
Eliyah 06/03/2024
Islam mengajarkan bahwa setiap usaha manusia perlu diiringi dengan doa dan tawakal kepada Allah Swt. Tekanan pekerjaan, deadline, serta harapan dan tanggung jawab yang besar, membuat banyak dari kita terjebak dalam kecemasan dan ketidakpastian tentang hasil akhir dari segala usaha yang kita lakukan. Doa merupakan senjata seorang mukmin, sarana komunikasi langsung dengan Pencipta yang Mahakuasa.
Latih Kesabaran Jelang Ramadan, Jangan Lewatkan 3 Hal Ini!
Eliyah 05/03/2024
Bulan Ramadan disebut juga bulan kesabaran, Dikatakan demikian karena pada bulan ini umat Islam dilatih untuk bersabar melalui ibadah puasa. Menahan lapar adalah latihan sabar. Menahan dahaga adalah latihan sabar. Menahan untuk tidak berhubungan suami istri di siang hari bulan Ramadan adalah latihan sabar. Menahan agar tidak marah adalah latihan sabar. Menahan untuk tidak mengumpat adalah latihan sabar.
Rasa Lelah itu Pasti Hilang, Tapi Kebaikannya Tak Akan Lekang
Eliyah 05/03/2024
Lelah menjadi lillah dapat dimaknai sebagai seluruh rasa lelah akibat bekerja diniatkan sebagai ibadah kepada Allah Swt. Lelah jadi lillah dapat diwujudkan dengan cara melaksanakan seluruh pekerjaan secara ikhlas karena Allah. Apabila kita melakukan pekerjaan dengan ikhlas, maka semua pekerjaan akan terasa ringan dan menjadi keberkahan untuk kita. Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kekhawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Bencilah Perbuatan Dosa, Bukan Pelakunya
Eliyah 04/03/2024
Dalam kehidupan, kita sering sekali dihadapkan pada situasi di mana kita menemukan beberapa orang melakukan kesalahan tepat di hadapan kita. Sebagai manusia, kita pasti sering berbuat salah dan lupa. Ketika melihat orang lain berbuat salah, kadang akan timbul rasa benci dalam diri kita. Terutama jika kesalahan tersebut berhubungan dengan diri kita.
Teladan Sayidina Umar; Bicaralah Secukupnya
Eliyah 04/03/2024
Umar bin Khattab adalah seorang pemimpin yang rendah hati. Dikisahkan pada suatu hari ada seorang laki-laki yang mendatangi Umar dan berbicara terlalu banyak. Umar bin Khattab lalu berkata kepadanya, “Terlalu banyak bicara disenangi setan.” Umar bin Khattab berkata: “Siapa yang banyak bicaranya akan banyak salahnya. Siapa yang banyak salahnya akan sedikit rasa malunya. Siapa yang sedikit rasa malunya akan sedikit sifat wara'nya. Siapa yang sedikit rasa wara'nya akan mati hatinya”. (Shifatus shofwah 1/287)
Lakukan Ini Jika Ingin Salatmu Khusyuk
Eliyah 01/03/2024
Kepentingan dari salat itu, bukan sekadar kewajiban untuk membuktikan keimanan dan pengabdian kita kepada Allah, melainkan mengentaskan semua persoalan hidup kita. Khusyuk penting dalam salat. Jika salat yang kita kerjakan ingin menjadi rehat bagi jiwa (rahatun nafs), menjadi kunci pertolongan Allah, menjadi turunnya rahmat Allah, maka semua itu syaratnya salatnya harus khusyuk.
Adab Menjenguk Orang Sakit yang Kamu Harus Tahu!
Eliyah 01/03/2024
“Rasulullah saw menyuruh kami untuk mengerjakan tujuh perkara: ‘Beliau memerintahkan kami supaya mengiringi jenazah, menjenguk orang sakit, memenuhi undangan, menolong orang yang terzalimi, membantu melepas (kafarah) sumpah, menjawab salam dan mendo’akan orang yang bersin“. [HR Bukhari dan Muslim].
Allah Tutup Aib Manusia, Jangan Kau Umbar di Social Media!
Eliyah 29/02/2024
Aib merupakan sesuatu yang ada pada diri seseorang yang sifatnya buruk atau tidak menyenangkan. Setiap kita pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa di masa lalu dan memiliki aibnya masing-masing, maka tugas kita adalah menjaganya. Allah Swt berfirman : "Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mengintip atau mencari-cari kesalahan dan aib orang lain; dan janganlah kamu mengumpat sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang”. (Q.S Al-Hujurat : 12)
Inilah Waktu yang Tepat Mengucapkan ‘Masya Allah’, Masihkah Keliru?
Eliyah 29/02/2024
Masya Allah merupakan salah satu kalimat thayyibah bahasa Arab yang kerap diucapkan ketika muslim takjub dengan hal-hal yang mengagumkan. Ungkapan tersebut mencerminkan kemampuan umat Islam untuk menerima segala ketetapan yang berasal dari Allah Swt, setelah melakukan usaha maksimal.
Cara Mudah Hadapi Kesulitan dalam Islam!
Eliyah 28/02/2024
"Allah akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan gembirakanlah orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, 'Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali.' Mereka itulah yang mendapat berkah dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Q.S. Al-Baqarah: 155-157).
Ini 8 Adab di Hari Jumat yang Bisa Kamu Amalkan
Eliyah 28/02/2024
Apa yang membuat hari Jumat mempunyai keistimewaan? Karena hari Jumat dianggap sebagai rajanya hari dalam Islam. Hari Jumat memiliki banyak keutamaan. Berikut ini beberapa adab yang perlu diperhatikan untuk menghidupkan Jumat, seeprti perbanyak selawat, membaca surah Al-Kaahfi, dan lain sebagainya.
Mau Ilmu Kamu Bermanfaat? Ini 6 Syarat untuk Memperolehnya
Eliyah 27/02/2024
Jalan untuk mencari ilmu sarat dengan tantangan, hambatan, dan keletihan, namun bisa kita atasi jika kita menyikapinya dengan ikhlas, tekun, dan yakin kepada Allah Swt. Mencari ilmu memerlukan perjalanan yang panjang. Oleh karena itu, kita diajarkan ketika salat subuh membaca doa, “Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang thayyib dan amalan yang diterima.” (H.R Ibnu Majah nomor 925).
Ini Empat Manfaat Kesehatan dari Gerakan Salat
Eliyah 27/02/2024
Salat merupakan salah satu ibadah yang dapat membantu mendekatkan diri kepada Allah. Ketenangan dalam hidup bisa kita temukan melalui salat. Salat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Namun salat bukan semata-mata tentang penghambaan kepada Allah Swt.
Berlomba-lomba dalam Kebaikan, Apakah Kamu Pemenangnya?
Eliyah 26/02/2024
"Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya (pada hari kiamat). Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (Q.S Al-Baqarah: 148)
Menuntut Ilmu Bisa Jadi Jalan Cepat Menuju Surga?
Eliyah 26/02/2024
“Barang siapa yang meniti suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenteraman turun atas mereka, rahmat meliputi mereka, malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyanjung mereka di tengah para malaikat yang berada di sisi-Nya. Barang siapa yang lambat amalnya, maka tidak dapat dikejar dengan nasabnya.” (H.R Muslim nomor 2699).
Memberi Tanpa Mengharap : Mengungkap Makna Sedekah Tanpa Pamrih
Eliyah 23/02/2024
Sedekah atau memberi dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan adalah hal yang sangat penting dalam ajaran Islam. Sedekah tanpa pamrih menunjukkan kemurnian niat dan kesungguhan dalam beribadah kepada Allah Swt. Hal ini juga menunjukkan keikhlasan dalam memberi, tanpa mengharapkan balasan atau pujian dari orang lain. Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah berbunyi: "Seseorang yang mengeluarkan sedekah lantas disembunyikannya sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanannya. (H.R Bukhari Muslim)
Pupuk Akhlakul Karimah: Ajari Anak Bersedekah Sejak Dini
Eliyah 23/02/2024
Anak-anak menjadi harta terbaik yang dimiliki untuk membangun peradaban di masa yang akan datang. Mendidik dan menanamkan sifat terpuji sejak dini pada anak menjadi kewajiban serta tanggung jawab setiap orang tua kepada titipan Allah Swt, salah satunya tentang amalan sedekah.
Ini Amalan Dahsyat di Hari Jumat, Nomor 2 Sering Terlewat!
Eliyah 22/02/2024
Hari Jumat ditetapkan oleh Allah sebagai penghulu di antara sekian hari. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Hari ini juga sangat istimewa karena semua amalan kebaikan yang dilakukan pada hari Jumat dilipatgandakan oleh Allah Swt. Di hari Jumat juga Allah Swt memberikan banyak bentangan kemuliaan di siang dan malamnya.
Tips Biar Kamu Sukses Dunia Akhirat
Eliyah 22/02/2024
“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Q.S Al-Hadid: 20).
Abadikan Pahala dengan Berwakaf
Eliyah 21/02/2024
Wakaf adalah pemberian suatu harta dari milik pribadi menjadi kepentingan bersama, sehingga kegunaannya mampu dirasakan oleh masyarakat luas tanpa mengurangi nilai harta tersebut. Seorang muslim akan menjadikan wakaf sebagai suatu amal yang sangat berharga. Wakaf yakni amal yang tidak akan menghabiskan harta, justru mengekalkan harta dan menjadi jalan untuk meraih rida dan ampunan-Nya. Menurut para ulama, wakaf ditafsirkan sebagai sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir selama harta wakaf masih bermanfaat.
Deretan Amalan Pagi yang Bisa Bikin Kualitas Hidupmu Meningkat
Eliyah 21/02/2024
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas karena tenaga, waktu, dan pikiran dipersiapkan untuk menjalani hari. Tapi tak jarang dari kita yang mengisi pagi harinya dengan tidur, berleha-leha dan melenakan diri dengan aktivitas tidak bermanfaat. Pagi hari adalah penentu aktivitas sepanjang hari. Rasulullah saw setiap pagi memanjatkan doa untuk umatnya.
Rasul Tidak Minum Sambil Berdiri, Ternyata Ini Penjelasannya dalam Kesehatan!
Eliyah 20/02/2024
Dalam masalah ini, sebagian orang bersikap terlalu keras. Namun setelah mengkaji dan melihat serta menimbang beberapa dalil ternyata dapat disimpulkan bahwa minum dan makan sambil berdiri sah-sah saja, artinya boleh. Karena dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah saw pernah minum sambil berdiri dan keadaan lain sambil duduk. Intinya, ada kelonggaran dalam hal ini. Tetapi afdholnya dan lebih selamat adalah sambil duduk.
Sang Pembuat Bahtera; Begini Kesabaran Nabi Nuh dalam Berdakwah
Eliyah 20/02/2024
Nabi Nuh diutus oleh Allah ketika ada kekosongan di antara dua rasul yang saat itu dibiarkan begitu saja. Hal ini membuat ajaran yang telah dibawa oleh nabi-nabi sebelumnya bisa dilupakan oleh banyak orang pada saat itu. Ketika ajaran agamanya ditinggalkan, para manusia pun kembali melakukan dosa seperti maksiat, meninggalkan amal baik dan melakukan segala macam kemungkaran. Nabi Nuh dikenal dengan kesabarannya yang luar biasa walaupun ia juga banyak dibenci oleh orang-orang saat itu.
Duh! Bingung Cara Bayar Utang Puasa Menahun? Simak Penjelasannya!
Eliyah 19/02/2024
“Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah : 185).
Siapa Abu Dujanah yang Membuat Rasulullah Menangis?
Eliyah 19/02/2024
Abu Dujanah Simak bin Kharasha seorang yang miskin dari kabilah Khazraj. Ia merupakan salah satu sahabat Rasulullah saw yang luar biasa taatnya kepada Allah Swt. Namun selama beberapa waktu, Abu Dujanah selalu pulang terburu-buru usai salat subuh tanpa menunggu Rasulullah selesai berdoa. Perilakunya yang demikian membuat Rasulullah mengajaknya berbicara.
Belajar Sabar dari Istri Nabi Zakaria; Isya' binti Faqudz
Eliyah 16/02/2024
Nabi Zakaria dan Isya' telah lama mendambakan seorang anak yang kelak akan meneruskan perjuangannya dalam berdakwah memimpin umatnya menjauhi setiap kesesatan. Nabi Zakaria tidak membiarkan kemandulan yang diderita sang istri sejak kecil, juga usia lanjut mereka menghentikannya untuk selalu berdoa dan bersusah payah bersandar kepada Allah Swt.
Zona Bahagia Ramadan, Bersama Hadirkan Kebahagiaan!
Eliyah 16/02/2024
LAZ Al Azhar terus melanjutkan ikhtiarnya dan menebar kebaikan di bulan yang suci. Aksi Zona Bahagia Ramadan tersebar di berbagai wilayah untuk menghadirkan kebahagiaan bagi yang membutuhkan. Bergerak dengan hati dan menciptakan dampak dari kebaikan-kebaikan yang disalurkan.
Ini 3 Golongan Manusia Saat Menyambut Ramadan, Kamu yang Mana?
Eliyah 15/02/2024
Bulan Ramadan sebagai bulan suci yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Dalam menyambut kedatangan bulan Ramadan, kita akan dapatkan 3 jenis kelompok orang yang ketika mendekati masuk bulan Ramadan mereka memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda.
Puasa dan Zakat Fitrah, Ternyata Ada Hubungannya
Eliyah 15/02/2024
Menurut pandangan Syekh Abi Bakar Syata, puasa dan zakat mempunyai nilai pahala yang berbeda, keduanya sama-sama mempunyai nilai pahala. Artinya, bukan berarti ketika zakat fitrah tidak dikeluarkan akan menghilangkan pahala puasa secara keseluruhan, orang berpuasa akan tetap mendapatkan pahala puasanya meski tidak mengeluarkan zakat fitrah. Hanya saja, kesempurnaan pahala puasa tidak akan didapatkan, sampai mengeluarkannya.
Lakukan Amalan Ini Agar Dapat Keutamaan Bulan Syakban
Eliyah 13/02/2024
Bulan Syakban adalah bulan yang mulia. Bulan Syakban akan mengantarkan kita pada bulan mulia selanjutnya, yaitu bulan Ramadan. Kurang dikenalnya bulan ini karena diapit oleh dua bulan mulia yang lain, yakni Rajab dan Ramadan. Bulan Syakban berada di tengah-tengah dua bulan tersebut, sehingga tak sedikit orang yang juga melupakan bulan Syakban ini.
Bukan Cuma Semangka, Ini Sederet Buah-buahan Kesukaan Rasulullah
Eliyah 12/02/2024
Buah semangka disebut sebagai ‘the fruit of Palestine’ dan juga menjadi simbol perlawanan serta dukungan untuk Palestina. Tak hanya jadi simbol perlawanan rakyat palestina, semangka juga menjadi buah yang disukai oleh Nabi Muhammad saw.
Kisah Saudah Binti Zam’a; Istri Rasul Penuh Kasih Sayang
Eliyah 12/02/2024
Saudah binti Zam’ah adalah wanita pertama yang dinikahi Nabi Muhammad saw sesudah Khadijah r.a. Sebelum menikah dengan Rasulullah saw, Saudah binti Zam’ah merupakan deretan sahabat Nabi Muhammad saw dari kalangan wanita yang imannya kuat. Demi mempertahankan imannya, Saudah rela berhijrah dari kampung halamannya dan akhirnya diperistri oleh Rasulullah saw.
Hidup Berlimpah: Menyikapi Perilaku Konsumtif dalam Perspektif Islam
Eliyah 12/02/2024
Dalam Islam perilaku konsumtif jelas dilarang karena perilaku tersebut dapat mengakibatkan sifat sombong, riya dan mubazir. Perilaku konsumtif adalah keinginan untuk mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan agar bisa mencapai kepuasan yang maksimal. Dalam artian luas, konsumtif adalah perilaku berkonsumsi yang boros dan berlebihan, yang lebih mendahulukan keinginan daripada kebutuhan serta tidak ada skala prioritas.
Intip Bahaya Dibalik Kebiasaan Meniup Makanan Panas
Eliyah 09/02/2024
Meniup makanan atau minuman panas tidak hanya dilarang dalam Islam, tapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, dalam hal tata krama, beberapa budaya percaya bahwa meniup makanan adalah tindakan yang tidak sopan, terlebih jika itu untuk anak atau orang lain yang akan memakannya. Pertanyaannya, kenapa hal ini dilarang?
Jejak Suci Perjalanan Nabi, Inilah Sederet Hikmah Isra Mikraj dalam Kehidupan!
Eliyah 07/02/2024
Isra Mikraj adalah perjalanan suci nan istimewa yang hanya diberikan kepada suri tauladan umat manusia yakni Rasulullah saw. Perjalanan mulia ini membawa jejak dari tanda-tanda kebesaran dan keagungan Allah Swt. Isra adalah perjalan Rasulullah pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Sedangkan Mikraj adalah kisah perjalanan Rasulullah dari bumi ke langit menuju Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Allah Swt. mengenai salat yang diwajibkan kepada umat muslim.
Berkhidmat Untuk Kemanusiaan: Kiat Aksi Sosial Berbasis Nilai Islam
Eliyah 07/02/2024
Aksi sosial berbasis nilai islam memiliki peranan yang signifikan dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Berkhidmat untuk kemanusiaan menjadi inti dari nilai-nilai islam yang mengajarkan kasih sayang, keadilan, dan kepedulian terhadap sesama.
Awas! Jangan Lupa Bayar Utang Puasa Ramadan
Eliyah 06/02/2024
Jika salah satu keadaan di atas menghalangi Anda untuk berpuasa, Anda perlu mengqada puasa yang ditinggalkan di lain waktu. Tujuan puasa yang disebut puasa qada ini adalah untuk membayar utang dan dapat dilakukan di luar bulan Ramadan, yang biasanya dilaksanakan pada bulan Syawal, sampai dengan bulan Syaban.
Kisah Sahabat Shuhaib Ar-Rumi: Melepas Kekayaan Demi Keimanan
Eliyah 05/02/2024
Shuhaib Ar-Rumi adalah salah satu sahabat Rasulullah dan merupakan As-Sabiqun Al-Awwalun (orang yang paling dahulu dan pertama masuk Islam). Shuhaib beserta keluarganya adalah orang Arab asli perantau yang datang ke Irak jauh sebelum datangnya Islam. Ayahnya bernama Sinan bin Malik seorang hakim di Ubullah, Persia.
Seni Menerima Diri : Cara Self Healing dalam Islam
Eliyah 05/02/2024
Dalam Q.S Ar-Ra’d ayat 28, Allah SWT berfirman : “Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” (Q.S al-Ra’d [13]: 28).
Kisah Abdullah bin Hudzafah: Keteguhan Iman di Tengah Siksaan yang Mengerikan
Eliyah 29/01/2024
Pada masa pemerintahan Umar bin Khattab dibentuklah sebuah pasukan untuk memerangi Romawi. Salah satu dari aggota pasukan tersebut adalah Abdullah bin Hudzafah. Kaisar Romawi telah mendengar berita tentang pasukan kaum muslimin yang mempunyai kekokohan iman dan keteguhan jiwa dalam menegakkan agama Allah dan Rasul-Nya. Kaisar penasaran ingin membuktikan kebenaran dari berita itu. Ia kemudian memerintahkan prajuritnya agar tawanan muslim tidak dibunuh terlebih dahulu dan segera dihadapkan padanya. Tawanan itu bernama Abdullah bin Hudzafah.
Intip 5 Kebiasaan Rasulullah Agar Tubuh Tetap Sehat Meski Aktivitas Padat
Eliyah 29/01/2024
Menjadi seorang pekerja atau orang yang memiliki banyak kegiatan membuat kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan. Kenapa? Karena tubuh yang digunakan secara terus menerus tanpa pola hidup sehat, tentu akan berdampak kepada kesehatan yang kurang baik. Apalagi sebagai seorang muslim. Dalam Islam, setiap aktivitas kita dinilai sebagai ibadah jika diniatkan karena Allah. Begitupun dalam bekerja. Maka dari itu, tidak bisa kita melakukan ibadah bekerja namun tidak melihat kondisi tubuh.
Ketika Tahu Kesalahan Orang Lain, Begini Sikap yang Benar dalam Islam!
Eliyah 26/01/2024
Inilah sikap yang benar dalam Islam ketika kita mengetahui kesalahan orang lain, yaitu tabayun, jangan menggibah, jangan menegur depan umum, jangan menjustifikasi, dan lain-lain.
Dahsyatnya Pahala Sedekah Air yang Jarang Diketahui
Eliyah 26/01/2024
Memberi pinjaman kepada Allah artinya menggunakan harta kita untuk kebaikan di jalan Allah. Salah satu upaya yang bisa kita tempuh adalah bersedekah. Sedekah ini banyak sekali macamnya. Akan tetapi, Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Al-Baihaqi, “Tidak ada sedekah yang pahalanya lebih besar dari air.”
Maksiat di Bulan Haram
Eliyah 24/01/2024
Keempat bulan ini dianggap sebagai bulan suci, memiliki keistimewaan untuk menjadi lebih taat dan menahan diri dari aktivitas maksiat selama bulan-bulan tersebut yang akan mendatangkan dosa bagi pelakunya. Pada bulan ini segala amal ibadah akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt. Demikian pula, setiap dosa yang dilakukan di bulan ini, dosanya dilipatgandakan.
Kisah Urwah bin Zubair yang Membuat Kita Semakin Tabah Menjalani Hidup
Eliyah 24/01/2024
Hisyam, putra Urwah bin Zubair meriwayatkan bahwa pada suatu hari ayahnya pergi mendatangi Al Walid bin Abdil Malik. Ketika sampai di Wadil Qura, dia merasakan rasa nyeri di kakinya. Ketika dia perhatikan, dia melihat ada luka bernanah. Meski rasa sakit terus menjalar ke atas, dia tetap melanjutkan perjalanan ke tempat Al-Walid dengan tandu.
Masih Awal Tahun Sudah Overthinking, Hindari dengan Mengamalkan Doa Ini!
Eliyah 23/01/2024
Menjadikan awal tahun sebagai momen berlomba-lomba dalam kebaikan jauh lebih baik daripada meresahkan sesuatu yang tidak pada kendali kita, seperti memikirkan masa depan, memikirkan orang-orang yang sudah jauh lebih dulu berhasil daripada kita. Seharusnya kita mampu menghindari hal-hal yang merugikan diri kita secara berlarut.
Cara jadi Kaya dalam Islam
Eliyah 23/01/2024
Islam sangat menekankan konsep takdir dan rezeki, yang merupakan aspek kehidupan manusia yang telah diketahui, dicatat, dikehendaki, dan ditetapkan oleh Allah sejak penciptaan. Namun hal ini tidak berarti bahwa manusia tidak mempunyai hak untuk menentukan bagaimana mereka akan berakhir; sebaliknya, sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai makhluk-Nya untuk berikhtiar, memanjatkan doa, dan tawakal agar mendapatkan rezeki yang halal dan berkah.
Tugas Menjaga Lisan Bukan Hanya Mulut, Kini juga Jari!
Eliyah 22/01/2024
Sebelum kita mengucapkan suatu kalimat, ada baiknya kita pikirkan terlebih dahulu apakah kalimat yang akan diucapkan menyakiti hati orang lain atau tidak. Bahkan dalam hadis Rasulullah, kita dianjurkan untuk diam jika tidak mampu berkata baik. Hal ini menunjukan bahwa esensi untuk menjaga lisan itu sangat penting.
Sudah Meminta Maaf tetapi Belum Dimaafkan, Bagaimana Bertaubatnya?
Eliyah 22/01/2024
Jika seorang hamba mempunyai kesalahan kepada orang lain, urusannya bukan sekadar memohon ampun kepada Allah, melainkan harus menyelesaikan masalah tersebut dengan cara meminta maaf kepada orang yang telah dizalimi. Dosa manusia dengan Allah akan terampuni sepanjang ia hidup sudah bertaubat. Akan tetapi, dosa kepada sesama manusia belum Allah ampuni jika belum memberi maaf atau saling memaafkan.
Inilah Alasan Kenapa Kamu Perlu Muhasabah Diri
Eliyah 18/01/2024
Muhasabah dalam Islam mengacu pada refleksi diri. Ini adalah proses merenungkan kesalahan diri, mengidentifikasi kesalahan yang telah dibuat, dan mencari cara untuk memperbaikinya. Melalui muhasabah menekankan bahwa ampunan Allah lebih besar dari dosa apa pun, melalui muhasabah seseorang dapat mencari dan memperoleh ampunan Allah. Hal ini merupakan landasan pengembangan spiritual Islam, memotivasi orang untuk mencari pengampunan, menghadapi tantangan dan hambatan dalam hidup, dan berusaha menjalani kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat.
Seperti Air Mengalir, Inilah Derasnya Kebaikan dan Pahala di Bulan Rajab!
Eliyah 18/01/2024
Dalam Islam, ada bulan-bulan yang memiliki keutamaan dan kemuliaan berbeda dengan bulan lain. Bulan ini memberikan banyak pembelajaran dan kehadirannya semakin membuat umat muslim semangat dalam berlomba-lomba kebaikan. Salah satunya yaitu bulan Rajab.
Musibah; Cobaan ataukah Azab dari Allah?
Eliyah 16/01/2024
Dan Kami pasti akan menguji kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali untuk dihisab).” (Q.S Al-Baqarah: 155-156).
Masuk Surga Jalur Sedekah, Memang Bisa?
Eliyah 15/01/2024
Sedekah memiliki banyak manfaat lainnya. Manfaat ini tentu akan dirasakan oleh banyak orang, seperti: sedekah adalah wasilah untuk mendekatkan diri kepada Allah, diberi pahala yang berlipatganda, membersihkan dan menambah harta. Dengan bersedekah, itu tandanya kita sudah membersihkan harta kita dari mengambil hak orang lain.
Benci pada Nikmat Orang Lain, Termasuk Penyakit Hati?
Siti Adidah 15/01/2024
Hati dapat memiliki dua makna, yakni salah satu organ tubuh manusia. Kedua, hati adalah rohani yang sangat halus dan bersifat rabbani. Dalam Islam, hati merupakan hal pokok dari segala perilaku manusia. Hati merupakan pengarah bagi semua komponen indrawi yang ada pada diri manusia. Kebaikan atau keburukan manusia bersumber dari hati. Jika hatinya baik maka perilakunya akan baik, akan tetapi apabila hatinya buruk maka akan berakibat buruk, senantiasa cenderung ke arah maksiat mengikut kehendak hati dan hawa nafsu, dan mengabaikan akal sehatnya.
Muslim Harus Tahu, Inilah Amalan Saat Turun Hujan!
Eliyah 12/01/2024
Sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-A’raf, hujan adalah salah satu rahmat dari Allah yang diturunkan ke muka bumi. Mengapa disebut rahmat? Karena turunnya air hujan dapat membuat tanah menjadi lebih subur dan menumbuhkan macam buah-buahan. Akan tetapi, tidak jarang kita temui orang-orang yang mengeluh ketika turunnya hujan.
Harta yang Tak Dizakati, Hukumnya Bisa Haram?
Eliyah 12/01/2024
“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” (Q.S At-Taubah Ayat 60).
Benarkah Orang yang Rajin Puasa Akan Panjang Umur?
Eliyah 10/01/2024
Apabila seseorang berpuasa, ia akan membatasi jumlah makanan yang masuk dalam saluran pencernaan, Terbatasnya jumlah makanan yang masuk dalam saluran pencernaan juga telah menurunkan intensitas kerja sistem pencernaan, Dengan turunnya intensitas kerja itu, turun pula keberadaan racun dari dalam tubuh, baik endotoksin (racun dari dalam tubuh sendiri) maupun eksotoksin (racun dari luar tubuh), dan Berkurangnya bahan yang harus dicerna juga akan membuat tubuh kita tidak memaksakan diri untuk mengeluarkan hormon dan enzim pencernaan secara besar-besaran.
Membayar Zakat Online Takut Tidak Amanah? Ini Dia Tipsnya!
Eliyah 09/01/2024
Fenomena dalam berzakat sudah semakin modern. Jika kita dahulu hanya bisa berzakat secara langsung ke kantor layanan zakat, tetapi sekarang bisa dilakukan secara online. Dalam berzakat secara online, mungkin tidak semua orang mudah percaya. Maka dari itu, untuk menghilangkan keraguan dalam berzakat online, perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini, seperti memilih lembaga zakat, layanan konsultasi zakat, dan transparansi.
Inilah Keutamaan Menjadi Amil Zakat!
Siti Adidah 27/12/2023
amanah yang besar juga menjadi wasilah seorang amil untuk berbuat kebaikan di jalan Allah. Orang-orang yang semangat berlomba-lomba dalam kebaikan dan semangat beribadah untuk Allah, sesungguhnya mereka mendapatkan balasan dari apa yang telah mereka kerjakan. Menjadi seorang amil yang jujur dan amanah memiliki banyak sekali keutamaan.loh!
Sabarmu Masih di Urutan ke Berapa? Ini Dia Macam-Macamnya!
Siti Adidah 21/12/2023
Sabar berasal dari bahasa Arab, yaitu Ash-shabru yang berarti tahan. Dari makna kata tersebut bahwa sabar adalah sikap tahan lama, tahan banting, dan tak mudah hancur. Dengan kata lain sabar dapat diartikan sebagai sikap yang tidak lemah, semangat, dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap ujian yang diberikan Allah Swt. Orang-orang yang sabar adalah mereka yang memiliki kemampuan mengendalikan emosi dan bersikap bijaksana dalam menghadapi keadaan yang terjadi. Lalu apa saja macam-macam sabar?
Golongan Orang-Orang yang Rugi di Dunia dan Akhirat, Siapakah Mereka?
Siti Adidah 20/12/2023
Di zaman ini, sulit sekali kita bisa menyeimbangkan antara dunia dan akhirat. Banyak orang yang hidupnya disibukkan untuk urusan-urusan dunia. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dengan dunia yang penuh tipu-tipu ini. Ada beberapa golongan orang-orang yang rugi di dunia dan di akhirat. Sahabat sudah tahu?
Lakukan Hal Ini Agar Kamu Tidak Menyesal di Masa Tua!
Siti Adidah 20/12/2023
Orang-orang yang berhasil mempergunakan waktunya sebaik mungkin, adalah mereka yang akan menuai manfaatnya. Sebagai umat muslim, beramal saleh adalah keharusan. Lalu, apa saja kira-kira hal yang perlu dilakukan agar tidak menyesal di masa tua? Simak penjelasannya!
Hari Ibu, Seberapa Pentingkah?
Siti Adidah 19/12/2023
Hari Ibu menjadi sorotan karena sebentar lagi menjadi tanggal peringatannya, yaitu tanggal 22 Desember. Tanggal tersebut menjadi peringatan Hari Ibu Nasional. Hari Ibu bukan sekadar memperingati perjuangan para ibu di Indonesia dalam perannya di keluarga, baik untuk anak-anak, suami, dan lingkungan sosialnya. Lebih dari itu, peringatan Hari Ibu mengingatkan kita tentang pentingnya peran perempuan untuk terlibat dalam upaya memajukan bangsa dan diberi ruang dalam berbagai bidang kehidupan, baik pendidikan, pemerintah, sosial, dan lain-lain.
Sejarah Pengelolaan Zakat pada Masa Nabi
Siti Adidah 14/12/2023
Salah satu misi Islam adalah untuk mengentaskan kemiskinan. Ajaran zakat dalam Islam adalah simbol kepedulian sosial terhadap kesenjangan ekonomi, perhatian atas fenomena kemiskinan, dan cita-cita akan kesejahteraan umat. Lalu bagaimanakah sejarah zakat pada masa nabi?
Apa Benar Orang Miskin jadi Urutan Pertama Masuk Surga?
Siti Adidah 13/12/2023
Al-Qur’an surah Al-Baqarah menerangkan bahwa orang-orang yang masuk surga adalah mereka yang beriman dan melakukan amal saleh. Orang-orang yang seperti inilah yang kelak Allah sediakan surga baginya. Akan tetapi, seringkali kita mendengar bahwa ‘orang miskin adalah golongan yang akan lebih dulu masuk surga.’ Apa benar?
Hari Ibu dan Kedudukannya dalam Islam!
Siti Adidah 13/12/2023
Hari Ibu juga menjadi hari kasih sayang untuk seorang anak kepada para ibu di Indonesia dan menjadi ajang untuk mempererat kekeluargaan. Selain penting karena sejarahnya, Hari Ibu juga memberikan pelajaran kepada kita betapa tingginya derajat atau kedudukan seorang ibu di dalam Islam. Sahabat sudah tahu? Bagaimana kedudukan seorang ibu dalam Islam?
Tigal Hal yang Dapat Mengubah Hidup Kamu Menjadi Lebih Baik!
Siti Adidah 12/12/2023
Selain ingin sukses di dunia, manusia juga ingin selamat di akhirat. Akan tetapi, kadang-kadang kita ini terlalu condong memikirkan dunia sehingga lupa dengan persiapan bekal untuk akhirat. Lalu apa saja yang dapat kita persiapkan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik?
Sahabat-Sahabat Nabi Siapa Saja yang Pernah Menjadi Amil Zakat?
Siti Adidah 08/12/2023
Siapa saja sahabat-sahabat Nabi yang diperintahkan untuk mengelola atau menjadi amil zakat?
Sakit Adalah Penggugur Dosa, Bagaimana Jika Sambil Mengeluh?
Siti Adidah 07/12/2023
Jika kita sabar dan ikhlas mendapatkan rasa sakit tersebut, sakit menjadi penggugur dosa-dosa kita. Akan tetapi, bagaimana ketika kita ditimpa sakit namun selalu mengeluh? Tahukan sahabat, ada beberapa hal yang perlu kita pahami ketika kita sedang ditimpa sakit. Agar sakit menjadi wasilah penggugur dosa, kita harus perhatikan beberapa hal berikut!
Segera Bersihkan Harta dengan Zakat Akhir Tahun!
Siti Adidah 07/12/2023
Di dalam harta kita terdapat hak orang lain. Salah satu cara untuk membersihkan harta tersebut adalah dengan berzakat. Zakat bukan sekadar kewajiban yang dikeluarkan oleh umat muslim, tetapi hikmah setelah menunaikan zakat adalah agar kita terhindar dari kikir, tamak, dan agar terbiasa membantu orang lain.
Rajin Salat tapi Masuk Neraka, Kok Bisa!?
Eliyah 05/12/2023
Orang yang rajin salat tetapi masuk neraka salah satunya adalah orang yang lalai dengan salatnya, riya', dan enggan memberikan bantuan. Sebagaimana disebutkan dalam surah Al-Ma'un ayat 4-7, “Maka celakalah orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya, yang berbuat riya’, dan enggan memberikan bantuan.”
Allah Menyukai Amalan yang Sedikit tapi Rutin
Eliyah 05/12/2023
Setiap melakukan amalan, seringkali kita merasa semangat, dan rasa semangat itu juga kadang memudar. Adakalanya kita sebagai manusia biasa merasa malas untuk melakukan amal saleh. Bagaimana agar kita tetap istiqomah dan tidak terjangkit rasa malas dalam beribadah? Salah satu solusinya adalah paksakan diri untuk berbuat kebaikan, dan yang kedua lakukanlah amalan sesuai dengan kemampuan.
Mau Dipermudah dalam Bersedekah? Jangan Lewatkan Doa Ini!
Siti Adidah 04/12/2023
Meminta dan mengharapkan selalu ada di jalan yang benar tentu harus melalui doa. Sama halnya ketika kita merasa sudah jauh dengan hal-hal baik, sudah jauh dan tidak pernah beramal saleh, dan disibukkan dengan perkara dunia, inilah doa yang Rasulullah saw. ajarkan kepada umatnya agar senantiasa dekat dengan kebaikan dan dipermudah dalam bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.
Azan Duduk, Memang Boleh?
Siti Adidah 01/12/2023
Umumnya, seseorang mengumandangkan azan di masjid atau musala dilakukan dalam posisi berdiri. Bahkan mungkin sedikit dari kita yang melihat orang berazan dalam posisi duduk karena tidak begitu familiar di kalangan masyarakat. Mungkin azan dalam posisi duduk juga menjadi hal yang dianggap kurang etis sebab ketidaklumrahan tadi. Tapi sebetulnya, azan yang dikumandangkan dalam posisi duduk memang boleh? Simak penjelasannya!
Orang-Orang yang Berhak Menerima Sedekah, Siapa Sajakah?
Siti Adidah 30/11/2023
Salah satu amalan ringan yang tidak perlu menunggu kaya dan tidak terpatok nominal adalah sedekah. Sedekah juga bisa dilakukan kapan saja. Dengan bersedekah itu artinya kita membantu orang-orang yang sedang kesulitan. Lalu siapa saja orang yang berhak menerima sedekah?
Semangat Menuntut Ilmu, Belajar dari Abdullah bin Abbas!
Siti Adidah 29/11/2023
ejak kecil Abdullah bin Abbas selalu semangat dalam menuntut ilmu. Ketika Rasulullah saw. wafat, ilmu keislamannya sudah tinggi meskipun saat itu usianya masih 13 tahun. Suatu hari, Abdullah bin Abbas ingin melihat bagaimana Rasulullah melaksanakan salat malam. Dia pun menginap di rumah Rasulullah. Sepajang malam dia terjaga agar tidak terlewati ketika Rasulullah hendak melaksanakan salat malam. Ketika Rasulullah terbangun, ia menyiapkan air wudu untuk Rasulullah.
Jenis Zakat yang Wajib Ditunaikan di Akhir Tahun!
Siti Adidah 28/11/2023
Perlu kita ketahui bahwasannya ada zakat yang wajib ditunaikan di akhir tahun. Salah satu syarat wajib membayar zakatnya adalah harus sudah mencapai haul. Apa saja jenisnya?
Palestina, Mengapa Bisa Dijuluki Bumi yang Diberkahi Allah Swt?
Siti Adidah 27/11/2023
Palestina juga menjadi tempat para Nabi karena banyak Nabi dan Rasul yang lahir dan tinggal di sana. Nabi Ibrahim pernah hijrah ke Palestina bersama keluarga dan menikah dengan Siti Hajar di Palestina. Nabi Luth pernah diselamatkan oleh Allah Swt. dari azab yang diturunkan Allah kepada kaumnya menuju bumi yang diberkahi, bumi Palestina.
Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Siti Adidah 27/11/2023
Guru bukan sekadar memberikan pengajaran terhadap para siswa, tetapi juga sebagai pendidik yang membentuk karakter anak. Melalui guru, setiap orang mendapatkan banyak pengalaman, pelajaran, dan ilmu pengetahuan yang nantinya dapat memberikan perubahan, baik untuk diri sendiri, masyarakat, agama, dan negara.
Bolehkah Menyalurkan Zakat untuk Keluarga Sendiri?
Siti Adidah 24/11/2023
Ada 8 golongan yang berhak menerima zakat, seperti fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin, fi sabilillah, dan ibnu sabil. Lantas bagaimana jika zakat diberikan kepada keluarga sendiri? Apakah boleh?
Sedekah, Cara Merayu Allah agar Mengabulkan Doa Kita
Siti Adidah 24/11/2023
Usaha dan doa saja nyatanya tidak cukup. Kita tidak boleh egois dengan memenuhi kepentingan diri kita sendiri. Tuhan itu bukan sekadar melihat usaha dan doa kita, tetapi Tuhan juga melihat bagaimana sikap dan perilaku kita terhadap orang lain. Ketika habluminallah sudah kita lakukan, maka penuhi juga habluminannasnya. Lalu perilaku seperti apa yang bisa kita lakukan?
Ada yang Nepuk Pundak Padahal Lagi Salat Sunah, Kita Harus Ngapain?
Siti Adidah 22/11/2023
Situasi ketika salat berjamaah seringkali ada makmum yang terlambat mengikuti salat berjamaah, inilah kemudian yang disebut masbuk. Akan tetapi, di situasi yang lain, kadang-kadang ada makmum yang ingin melaksanakan salat berjamaah kemudian menepuk pundak jamaah lain. Padahal pundak yang ditepuk itu sedang melaksanakan salat sunah bukan salat fardu. Lantas bagaimana sikap kita? Apakah kita langsung mengubah niat atau seketika memberhentikan salat dan memberitahu makmum bahwa kita tidak sedang salat fardu?
Hidup yang Kita Keluhkan, Boleh Jadi Adalah Hidup yang Orang Lain Inginkan
Siti Adidah 22/11/2023
Sebagai manusia yang sangat biasa, seringkali kita mengeluhkan sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Ternyata hal ini juga sudah disinggung dalam Al-Qur’an bahwa manusia itu adalah makhluk yang suka berkeluh kesah.
Ibarat Badan yang Tidak Pernah Sakit, Zakat itu Penyuci Bagi Badan
Siti Adidah 21/11/2023
Sebagaimana yang juga diucapkan oleh Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah, “Sakit merupakan zakat (penyuci) bagi badan, sebagaimana sedekah merupakan penyuci bagi harta. Setiap raga yang tidak pernah merasakan sakit, seperti harta yang tidak pernah dizakati.”
Kebaikan itu Luas, Yuk Perbanyak Amal Saleh!
Siti Adidah 17/11/2023
Allah menciptakan manusia tidak lain hanya untuk beribadah kepada-Nya. Menjadi seorang manusia yang telah dipilih Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi sepatutnya membuat kita sadar bahwa hidup di dunia harus memperbanyak kebajikan. Salah satu surah dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa setiap manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh.
Haram, Jika Sedekah Dilakukan Seperti Ini!
Siti Adidah 16/11/2023
Sedekah seperti apa yang jika dilakukan hukumnya haram? Agar tidak menerka-nerka, simak sampai tuntas penjelasannya, ya!
Kabar dari Jibril, Inilah Pesannya kepada Manusia Paling Mulia!
Siti Adidah 15/11/2023
Malaikat Jibril membawa kabar kepada Rasulullah. Pesan-pesan ini bisa menjadi pedoman untuk membimbing kita selama menjalankan kehidupan. Apa saja pesan tersebut?
Ciri-ciri Orang Saleh dalam Al-Qur’an, Kamu Kah Salah Satunya?
Siti Adidah 14/11/2023
Dalam setiap diri manusia, meski tidak luput dari dosa, ada keinginan untuk menjadi orang yang saleh dan kelak dikumpulkan bersama orang-orang saleh. Berusaha untuk memantaskan diri dan mempersiapkan bekal untuk akhirat kelak. Ciri-ciri orang yang saleh ternyata banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Mari simak, tiru, dan implementasikan selama menjalankan kehidupan di dunia!
Apakah Zakat Bisa Membersihkan Harta Riba?
Siti Adidah 14/11/2023
Lantas, bolehkah membersihkan harta riba dengan cara dizakati? Simak penjelasannya!
Ternyata Doa Anak Yatim Bisa Menembus Langit, Loh!
Siti Adidah 13/11/2023
Selain mulia, doa-doa anak yatim juga cepat dikabulkan oleh Allah. Maka dari itu, seringkali ketika kita memiliki hajat, kemudian kita meminta doa kepada anak-anak yatim dengan cara menyantuninya.
Jangan Malas! Inilah Doa Rasulullah
Siti Adidah 13/11/2023
Malas adalah ketika kita tidak mau melakukan apa-apa. Sifat malas sangat tidak dianjurkan dalam Islam. Semasa hidup di dunia, sebagai manusia kita harus semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Mengapa sifat malas tidak dianjurkan?
Ini Dia Rukun Wakaf yang Harus Diketahui!
Siti Adidah 13/11/2023
Dalam berwakaf, kita juga harus memperhatikan banyak hal, seperti macam-macam wakaf, syarat, rukun-rukunnya, dan lain-lain, agar harta benda yang kita wakafkan afdal dan tepat sasaran. Seseorang yang akan mewakafkan harta bendanya juga harus memiliki pengetahuan tentang wakaf. Salah satunya adalah rukun wakaf. Agar kita mengetahui rukun-rukunnya, simaklah penjelasan di bawah ini!
Alasan Kenapa Jangan Sampai Terdengar Anak Yatim Menangis
Siti Adidah 09/11/2023
Kenapa sih kita harus memuliakan anak yatim? Kenapa juga kita harus menyayangi anak yatim sebagaimana kita menyayangi anggota keluarga kita? Kenapa juga tidak boleh ada tangisan atau kesedihan yang menimpa anak yatim?
Tips Sukses Jalur Langit
Siti Adidah 09/11/2023
Orang-orang seringkali bilang kalau kita mau sukses, tidak afdal kalau cuma sekadar berusaha dengan skill yang kita punya. Bahkan kemampuan yang kita miliki saja itu ada pengendalinya. Dalam mencapai apa yang kita inginkan, ada dua hal yang perlu kita seimbangkan, yaitu usaha dan doa. Lalu bagaimana cara seseorang mencapai kesuksesan?
Dana Zakat Bisa Digunakan untuk Apa Saja?
Siti Adidah 08/11/2023
Zakat adalah kegiatan mengeluarkan harta tertentu dari seorang muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Siapa saja? Yakni fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharimin, fi sabilillah, dan ibnu sabil. Kewajiban dalam membayar zakat juga sudah banyak ditegaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Lalu, dana zakat bisa digunakan apa saja?
Inilah 8 Jalan Rezeki dalam Al-Qur’an
Siti Adidah 08/11/2023
Rezeki adalah segala sesuatu yang bermanfaat yang diberikan oleh Allah kepada makhluknya. Rezeki bukan sekadar uang, barang berharga, atau hal-hal yang bersifat materil. Rezeki yang paling berharga adalah iman dan Islam, karena hanya dengan kedua faktor itu pula kita akan dibukakan rezekinya oleh Allah Swt.
Kufur Nikmat; Makanan Sudah Dicela, tetapi Dimakan Pula
Siti Adidah 07/11/2023
Islam adalah agama yang mengatur segala aktivitas manusia dari bangun tidur sampai tidur lagi. Coba kita ingat-ingat, aktivitas apa yang tidak diatur dalam Islam? Mulai dari doa bangun tidur, bercermin, memakai pakaian, keluar rumah, bekerja, perjalanan jauh, makan, minum, dan lain sebagainya semua diatur dalam Islam. Dalam hal makanan, mulai dari berdoa, cara makan yang tidak boleh berdiri, dan cara menghargai makanan.
Kisah Zubair bin Awwam, Sahabat Setia Nabi yang Dijanjikan Surga
Siti Adidah 07/11/2023
Zubair bin Awwam adalah salah seorang pengikut setia Rasulullah. Zubair masih terhitung saudara Rasulullah. Namun, ketinggian derajatnya bukan didapat karena persaudaraannya dengan Rasul, tapi karena perjuangan dan pengabdiannya kepada Allah, Rasulullah, dan agama yang dicintainya.
Pancing Rezeki dengan Sedekah
Siti Adidah 03/11/2023
Mengapa sedekah dapat memancing datangnya rezeki? Karena ketika kita bersedekah, itu tandanya kita sudah membantu satu dari kesulitan orang lain dan kita tidak membiarkan orang lain di sekitar kita kesusahan. Ketika kita membantu orang lain, maka Allah juga akan membantu kita.
Quote Buya Hamka untuk Pemuda
Siti Adidah 02/11/2023
Salah satu tokoh hebat yang memiliki semangat juang tinggi, berjuang dengan karya-karyanya, dan juga tidak pantang menyerah meski pernah difitnah, siapakah beliau? Beliau adalah Buya Hamka. Siapa yang tidak kenal dengan sosok hebat ini? Inilah beberapa quote Buya Hamka yang sudah banyak dan bisa kita temui di berbagai media sosial!
Pemuda dan Dunia Zakat
Siti Adidah 01/11/2023
Dewasa ini, sudah banyak para donatur yang juga dari kalangan anak muda, sehingga hal ini bisa dimanfaatkan oleh lembaga filantropi dengan memberdayakan anak muda sebagai penghubung atau penyebar informasi mengenai zakat ke berbagai penjuru.
Peran Pemuda Masa Kini
Siti Adidah 31/10/2023
Sejarah Sumpah Pemuda menjadi salah satu saksi betapa peran pemuda sangat berarti pada saat itu. Pemuda memiliki peran yang sangat penting karena selain memiliki fisik yang kuat, mereka juga mempunyai inovasi dan ide-ide baru. Lalu bagaimana kita melihat peran pemuda masa kini?
Sejarah Sumpah Pemuda di Indonesia
Siti Adidah 31/10/2023
28 Oktober 1928 adalah momentum yang sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia, karena pada hari itu terjadinya deklarasi Sumpah Pemuda dengan tujuan membakar semangat dan tekad untuk melawan penjajah. Momentum Sumpah Pemuda memberikan semangat dan harapan untuk kemerdekaan Indonesia. Momentum ini memiliki sejarah yang cukup lama dalam prosesnya. Pada saat itu, Indonesia masih dijajah oleh negara Belanda.
Makna Memperingati Sumpah Pemuda
Siti Adidah 30/10/2023
28 Oktober 1928 adalah tanggal di mana negara Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Momentum ini menjadi sangat bersejarah karena pada saat itu adalah tonggak awal terjadinya pergerakan para pemuda Indonesia dalam mengawali kesadaran akan suatu kebangsaan. Ikrar yang diucapkan adalah janji penting karena memberikan harapan dan semangat baru untuk terus maju dan bergerak melawan penjajah.
Bolehkah Khutbah Jumat Menggunakan Bahasa Indonesia?
Siti Adidah 27/10/2023
Dalam penyampaian khutbah Jumat, khatib harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami para jamaah agar esensi khutbahnya tersampaikan. Tujuan khutbah Jumat adalah mengajak kaum muslimin untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. Akan tetapi, hal ini juga seringkali menimbulkan pertanyaan, memang boleh khutbah Jumat menggunakan bahasa Indonesia?
Kisah Seorang Ibu Memasak Batu di Zaman Umar bin Khattab
Siti Adidah 26/10/2023
Suatu masa dalam kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, negeri Arab dilanda paceklik. Hujan lama tak turun, tanah lama kering kerontang, tanaman pertanian mengering, dan banyak hewan ternak yang mati kehausan. Keadaan saat itu sungguh memprihatinkan.
Sedekah Jangan Menunggu Kaya
Siti Adidah 25/10/2023
Kadang-kadang masih banyak yang berpikir jika kita memberi atau berbagi sesuatu, maka harus memiliki kelebihan harta benda terlebih dahulu. Padahal, berbagi ketika kaya itu biasa, akan tetapi berbagi ketika sedang sempit itu sangat luar biasa. Dengan bersedekah juga tidak akan mengurangi apa yang kita punya. Justru akan membuat harta kita semakin berkah.
Sambung Silaturahmi Kunci Memperlancar Rezeki
Siti Adidah 24/10/2023
Sebagai makhluk sosial, bersilaturahmi memang penting sekali. Kenapa? Selain untuk membangun keharmonisan, membangun emosional satu sama lain agar saling memahami, bersilaturahmi juga dapat memperlancar rezeki. Hal ini jelas disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari, "Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan (sisa) umurnya, maka sambunglah (tali) silaturahmi," (HR. Bukhari).
Kisah Abu Dahdah yang Relakan 600 Pohon Kurma
Siti Adidah 23/10/2023
Kisah pada zaman Rasulullah selalu menjadi motivasi dan menambah semangat beribadah. Kisah yang akan dibahas kali ini adalah sahabat Rasulullah dari Anshar. Seseorang yang memiliki kekayaan karena kebun kurma yang sangat luas. Ia juga merupakan sahabat Rasulullah yang cepat menerima seruan dari Allah dan Rasulnya.
Kisah Kesabaran Nabi Ayyub as
Siti Adidah 20/10/2023
Ini adalah kisah seorang Nabi yang memiliki kesabaran yang luar biasa. Ujian yang menimpa hidupnya tidak sedikitpun menggoyahkan imannya. Kisah kesabaran Nabi Ayyub as yang memberikan banyak pelajaran untuk kita umat muslim.
Kenapa Allah Memberikan Ujian Ini?
Eliyah 19/10/2023
Allah Swt. memberikan ujian tidak lain adalah untuk menguji keimanan hambanya, karena dalam surah Al-Ankabut ayat 2 menegaskan bahwa, “Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan begitu saja pada setiap waktu, tempat dan situasi hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji dengan hal-hal yang dapat membuktikan hakikat keimanan mereka, yaitu dalam bentuk cobaan-cobaan dan tugas-tugas keagamaan?”
Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal
Eliyah 19/10/2023
Dalam hidup ini, bentuk dari segala fitnah akan selalu ada. Akan tetapi, fitnah yang sangat dahsyat ada pada akhir zaman kelak, yaitu fitnah Dajjal. Salah satu tanda hari kiamat adalah turunnya Dajjal ke muka bumi. Fitnah Dajjal adalah fitnah besar yang dapat merusak tatanan hidup manusia, termasuk juga iman seseorang.
Ini Dia Cara Memandikan Jenazah Sesuai Syariat
Siti Adidah 19/10/2023
Memandikan jenazah tidak bisa dianggap remeh. Prosesi mengurus jenazah setiap muslim telah diatur sedemikian rupa secara teratur. Syarat orang yang akan memandikan jenazah harus beragama Islam, balig, berakal atau sehat mental. Yuk, simak cara memandikan jenazah sesuai syariat!
Yuk, Mulai Berani untuk Bahagiakan Anak Yatim!
Eliyah 18/10/2023
Tidaklah kita menjadi berkurang harta ketika memiliki niat baik untuk bahagiakan anak yatim. Salah satu ciri orang yang dimuliakan oleh Allah dan menjadi dekat dengan Rasulullah di surga nanti adalah orang-orang yang senang membahagiakan anak yatim, mereka mencintai dan menyayangi anak yatim sebagaimana kecintaan mereka terhadap anak dan saudara mereka sendiri.
Empat Perkara yang Menyebabkan Lunturnya Pahala Sedekah
Siti Adidah 18/10/2023
Ibadah dalam Islam itu banyak sekali. Bukan hanya salat wajib dan sunah, melainkan segala tindakan baik pun bisa disebut ibadah, seperti bersedekah. Dalam bersedekah, tidak ada sesuatu yang diniatkan selain karena Allah Swt. Akan tetapi, menginginkan balasan dari Allah juga bagian dari sifat manusiawi kita. Tentu ketika kita bersedekah, ada sesuatu yang ingin kita dapatkan dari Allah, seperti pahala yang nanti dicatat menjadi amal baik dan menjadi penolong kita di akhirat kelak.
Selawat Bikin Rezeki Berlimpah!
Siti Adidah 12/10/2023
Dalam Islam, setiap amalan baik pasti memiliki keutamaannya. Entah itu memberikan keselamatan, keberkahan hidup atau juga dapat memperlancar rezeki. Sebagaimana selawat yang salah satu keutamaannya adalah dapat membuat rezeki berlimpah.
Kisah Ratu Balqis dan Nabi Sulaiman
Siti Adidah 12/10/2023
Nabi Sulaiman adalah seorang pemimpin yang adil dan bijaksana. Beliau adalah pemimpin besar Bani Israil yang telah mewarisi kerajaan ayahandanya. Beliau adalah nabi yang memiliki kelebihan dapat mengerti bahasa binatang. Kerajaan Nabi Sulaiman sangat luas dan besar. Allah menaklukkan angin untuk kendaraan Nabi Sulaiman dan Allah juga menaklukkan bangsa jin untuk tunduk pada Nabi Sulaiman.
Sehabis Salat Jangan Lupa Berzikir
Siti Adidah 11/10/2023
Berzikir seusai salat itu sangat penting. Kenapa?
Program Pemberdayaan di LAZ Al Azhar Ada Apa Saja?
Siti Adidah 10/10/2023
Program pemberdayaan LAZ Al Azhar secara garis besar terbagi menjadi dua, yakni pengentasan kemiskinan dan pengentasan pengangguran. Dari kedua bagian ini, masing-masing memiliki program turunannya, loh! Lalu, apa sajakah program unggulan tersebut?
Allah Sebaik-baiknya Tempat Mengadu
Siti Adidah 09/10/2023
Setiap masalah yang terjadi dalam hidup manusia menjadi salah satu tolok ukur kebijakan dalam bersikap. Bagaimana sikap seseorang ketika ia sedang sedih atau senang. Dan pada dasarnya tidak semua persoalan harus diadukan kepada setiap orang. Cukuplah Allah yang menjadi tempat kembali, tempat pulang, tempat bercerita, dan tempat mengadu dari semua problematika hidup yang dialami.
Kenali 3 Ciri Harta yang Tidak Berkah
Siti Adidah 09/10/2023
Apa itu harta yang berkah? Harta yang membawa pemiliknya ke jalan yang benar dan harta yang dipergunakan untuk jalan kebaikan, sedangkan harta yang tidak berkah adalah harta yang menjauhkan pemiliknya dari Allah Swt., dan tidak menjadikan harta tersebut sebagai penolongnya di akhirat kelak. Artinya harta tersebut tidak digunakan dengan baik.
Amalan yang Bikin Alam Kubur Bercahaya
Siti Adidah 06/10/2023
Allah Swt. memberikan sanksi kepada orang-orang yang selama hidup di dunia berbuat kerusakan atau bermaksiat. Keadaan alam barzah (kubur) juga tergantung amalannya semasa hidup. Amalan yang baik akan menemaninya di alam kubur dan akan melapangkan dan menerangi kuburnya. Inilah amalan yang membuat alam kubur bercahaya!
Ini Dia 4 Kabar Gembira untuk Kamu yang Rajin Tahajud!
Siti Adidah 06/10/2023
Umumnya, salat yang wajib kita laksanakan adalah salat lima waktu. Akan tetapi, untuk menyempurnakan keimanannya, banyak orang yang melaksanakan amalan-amalan salat sunah lainnya, salah satunya tahajud. Tahajud adalah salah satu salat sunah yang dilakukan pada malam hari dan juga salah satu salat yang tidak semua orang mampu melakukannya.
Hikmah Sedekah Subuh
Siti Adidah 05/10/2023
Tidak akan sempurna keimanan seseorang jika tidak pernah berbagi kepada sesama. Sebagai umat Islam yang diajarkan untuk selalu berbagi dan menyisihkan rezeki untuk orang yang membutuhkan, bersedekah adalah tempatnya. Allah Swt. juga menjanjikan akan mengganti dan memberikan pahala berlipatganda bagi orang yang gemar bersedekah.
Manfaat Salat Dhuha
Siti Adidah 05/10/2023
Selain salat lima waktu yang diwajibkan kepada setiap umat Muslim, ada banyak salat sunah yang dapat menambah kesempurnaan kita dalam beribadah, salah satunya salat dhuha. Selain mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah Swt., manfaat salat dhuha itu banyak sekali. Apa sajakah itu?
Tips Mengatur Gaji Menurut Syariat
Siti Adidah 04/10/2023
Selain hari libur biasanya tanggal gajian juga menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Bagaimana tidak? Kebutuhan setiap orang berbeda-beda dan cara pengalokasiannya juga berbeda. Ada yang penghasilannya senang ditabung, ada yang dialokasikan untuk kebaikan-kebaikan di jalan Allah, bahkan ada juga loh yang berpenghasilan hanya untuk berfoya-foya. Lalu, bagaimana kita sebagai umat muslim? Seperti apa sih pengalokasian uang yang baik sesuai syariat itu?
Ashabul Kahfi, 7 Pemuda yang Tertidur Selama 309 Tahun
Siti Adidah 04/10/2023
Ashabul kahfi adalah salah satu tanda kekuasaan Allah, yang kisahnya diabadikan dalam Al-Qur’an. Kisah ini sangat memotivasi kita karena mengajarkan tentang keimanan, aqidah, dan ketakwaan kepada Allah Swt.
Wakaf Mampu Kembangkan Sektor Pertanian
Eliyah 02/10/2023
Di Indonesia, masih banyak para petani yang belum berkembang dan jauh dari kata sejahtera. Apa faktornya? Salah satu faktornya adalah krisis regenerasi petani (sektor pertanian ini terkadang kurang dalam sumber daya manusia), selain itu masalah yang juga cukup krusial adalah modal untuk mengembangkan pertanian tersebut, teknik budidaya kurang presisi, rantai niaga yang merugikan petani, hasil panen yang tidak selalu banyak, dan lain-lain. Oleh karena itu, harus ada strategi dan pola yang baik untuk mengembangkan sektor pertanian, seperti diadakannya program sebagai dukungan untuk memajukan kesejahteraan pertanian.
Sebab Nabi Begitu Mencintai Khodijah
Eliyah 02/10/2023
Dia adalah Khadijah binti Khuwailid ath-Thahirah, Ummul Mu’minin, orang pertama yang beriman dan masuk Islam dari kaum wanita. Dia wanita terbaik yang ada di muka bumi ini. Khadijah adalah seorang saudagar terhormat dan banyak harta. Khadijah adalah sosok yang menjadi penolong utama Rasulullah di masa-masa yang sangat kritis.
Makna Maulid Nabi bagi Seorang Muslim
Eliyah 29/09/2023
Rasa cinta yang tercurah dengan mencintai segala sesuatu yang berkaitan dengan Rasulullah, seperti memperingati kelahirannya, berselawat kepadanya, meneladani akhlaknya, menghidupkan dan menjalankan sunah-sunahnya, mempelajari sejarah perjuangannya, dan lain sebagainya.
Catat, Ini Dia 10 Tanda Cinta Nabi!
Siti Adidah 26/09/2023
Dialah manusia mulia yang diberi gelar Al-Amin sekaligus menjadi suri teladan, siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam. Dialah seorang Rasul yang sangat mencintai umatnya bahkan sampai akhir hayatnya. Dan kita adalah umat Rasulullah yang berharap diakui sebagai umatnya di yaumil akhir nanti. Lalu bentuk cinta seperti apa yang sudah kita lakukan?
Katanya Tuhan Maha Kaya, Lantas Kenapa Masih Ada Orang Miskin?
Siti Adidah 26/09/2023
Allah Swt. menciptakan segala sesuatu di dunia ini berpasangan-pasangan, seperti baik buruk, sedih bahagia, susah senang, murung ceria, dan lain-lain. Kemudian, kita tahu bahwa Allah tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia.
Bekerja Mencari Rezeki, Tapi Menjauhi Maha Pemberi Rezeki?
Siti Adidah 25/09/2023
Banyak orang yang bekerja sangat giat, sangat semangat, sampai terjebak dengan konsep kerja workaholic (gila kerja), sehingga beranggapan bahwa semakin banyak kerja semakin banyak juga uang yang didapatkan. Akibat gila kerja ini banyak orang yang kemudian lupa untuk beribadah kepada Allah. Hari-harinya ia padatkan untuk mencari uang, uang, dan uang.
Mengenal Makna Zakat Lebih Dekat!
Siti Adidah 25/09/2023
Dalam Islam, tentulah kita harus mengetahui hak-hak dan kewajiban kita sebagai seorang muslim, karena dampak dari ketidaktahuan adalah membuat kita lalai menjalankan kewajiban. Salah satu kewajiban umat muslim yakni membayar zakat. Perintah zakat sudah banyak sekali ditegaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Zakat adalah ibadah yang masuk pada rukun Islam. Artinya, ibadah ini sangat penting. Selain untuk membersihkan jiwa, juga membersihkan harta yang kita miliki. Lalu seperti apakah makna zakat?
Cara Tidur Ala Rasulullah, Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan!
Siti Adidah 18/09/2023
Sebagai umat Rasulullah saw., sudah sepatutnya kita mengikuti sunah beliau, termasuk rutinitas atau cara tidur ala Rasulullah. Selain karena sunah, cara tidur ala Rasulullah juga sangat baik untuk kesehatan. Begini penjelasannya!
Dosa Besar! Inilah Balasan Orang yang Sengaja Meninggalkan Salat
Siti Adidah 18/09/2023
Tidak bisa dipungkiri, dari kalangan umat muslim masih banyak orang yang senang melalaikan dan meninggalkan salat. Padahal, perbedaan kita dengan orang kafir ada pada salat. Kita pasti sudah sangat sadar bahwa salat adalah perkara yang amat penting. Tetapi mirisnya masih banyak orang muslim yang meninggalkan salat secara sengaja. Banyak dari kita yang menjadikan salat adalah beban, sehingga pelaksanaannya sekadar menggugurkan kewajiban.
Sabar juga Ada Batasnya! Kata Siapa?
Siti Adidah 15/09/2023
Seringkali kita mendengar kata-kata “Sabar juga ada batasnya!” Tidak sedikit orang yang mengucapkan hal tersebut, mungkin kita salah satunya. Kalau dilihat dari kaca mata manusia, wajar jika dikatakan sabar ada batasnya, karena manusia macam kita banyak keterbatasan, termasuk terbatas dalam segi mengatur emosi. Lalu apakah sabar juga ada batasnya?
Jangan Lakukan 3 Hal Ini Kalau Kamu Tidak Mau Rezekimu Sulit!
Siti Adidah 15/09/2023
Rezeki adalah salah satu nikmat dari Allah Swt. yang diberikan kepada hamba-Nya. Allah memberikan rezeki kepada hambanya dengan cara-cara yang berbeda. Ada rezeki yang didapat dengan cara bekerja, ada pula yang didapatkan dengan cara yang tidak terduga-duga. Lalu bagaimana agar kita mendapatkan rezeki yang baik dan berkah? Jangan coba-coba melakukan 3 hal ini.
Seberapa Penting Pendidikan untuk Anak Yatim?
Siti Adidah 14/09/2023
Beberapa orang mungkin boleh saja begitu mudah melanjutkan pendidikannya, akan tetapi ada banyak anak-anak di Indonesia yang kesulitan untuk meraih pendidikan tersebut. Tidak sedikit anak-anak yatim yang kemudian lebih memilih bekerja daripada melanjutkan pendidikan karena harus membantu orang tuanya. Tidak sedikit juga anak yatim yang akhirnya putus sekolah demi melanjutkan bekerja untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak semua orang beruntung dengan nasibnya, akan tetapi ada orang-orang yang seharusnya bisa mengubah nasib anak-anak yatim agar beruntung.
Katanya Mau Disebut Orang Beriman, Apa Boleh Sebercanda Itu?
Siti Adidah 13/09/2023
Allah memang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih, akan tetapi sifat itu untuk menunjukkan keagungan Allah, bukan untuk dijadikan alasan kita berbuat seenaknya di dunia. Tuhan memiliki hak prerogatif terhadap hambanya, bagaimana jadinya ketika kita sedang melakukan keburukan kemudian Allah mencabut nyawa kita?
Keutamaan Membaca Selawat
Siti Adidah 13/09/2023
Selawat Nabi adalah bentuk penghormatan kepada baginda Nabi Muhammad saw. Dalam surah Al-Ahzab ayat 56, Allah Swt. memerintahkan secara langsung kepada orang-orang yang beriman untuk senantisa berselawat kepada Rasulullah saw. Selain sebagai penghormatan, selawat nabi juga bisa menjadi wasilah kita untuk mendapatkan syafaat di yaumil akhir nanti.
Tiga Perkara Kecil yang Menghalangi Jalan ke Surga
Siti Adidah 12/09/2023
Sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, banyak hal yang mungkin tidak kita ketahui dan banyak hal yang tanpa sadar dilakukan kemudian mengurangi pahala kita. Kadang-kadang perkara-perkara kecil yang kita pikir tidak akan berdampak apa-apa justru menjadi sesuatu hal yang diperhitungkan. Inilah yang kemudian perlu diperhatikan, ada beberapa hal kecil yang dapat menghalangi kita ke surga.
Inilah Perkara yang Berpotensi Menghapus Pahala, Poin 3 Sering Terjadi, Kan!?
Siti Adidah 11/09/2023
Sebanyak apapun kita berbuat kebaikan, tetap Allahlah yang memiliki hak prerogatif untuk memberikan pahalanya atau tidak. Namun demikian, kita juga bisa mewanti-wanti beberapa sifat atau sikap seperti apa yang sebetulnya bisa mengurangi atau bahkan menghapus amal baik kita?
Udara Buruk? Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Tubuh!
Siti Adidah 11/09/2023
Topik yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan adalah udara di Ibu Kota. Pasalnya, udara Ibu Kota sedang tidak baik-baik saja. Udara yang tidak sehat bisa berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan, apalagi kepada kalangan yang sensitif, seperti lansia dan ibu hamil. Udara buruk dalam waktu lama juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit, seperti asma, penyakit kulit, penyebaran virus, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pentingnya menjaga kesehatan di tengah udara buruk yang berkeliaran.
6 Peristiwa di Rabiul Awal, Nomor 5 Sangat Mengharukan!
Siti Adidah 11/09/2023
Rabiul Awal menjadi bulan yang istimewa, karena di dalamnya terdapat peristiwa penting yang terjadi dalam Islam. Rabiul Awal adalah bulan ketiga setelah bulan Safar di penanggalan hijriah. Sama seperti bulan-bulan lainnya, bulan ini juga memiliki banyak keistimewaan. Rabiul Awal berasal dari dua kata yaitu “Rabi” dan “Awal” yang berarti musim semi pertama yang terjadi setelah Arab memenangkan perang. Inilah peristiwa penting yang terjadi pada bulan Rabiul Awal, simak penjelasannya!
Rajin Tadarus Tanpa Paham Maknanya, Tetap Dapat Pahala?
Siti Adidah 07/09/2023
Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin. Segala ibadah manusia diatur di dalamnya, termasuk dalam membaca ayat suci Al-Qur’an. Dalam membaca Al-Qur’an, tidak sedikit yang sekadar membaca tanpa tahu maknanya, apalagi seorang yang awam. Kadang-kadang ini juga menjadi perbincangan, apakah orang yang membaca Al-Qur’an tanpa tahu makna tetap dapat pahala atau tidak.
Khubaib bin ‘Adi, Pahlawan yang Syahid di Tiang Salib!
Siti Adidah 07/09/2023
Sebagai manusia biasa yang terkadang lalai akan perintah-Nya, kadang juga mudah lemah imannya, kisah-kisah sahabat Rasulullah selalu menjadi cara untuk kembali meningkatkan keimanan. Ujian keimanan kita yang sekarang rasanya tidak seberapa jika dibandingkan dengan ujian para sahabat Rasulullah. Akan tetapi, mereka tetap teguh dengan imannya. Salah satu peristiwa bersejarah ada pada kisah Khubaib bin ‘Adi; pahlawan yang syahid di tiang salib dan oranag pertama yang menunaikan dua rakaat sunah sebelum subuh.
Tidak Kalah Istimewa, Inilah Peristiwa Bersejarah di Bulan Safar!
Siti Adidah 07/09/2023
Salah satu bulan yang sering dianggap bulan yang penuh kemalangan adalah Safar. Boleh jadi, anggapan ini juga terbesit dalam pikiran kita atau mungkin kita ikut meyakini hal tersebut. Meski sudah dibantah oleh Rasulullah dalam hadis riwayat Al-Bukhari Muslim dan Abu Dawud, masyarakat kita masih banyak yang beranggapan bahwa Safar adalah bulan di mana segala bala diturunkan.
10 Penyakit Hati yang Harus Disembuhkan!
Siti Adidah 06/09/2023
Salah satu penyakit yang tidak jauh berbahaya dari penyakit secara medis ada pada hati manusia. Penyakit ini memang tidak membuat sakit secara fisik, akan tetapi dapat membuat seseorang sulit melihat kebenaran. Macam-macam dari penyakit hati juga banyak dan bisa menjangkit siapa saja. Orang-orang yang memiliki penyakit hati terkadang dia tidak sadar kalau dirinya sakit.
Kisah Pedagang Kurma Masuk Surga Karena Anak Yatim
Siti Adidah 06/09/2023
Kisah-kisah Islami yang inspiratif menjadi alternatif kita untuk meningkatkan keimanan. Terlebih pada zaman Rasulullah, banyak kisah yang memotivasi dalam berbuat kebaikan. Untuk menuju jalan ke surga memang banyak sekali macamnya, seperti pada kisah seorang pedagang kurma yang masuk surga melalui anak yatim, yang kita ketahui bahwa anak yatim memang sangat dikasihi oleh Rasulullah dan barang siapa yang mengasihinya ia akan bersama Rasulullah di surga. Lantas bagaimana kisah seorang pedagang kurma bisa masuk surga karena anak yatim?
Hati-hati, Bahaya Hasad Bisa Menghanguskan Amal! Kenali Ciri-Cirinya
Siti Adidah 05/09/2023
Selain takabur, tamak, dan sombong, ada salah satu sifat yang cukup bahaya, yaitu hasad. Salah satu penyakit hati ini sering kali hadir dalam diri umat muslim, baik secara sadar maupun tidak. Hasad adalah sifat iri dengki yang biasa muncul dalam diri manusia karena tidak senang atau iri ketika orang lain memiliki sesuatu hal yang lebih daripada dirinya. Hasad juga bisa menimbulkan kebencian dan sulit berbuat kebaikan kepada orang yang ia dengki.
Sedekah Jariyah Pahalanya Mengalir Terus Tanpa Putus
Siti Adidah 04/09/2023
Salah satu upaya untuk beramal soleh adalah dengan sedekah. Kita tentu tahu bahwa sedekah memiliki banyak jenisnya. Setiap sedekah memiliki keutamaan yang berbeda. Salah satu sedekah yang sering disebut-sebut adalah sedekah jariyah.
Kalau Mengaku Cinta, Teladani Kebiasaan Rasulullah dalam Berbagi!
Siti Adidah 01/09/2023
Biasanya, kekaguman atau kecintaan kita terhadap sesuatu bisa mengubah kebiasaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketika kita mencintai idola kita, kita selalu ingin mengikutinya, selalu ingin membuatnya menjadi contoh, bahkan keseharian kita sering disangkutpautkan dengan hal tersebut. Lantas bagaimana dengan kita umat Islam, yang mengaku cinta kepada Rasulullah akan tetapi tidak mengikuti kebiasaan-kebiasaan beliau.
Ini Dia Pentingnya Bangun Pagi, Sampai-sampai Didoakan Rasulullah!
Siti Adidah 01/09/2023
Salah satu kebiasaan baik yang cukup sulit dilakukan untuk menjadi sebuah rutinitas sebagian orang adalah bangun pagi. Kadang-kadang, meskipun kita sudah mengetahui manfaatnya, banyak dari kita yang masih sulit untuk bangun pagi. Jadi apa saja sebenarnya manfaat bangun pagi?
Kisah Lelaki yang Salah Sasaran, Bersedekah untuk Pencuri, Pezina, dan Orang Kaya
Siti Adidah 28/08/2023
Setiap melakukan sedekah, hal yang kita pikirkan adalah semoga sedekah kita dapat diterima oleh Allah. Kita juga berharap semoga Allah meridai apa yang kita lakukan. Ada satu kisah menarik yang terjadi pada zaman Rasulullah. Kisah tentang seorang lelaki yang ingin bersedekah secara diam-diam akan tetapi salah sasaran. Kisah ini juga diriwayatkan dalam hadis Al-Bukhari.
Kisah Budak Masuk Surga Gara-gara Sedekah Setengah Kurma
Siti Adidah 28/08/2023
Anjuran bersedekah sudah ada sejak zaman Rasulullah. Bahkan, kisah-kisah inspiratif yang mendorong kita untuk terus bersedekah itu banyak sekali. Salah satu kisah yang memberikan hikmah kehidupan adalah kisah seorang budak yang ada di dalam rumah Rasulullah. Ia adalah seorang budak yang sudah dijamin masuk neraka. Akan tetapi, takdirnya berubah menjadi ahli surga. Bagaimana ini bisa terjadi? Apa sebetulnya yang ia lakukan sehingga mengubah takdirnya?
Jadi, Nikmat Mana Lagi yang Mau Kamu Dustakan!?
Siti Adidah 25/08/2023
Sebagai manusia biasa, sifat mengeluh pasti ada. Apalagi orang-orang semacam kita yang imannya sering naik turun. Lalu lalang persoalan di dunia membuat kita sering mengeluhkan sesuatu, entah mengeluh tentang keadaan atau rezeki yang sulit dicari. Kita ini juga kadang membandingkan siatuasi kita dengan orang lain. Seringkali juga merasa jadi orang paling bersusah.
Yukkk, Ajari Si Anak Bersedekah Sejak Dini!
Siti Adidah 24/08/2023
Mengapa pentingnya mengajari anak bersedekah sejak dini? Karena rasa ingin memberi tidak serta merta datang sendiri. Perlu adanya pemahaman dan pembiasaan. Sehingga ketika sudah dewasa, makna memberi menurut sang anak bukan sekadar perintah dari orang tua, melainkan tumbuh dalam dirinya untuk berlaku peduli dan belajar memanusiakan manusia.
Dahsyatnya Istigfar, Amalan Paling Ringan Tapi Sering Terabaikan!
Siti Adidah 24/08/2023
Istigfar adalah salah satu zikir untuk memohon ampun kepada Allah Swt.,. Bisa dibilang, istigfar juga merupakan amalan paling ringan yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Bagaimana tidak? Hampir semua aktivitas yang kita lakukan setiap hari, bisa dikerjakan sambil beristigfar.
Berjuang Menuju Kemerdekaan yang Hakiki, Bagaimana?
Siti Adidah 22/08/2023
Mencapai kemerdekaan yang hakikat merupakan misi Islam yang sudah diperjuangkan sejak zaman Rasulullah. Bagaimana ketika seorang Rasul yang diutus ke dunia untuk memberitahu kabar gembira tentang Islam dengan perjuangannya berharap manusia mendapatkan hidayah untuk beriman kepada Allah Swt.
Senin Bersama Rasulullah, Yuk Lebih Bergembira Menyambutnya!
Siti Adidah 21/08/2023
Hari Senin adalah hari di mana setiap orang mengawali aktivitasnya. Di samping itu, telinga kita mungkin tidak pernah asing dengan kalimat “Duh, Senin. Hari yang berat.” Lain hal dengan hari Jumat. Hampir semua orang menyenangi hari tersebut karena akan bertemu dengan weekend. Beberapa orang bilang, hari weekend adalah hari untuk recharge energi.
Dahsyatnya Sedekah Istri kepada Suami, Sekali Sedekah Dapat 2 Pahala!
Siti Adidah 21/08/2023
Salah satu hadis menyebutkan bahwa turunan sedekah yang benar adalah dimulai dari diri sendiri kemudian kepada keluarga atau kerabat dekat, setelah itu barulah kepada tetangga atau orang lain. Lalu bagaimanakah jika istri yang bersedekah untuk suami ?
Berlomba-Lomba dalam Kebaikan di Hari Kemerdekaan
Siti Adidah 18/08/2023
Berlomba-lomba dalam kebaikan artinya berusaha secara sadar dan maksimal tanpa mengenal lelah untuk melakukan amalan-amalan yang baik. Selain memeriahkan hari kemerdekaan dengan berbagai acara yang digelar, mari rayakan kemerdekaan dengan cara meningkatkan kualitas diri di hadapan Tuhan yang Maha Esa, yang juga sebagai bentuk rasa syukur.
4 Ide Sedekah Sederhana Tapi Berpahala Besar, Nomor 3 Sering Terlupakan!
Siti Adidah 18/08/2023
Pemikiran tentang bersedekah harus terpatok dengan materi saja itu mungkin sudah mengakar di sebagian kalangan masyarakat. Pemikiran seperti itu kemudian membentuk sikap bahwa seseorang yang tak berpenghasilan tidak mudah untuk bersedekah. Padahal, anjuran bersedekah ala Rasulullah sangat banyak sekali macamnya. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa amalan sedekah ini tak pernah dipatok berupa lembaran uang kertas atau gemerincing receh semata.
Jarang Diketahui! Inilah Sedekah Paling Manfaat untuk Orang Meninggal
Siti Adidah 16/08/2023
Semua sedekah yang ditunaikan atas nama orang yang sudah meninggal adalah baik. Akan tetapi sedekah dengan pahala jariyah bisa dilakukan dengan cara bersedekah sumur atau sumber mata air. Hadis ini memberikan pernyataan bahwa dengan bersedekah dalam bentuk sumur atau sumber mata air menjadi amal yang berkepanjangan, pahala yang diperoleh tentu akan terus mengalir kepada orang yang sudah meninggal.
Jebakan Itu Berupa Nikmat, Hati-Hati!
Siti Adidah 15/08/2023
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menjumpai orang-orang yang tidak beriman dan tidak taat kepada Allah Swt., tetapi memiliki banyak harta dan diliputi kebahagiaan dunia. Sebaliknya, kita sering melihat orang-orang yang rajin beribadah, taat kepada Allah Swt., akan tetapi rezekinya biasa-biasanya saja. Perlu kita pahami fenomena ini bahwasannya dalam Islam, hal itulah yang disebut istidraj. Ciri istidraj adalah ketika mendapatkan kenikmatan yang berlimpah padahal ia sendiri jarang melakukan ibadah.
Kemerdekaan Finansial Menurut Seorang Muslim, Simak Penjelasannya!
Siti Adidah 14/08/2023
Secara umum, merdeka finansial dipandang dari seberapa banyak kita memiliki uang atau pendapatan. Sebagian orang beranggapan bahwa merdeka finansial berarti suatu periode di mana seseorang sudah mampu memenuhi tujuan keuangan dalam hidup, baik memenuhi kebutuhan pendidikan, mempersiapkan biaya pensiunan, dan biaya-biaya lainnya yang menunjang kehidupan.
Ini Bedanya Infak dan Wakaf, Awas Keliru!
Siti Adidah 14/08/2023
Sebagai umat muslim, kita juga diajarkan untuk menyisihkan rezeki yang kita miliki. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah infak dan wakaf. Bukan tanpa alasan, karena kedua amalan ini memiliki banyak sekali keutamaan. Tapi, tahukah sahabat? Meski sama-sama memiliki keutamaan dan tujuan yang serupa, yakni untuk membantu orang yang sedang membutuhkan, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Simak perbedaannya!
Kisah Pasangan Suami Istri yang Mendadak Kaya di Zaman Nabi Musa
Siti Adidah 11/08/2023
Tidak ada amalan baik yang sia-sia jika dilakukan dengan ikhlas. Segala sesuatu akan mendapatkan balasannya. Seperti halnya kisah suami istri di zaman Nabi Musa. Menyimak kisah ini akan membuat kita mengambil banyak pembelajaran hidup.
Tercatat dalam Al-Qur’an, Penyebab Manusia Tidak Mau Bersedekah!
Siti Adidah 10/08/2023
Tidak bisa dipungkiri mungkin sebagian dari kita masih berpikir bahwa bersedekah hanya bisa dilakukan ketika memiliki banyak harta. Lain dari itu, boleh jadi masih banyak yang berfikir bahwa bersedekah adalah cara membuat harta berkurang. Kadang-kadang kita sebagai manusia menghitung-hitung nominal yang kita keluarkan untuk bersedekah, akan tetapi jarang memperhitungkan harta yang masuk. Kita belum sampai berpikir bahwa harta yang kita miliki itu ada hak orang lain di dalamnya. Maka perlu dikeluarkan, salah satunya dengan bersedekah.
Sedekah Dibarengi Tiga Hal Ini Dijamin Masuk Surga
Siti Adidah 09/08/2023
Keutamaan bersedekah menjadi sangat penting ketika amalan tersebut dibarengi dengan puasa, mengantar jenazah, dan menjenguk orang sakit. Seorang muslim jika dalam satu hari sedekah dibarengi dengan puasa, mengantar jenazah, dan menjenguk orang sakit, pelakunya dijamin masuk surga oleh Allah Swt.,
Lima Adab dalam Infak dan Sedekah
Siti Adidah 08/08/2023
Bersedekah dan berinfak juga merupakan salah satu amal yang sering dianjurkan oleh Rasulullah, bukan tanpa alasan, melainkan karena bersedekah dan berinfak memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat banyak. Namun demikian, agar menjadi berkah, lakukan lima adab ini sebelum berinfak dan bersedekah.
Enam Fungsi Zakat dalam Islam
Siti Adidah 07/08/2023
Selain untuk membersihkan jiwa dan harta, dengan berzakat juga dapat mengoptimalkan pengentasan kemiskinan, karena orang-orang yang berzakat disalurkan kepada penerima zakat dan tepat sasaran, seperti kepada fakir, miskin, riqab, gharim, musafir, muallaf, fisabilillah, dan ibnu sabil. Maka dari itu, sebelum menunaikan zakat, kita juga perlu mengetahui fungsi-fungsi zakat, yakni:
Selain Berpahala, Sedekah Juga Menolak Bala
Siti Adidah 07/08/2023
Perintah bersedekah sudah ada sejak zaman Rasulullah. Rasulullah saw., adalah orang yang sangat gemar bersedekah. Selain mendapatkan pahala, dengan bersedekah juga membuat kita menyadari tentang pentingnya membantu orang lain dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat. Tak lepas dari itu, selain bisa mendekatkan diri kita kepada Allah Swt., bersedekah juga mampu menolak bala, mampu menjaga orang-orang yang gemar bersedekah.
Ancaman bagi Orang yang Enggan Membayar Zakat
Siti Adidah 04/08/2023
Betapa pentingnya membayar zakat, sehingga anjuran berzakat berkali-kali disebutkan dalam Al-Qur’an. Namun demikian, tidak sedikit pula umat muslim yang lalai dalam menunaikan zakat padahal mampu. Sifat kikir seorang muslim yang biasanya menjadi penghalang dalam menunaikan zakat, enggan mengeluarkan hartanya. Padahal, salah satu manfaat berzakat adalah untuk menyucikan diri.
Umar bin Khattab dan Wakaf Tanah Khaibar
Siti Adidah 03/08/2023
Dalam sejarah Islam, wakaf dikenal sejak masa Rasulullah karena wakaf disyariatkan setelah Nabi ke Madinah pada tahun ke-2 Hijriyah. Rasulullah dan para sahabat banyak yang berlomba mewakafkan harta yang dicintainya untuk dimanfaatkan di jalan Allah. Salah satunya adalah wakaf tanah Khaibar oleh Umar bin Khattab. Khaibar adalah nama kota besar yang berkebun luas dan berbenteng kokoh letaknya di sebelah Timur laut kota Madinah.
Sedekah Tidak Perlu Menunggu Kaya
Siti Adidah 02/08/2023
Rasulullah selalu menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Ternyata, untuk bersedekah tidak perlu menunggu punya harta yang banyak. Tidak pula menunggu kaya baru boleh berbagi. Bersedekah pada orang lain sungguh tidak akan merugi, karena Allah pasti akan memberikan balasan yang lebih.
Ternyata Pernah Ada Zakat yang Ditolak oleh Allah Swt
Siti Adidah 01/08/2023
Pada masa Rasulullah, hiduplah seorang sahabat yang sangat rajin beribadah, ia bernama Tsalabah bin Hatif Al-Anshari. Tsalabah adalah orang yang sangat miskin. Sampai-sampai kain untuk salat pun harus bergantian dengan istrinya. Suatu hari, Tsalabah merajuk kepada Rasulullah agar didoakan menjadi orang kaya, sehingga ia bisa lebih optimal dalam beribadah kepada Allah Swt. Ia berjanji kepada Rasulullah jika kaya, ia akan menggunakan kekayaannya itu untuk kepentingan di jalan Allah Swt.,
Sedekah Jariyah dengan Ilmu
Siti Adidah 31/07/2023
Secara umum, banyak dari kita yang masih berpikir bahwa sedekah hanyalah berbentuk harta atau makanan yang bisa dibagi kepada sesama. Padahal, selain daripada harta atau makanan, banyak hal yang juga disebut sedekah, seperti menyumbang tenaga untuk membantu orang lain, mengajarkan ilmu pengetahuan, bahkan senyum ikhlas yang kita tunjukkan kepada orang lain itu juga bagian dari sedekah.
Tiket ke Syurga dengan Berwakaf
Siti Adidah 26/07/2023
Perintah berwakaf sudah disyariatkan sejak zaman Rasulullah. Keutamaan berwakaf menjadi amal jariyah bagi sang wakif. Selain amal jariyah, berwakaf juga mengingatkan kita bahwa setiap harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Wakaf juga bisa membantu kita dalam menabung pahala untuk ke surga kelak.
Cara Si Kaya Bersedekah
Siti Adidah 25/07/2023
Pada zaman Rasulullah saw., hidup seorang sahabat yang bernama Abdurrahman bin Auf. Selain dikenal karena kepatuhannya kepada Rasulullah, Abdurrahman bin Auf juga dikenal karena kekayaannya, dan dia selalu mendermakan kekayaannya di jalan Allah. Abdurrahman bin Auf selalu mendermakan hartanya dengan ikhlas demi menegakkan agama Allah.
Kenapa Disunahkan Puasa di Tanggal 10 Muharram?
Siti Adidah 24/07/2023
Muharram adalah bulan mulia yang memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan pada bulan ini adalah memiliki hari Asyura. Hari Asyura adalah hari ke- 10 pada bulan Muharram dalam kalender Hijriah. Pada hari ini, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunah puasa. Mengapa demikian?
Kisah Budak dan Sedekah Kalung Putri Rasulullah
Siti Adidah 21/07/2023
Pada zaman Rasulullah, banyak sekali kisah-kisah yang menginspirasi dan memberikan contoh tentang pentingnya bersedekah. Selain kisah Abdurrahman bin Auf, sahabat Rasul yang terkenal dermawannya, kisah putri Rasulullah juga sangat patut untuk diteladani, yakni Sayyidah Fatimah az-Zahra.
Bagaimana Islam Mengistimewakan Anak Yatim?
Siti Adidah 20/07/2023
Anak yatim menjadi sangat mulia karena Allah Swt., menyebutnya berkali-kali dalam Al-Qur’an. Mulai dari surah Al-Baqarah ayat 220, An-Nisa ayat 36, Al-Insan ayat 8, Al-Ma’un ayat 1-2, dan masih banyak lagi ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang anak yatim, disebutkan lebih dari 20 kali dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an secara tegas mengatakan bahwa anak yatim adalah sosok yang harus disayangi, dikasihi, dan diperhatikan. Lalu bagaimana Islam mengistimewakan anak yatim?
Amalan bagi Wanita Haid agar Mendapat Keutamaan Bulan Muharram
Siti Adidah 20/07/2023
Salah satu amalan sunah yang paling utama pada bulan Muharram adalah puasa. Namun demikian, masih banyak amalan-amalan lain yang bisa dilakukan. Tapi bagaimanakah dengan wanita haid? Apakah mereka masih bisa mendapatkan keutamaan pada bulan Muharram?
Lebaran Yatim Telah Tiba, Ajak Mereka Berbahagia!
Siti Adidah 18/07/2023
Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, yaitu hari raya anak-anak yatim. Idul Yatama adalah hari untuk membahagiakan anak-anak yatim. Sebagian besar masyarakat Indonesia merayakan tradisi ini salah satunya dengan memberikan santunan kepada anak yatim. Namun demikian, adanya momentum Idul Yatama ini bukan berarti dalam membahagiakan anak yatim hanya di hari tersebut.
Kisah Rasulullah dan Anak Yatim yang Lusuh
Siti Adidah 18/07/2023
Menjadi yatim bukan sebuah pilihan, itu sudah menjadi takdir Allah. Ketika anak-anak di luar sana masih bisa bermain dengan ayahnya, ada seorang anak yang tersiksa rindu terhadap orang tuanya yang telah wafat. Namun demikian, Allah sangat memuliakan anak-anak yatim, dan anak yatim adalah sosok yang harus dicintai dan dibahagiakan. Seperti kisah Rasulullah yang bertemu anak yatim di hari raya Idulfitri.
Ini 6 Keistimewaan Bulan Muharram yang Jarang Diketahui
Siti Adidah 14/07/2023
Sebagai seorang muslim, tentu kita tahu bulan apa saja yang kehadirannya memiliki banyak keistimewaan. Selain karena banyak peristiwa penting yang terjadi, pada bulan tersebut Allah Swt., juga memberikan banyak rahmatnya. Salah satunya pada bulan Muharram. Bulan ini menjadi bulan yang memiliki banyak keistimewaan. Apa sajakah keistimewaan yang terjadi di bulan Muharram?
Deretan Peristiwa Penting yang Terjadi di 10 Muharram
Siti Adidah 13/07/2023
Muharram adalah salah satu bulan yang diistimewakan. Selain memiliki banyak keutamaan dan amalan-amalan baik, pada bulan ini juga memiliki sejarah Islam yang luar biasa dan patut untuk dijadikan pelajaran hidup. Banyak peristiwa penting yang dialami para Nabi pada bulan ini. Khususnya peristiwa yang terjadi di balik 10 Muharram. Oleh karena itu, sudah sepatutnya umat muslim menyambut baik dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya.
Beragam Ibadah yang Dianjurkan Saat Muharram!
Siti Adidah 12/07/2023
Selain amalan puasa, berikut beberapa amalan sunah yang bisa dikerjakan oleh umat muslim di Bulan Muharram.
Mengenal Apa Itu Wakaf dan Tujuannya
Siti Adidah 11/07/2023
Wakaf adalah salah satu amalan yang mulia di sisi Allah Swt. Pahala wakaf akan terus mengalir kepada orang yang menjalankan amalan tersebut. Secara bahasa, wakaf berasal dari kata “wakafa” yang artinya “menahan” atau “berhenti” atau “diam di tempat.” Lalu seperti apakah wakaf dan tujuannya?
Benarkah Wudu Mampu Menggugurkan Dosa?
Siti Adidah 10/07/2023
Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak memiliki dosa. Setiap manusia pasti pernah khilaf dan melakukan kesalahan. Namun, setiap manusia juga ingin mengharapkan rida dan ampunan dari Allah Swt. Adakah amalan atau ibadah yang dapat menghapus dosa tersebut?
Luar Biasanya Kisah-kisah di Dalam Surah Al-Kahfi
Siti Adidah 06/07/2023
Selain keutamaan yang terkandung dalam surah Al-Kahfi, surah tersebut juga mengandung kisah yang sangat inspiratif di dalamnya. Arti dari surah Al-Kahfi adalah gua. Dikenal juga dengan sebutan lain yakni Ashabul Kahf yang artinya penghuni-penghuni gua. Ada beberapa kisah di balik surah Al-Kahfi yang memiliki 110 ayat ini.
Inilah Jenis Zakat yang Wajib Ditunaikan!
Siti Adidah 06/07/2023
Sebelum menunaikan zakat, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis zakat terlebih dahulu, karena berzakat tidak bisa asal ditunaikan. Ada syarat dan ketentuannya sesuai dengan jenis zakat.
Bolehkah Beribadah Kurban Secara Online?
Siti Adidah 27/06/2023
Berkembangnya dunia teknologi banyak mengubah cara kerja manusia, baik dari segi pekerjaan, jual beli, dan aktivitas lainnya. Kini, dengan adanya teknologi memudahkan orang-orang dalam melakukan sesuatu, seperti bersedekah, wakaf, dan berzakat yang juga sudah bisa dilaksanakan secara online. Lalu bagaimana dengan ibadah berkurban, apakah bisa dilakukan secara online?
Bagaimana Hukumnya Hewan Kurban Mendadak Cacat Jelang Penyembelihan?
Siti Adidah 27/06/2023
Sebelum proses penyembelihan, masyarakat yang sudah siap berkurban perlu diimbau untuk mencari hewan kurban yang bagus, yang tidak cacat, dan baik dari segala hal. Ibadah berkurban adalah persembahan untuk Allah Swt., atas nikmat yang telah diberikan dan atas rasa syukur kita sebagai hamba. Oleh karena itu, hewan yang akan dikurbankan harus dalam keadaan baik. Lantas bagaimana dengan hewan yang sudah baik dan sehat sejak awal, tetapi mendadak cacat ketika hendak disembelih?
Hukum Menghadiahkan Pahala Kurban untuk Orang Lain
Siti Adidah 26/06/2023
Berkurban adalah ibadah yang di dalamnya memiliki banyak hikmah, salah satunya saling berbagi antarsesama. Salah satu rukun sah dalam berkurban adalah niat berkurban dengan menyebut nama Allah Swt. Lalu bagaimana dengan pahala kurban yang dihadiahkan untuk orang lain?
Ini Dia Bagian Hewan Kurban yang Baik untuk Diambil!
Siti Adidah 26/06/2023
Setiap yang berkurban boleh mengambil daging kurban, yaitu sepertiga bagian. Setelah itu dibagikan kepada golongan yang berhak menerima kurban. Lalu bagian mana saja yang bisa diambil ?
Kamu Harus Tahu, Ini Dahsyatnya Sedekah Subuh!
Siti Adidah 23/06/2023
Kita sudah tidak asing lagi dengan kalimat “ayo sedekah subuh!”. Bahkan mungkin banyak dari kita yang sering mendapatkan broadcast perihal anjuran sedekah subuh. Selain broadcast, biasanya di berbagai media yang kita miliki juga mengajak untuk sedekah subuh. Sebetulnya kenapa dengan waktu subuh? Kenapa lebih dianjurkan? Kenapa tidak dzuhur atau maghrib, misalnya.
Kurban Online Bersama LAZ Al Azhar, Cara Mudah Kirimkan Daging Hingga Pelosok Desa
Siti Adidah 22/06/2023
Demi memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para pekurban LAZ Al Azhar turut menyediakan layanan kurban online yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Berkurban dapat dilakukan secara langsung dari rumah dengan berbagai opsi pembayaran yang mudah. Adapun pendistribusian daging kurban tersebar di 14 titik provinsi yang ada di Indonesia hingga ke daerah-daerah tempat tinggal keluarga duafa, bahkan sampai ke pelosok desa.
Kurban Dulu atau Akikah Dulu?
Siti Adidah 22/06/2023
Lalu, mana yang harus didahulukan? Kurban dulu atau akikah dulu? Ini tergantung situasi dan kondisi. Kurban adalah salah satu ibadah sunnah muakad. Pelaksanaannya pun ditujukan kepada objek yang sudah mampu untuk berkurban. Orang yang sudah mampu berkurban, maka dianjurkan untuk melaksanakan ibadah tersebut.
Begini Cara Potong Hewan Kurban Sesuai Syariat dan Sering Diabaikan
Siti Adidah 21/06/2023
Setiap ibadah yang dilaksanakan umat Islam mempunyai aturan dan tata caranya. Artinya, tidak bisa asal melaksanakan tanpa memerhatikan aturan-aturan yang berlaku. Ibadah kurban, tidak akan sah atau tidak akan diterima jika pelaksanaannya tidak memerhatikan hukum-hukum Islam. Lalu bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat?
Inilah Golongan yang Berhak Mendapatkan Daging Kurban!
Siti Adidah 20/06/2023
Berkurban adalah ibadah yang besar pahalanya di sisi Allah Swt. Dengan berkurban tandanya umat Islam sedang mencurahkan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. Sebelum melaksanakan ibadah berkurban, tentulah harus mengetahui golongan-golongan yang berhak menerima daging kurban. Ibadah kurban tidak hanya sampai pada penyembelihan lalu selesai, melainkan perlu diperhatikan juga tata cara pembagiannya agar daging kurban yang dibagikan juga tidak salah sasaran.
Ini Jenis Hewan yang Paling Afdal untuk Kurban!
Siti Adidah 19/06/2023
Sebagai seorang muslim dan sebagai orang yang dimampukan untuk berkurban, tentu harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan ibadah tersebut. Tidak hanya tentang hukumnya, tentang tata cara penyembelihan, melainkan juga mengetahui hewan kurban yang seperti apa yang sebetulnya lebih afdal untuk dikurbankan. Apakah semua hewan ternak itu afdal untuk dikurbankan? Atau ada ketentuan lain sehingga hewan tersebut terbilang lebih afdal untuk dikurbankan.
Kisah Thalhah bin Ubaidillah, Sahabat Pemberani yang Dijamin Masuk Surga
Siti Adidah 16/06/2023
Dalam hal ini jelas adanya bahwa meneladani kisah sahabat Rasulullah akan membuat kita, umat sekarang mendapatkan pelajaran yang berharga, salah satunya meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. Salah satu generasi terdahulu yang masuk Islam adalah sahabat Rasulullah bernama Thalhah bin Ubaidillah melalui perantara Abu Bakar Sidiq.
Istimewanya 10 Hari Pertama Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Arafah Jangan Sampai Terlewat!
Siti Adidah 14/06/2023
Hadirnya bulan Dzulhijjah bukan sekadar agar kaum muslimin mengingat sejarah luar biasa yang terjadi pada bulan tersebut. Lebih dari itu, bulan ini kemudian menjadi ajang untuk fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan), salah satunya meningkatkan ibadah dan kedekatan kepada Allah Swt. Pada bulan ini terdapat waktu tertentu untuk melaksanakan amalan istimewa. Apa sajakah amalan tersebut?
Kenapa Muslimah Harus Berpendidikan Tinggi?
Siti Adidah 13/06/2023
Jauh sebelum abad-21, pendidikan untuk perempuan menjadi momok yang cukup menakutkan. Pasalnya, budaya-budaya kolot yang mengekang hidup perempuan dan membatasi hanya pada ranah domestik saja. Bagi sebagian orang, pendidikan tinggi itu tidak terlalu penting untuk perempuan, karena setinggi-tingginya pendidikan perempuan, tempatnya adalah menjadi ibu rumah tangga. Lalu mengapa muslimah harus memiliki pendidikan tinggi?
Jangan Potong Rambut dan Kuku Sebelum Kurban!
Siti Adidah 09/06/2023
Hal yang disunahkan untuk tidak dilakukan seorang muslim yang hendak berkurban yaitu memotong kuku dan rambut di awal bulan Dzulhijjah hingga setelah menyembelih hewan kurban. Lalu seperti apa hikmah yang terkandung dalam anjuran tersebut?
Kisah Sahabat Nabi yang Ingin Miskin Tapi Selalu Gagal
Siti Adidah 07/06/2023
Di saat banyak manusia yang selalu merasa kurang dan ingin memiliki segalanya, Abdurrahman bin Auf justru ingin menjadi seorang yang miskin. Seperti apakah sosok Abdurrahman bin Auf?
Puasa Arafah, Puasa Satu Hari Hapus Dosa Selama 2 Tahun
Siti Adidah 05/06/2023
Puasa Arafah adalah salah satu ibadah yang memiliki keutamaan besar dalam agama Islam. Lalu apa itu puasa Arafah? Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang merupakan salah satu hari dari bulan haji. Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar, karena pada hari tersebut juga terdapat ibadah wukuf di Arafah bagi jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekah.
Sedekah: Kunci Menuju Keberkahan dan Kebaikan Tanpa Batas
Siti Adidah 31/05/2023
Sedekah merupakan salah satu konsep penting dalam Islam. Secara harfiah, sedekah berarti memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang lain dengan niatan ikhlas dan tanpa mengharapkan balasan. Sedekah tidak hanya terbatas pada pemberian harta, tetapi juga bisa berupa waktu, tenaga, atau kebaikan lainnya. Sedekah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.
Ambil Kesempatan Terbaik untuk Kurban di LAZ Al Azhar!
Siti Adidah 29/05/2023
Kurban dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat kehidupan yang telah diberikan. Selain itu, melalui pelaksanaan kurban, umat Muslim mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS sebagai bentuk pengabdian. Sungguh luar biasa iman yang dimiliki Nabi Ibrahim ketika Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih putra kesayangannya, yaitu Nabi Ismail AS, sebagai tebusan pada hari An-Nahr (Iduladha).
Niat dan Tata Cara Penyembalihan Hewan Kurban
Siti Adidah 23/05/2023
Kurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Setiap tahun, umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Iduladha dengan menyembelih hewan kurban sebagai bentuk pengorbanan diri dan ketaatan kepada Allah SWT. Dalam menjalankan ibadah kurban, ada tata cara dan doa yang harus dipatuhi sesuai dengan ajaran Islam. Lalu bagaimana tatacara penyembelihan hewan kurban dan doa yang harus dibaca?
Kisah Uwais Al Qarni, Penghuni Langit yang Tulus Mencintai Ibunya
Siti Adidah 22/05/2023
Uwais Al-Qarni, sosok yang disebut-sebut sebagai anak yang penuh kebaktian kepada ibunya, adalah salah satu figur penting dalam sejarah Islam. Lalu bagaimanakah kisahnya?
Hikmah Berzakat
Siti Adidah 19/05/2023
Berdasarkan Al-Qur'an kata zakat juga disebutkan sebanyak 30 kali dan 27 diantaranya disandingkan dengan salat. Dari beberapa keutamaan zakat, terdapat juga hikmah zakat yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhannya maupun dengan sesama manusia, apa sajakah?
Manfaat Berkurban Ternyata Dapat Perkuat Ikatan Keluarga, Loh!
Siti Adidah 16/05/2023
Kurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak manfaat keberkahan. Ketika seseorang melaksanakan kurban dengan niat yang tulus dan ikhlas, ia akan merasakan hadirnya keberkahan dalam hidup. Keberkahan ini dapat muncul dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan, rezeki, dan keluarga.
Wah, Ternyata Zakat Bisa Jadi Pengurang Pajak Loh!
Siti Adidah 15/05/2023
Apa iya zakat dapat jadi pengurang pajak? Mungkin sebagian dari para sobat zakat LAZ Al Azhar masih bertanya tentang hal tersebut. Jadi, dilansir dari klikpajak.id, Pemerintah Republik Indonesia telah mengaturnya dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2010 tentang zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto. Sedangkan untuk ketentuan zakat diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.
5 Hikmah Berkurban Wujudkan Kebahagiaan
Siti Adidah 12/05/2023
Ibadah kurban sendiri mengandung empat dimensi kebaikan yakni dimensi tauhid, sosial, spiritual, dan moral. Terdapat banyak nilai hikmah yang bisa dipetik dari ibadah kurban.
Cara Mudah Hitung Zakat Penghasilan
Siti Adidah 10/05/2023
Zakat penghasilan diwajibkan bagi para pekerja yang sudah menerima upah atau gaji sebagaimana diwajibkan kepada pedagang maupun petani. Dalam Al-Qur’an disebut dengan Al Kasbu, yang bermakna zakat dikenakan pada sesuatu yang diusahakan.
Pengertian dan Jenis Zakat dalam Islam
Siti Adidah 28/04/2023
Berbicara mengenai zakat, tentu sudah tidak asing terdengar bagi seorang muslim. Zakat termasuk ke dalam salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan bagi seseorang yang telah memenuhi syarat-syarat untuk berzakat. Lalu ada berapa jenis zakat?
Dapatkan Keuntungan Berzakat Melalui LAZ Al Azhar
Siti Adidah 18/04/2023
Di Indonesia ada banyak sekali lembaga amil zakat yang mengelola dana zakat secara profesional dan komprehensif. Selain itu lembaga amil zakat juga menerima dan mengelola dana lain seperti infak, sedekah, wakaf, maupun dana sosial keagamaan lainnya. Salah satu lembaga yang sudah terbukti amanah dan profesional dalam mengelola zakat yaitu LAZ Al Azhar. Berikut keutamaan yang didapatkan jika kamu berzakat melalui LAZ Al Azhar.
Apa Bedanya Zakat Fitrah dan Zakat Mal?
Siti Adidah 13/04/2023
Menurut Islam, secara umum jenis zakat terbagi menjadi dua, yakni zakat fitrah dan zakat mal. Keduanya sama-sama wajib ditunaikan bagi umat muslim. Tapi, tahukah kamu jika zakat fitrah dan zakat mal memiliki beberapa perbedaan?
20 Nasehat Buya Hamka Tentang Kehidupan yang Membuat Hati Sejuk
Siti Adidah 12/04/2023
Sebagai seorang ulama, Buya Hamka kerap membuat beberapa nasehat yang penuh makna. Berikut 20 nasehat Buya Hamka tentang kehidupan yang membuat hati sejuk
4 Tips Biar Enggak Ngantuk Setelah Subuh
Siti Adidah 12/04/2023
Salah satu godaan berat bagi kita yang sedang menjalankan puasa adalah ngantuk. Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan agar tidak ngantuk setelah subuh? Simak selengkapnya.
12 Quotes Buya Hamka Tentang Cinta
Siti Adidah 11/04/2023
Dikenal sebagai seorang ulama besar di Indonesia pada masanya, orang yang mempunyai nama lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah ini tampaknya tidak hanya pandai dalam membuat nasehat mengenai kehidupan. Namun Buya Hamka juga kerap membuat quotes tentang cinta yang dapat dijadikan pembelajaran bagi generasi sekarang.
Siapakah Buya Hamka? Yuk, Kenal Lebih Dekat
Siti Adidah 10/04/2023
Dikenal dengan nama Buya Hamka, orang yang mempunyai nama lengkap Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah merupakan seorang ulama, budayawan, dan sastrawan Indonesia. Lalu bagaimana biografi lengkapnya?
Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadan
Siti Adidah 10/04/2023
Menghidupkan Ramadan pada hari-hari terakhir merupakan kebaikan yang lebih baik dari hari-hari yang lain. Maka dari itu pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan kita harus memaksimalkan ibadah, serta memohon ampun pada Allah SWT. Sepuluh hari terakhir merupakan penutup bulan Ramadan yang penuh berkah dan setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya. Di bawah ini terdapat empat ibadah yang bisa kamu kerjakan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan:
Puasa Tapi Tidak Salat, Bagaimana Ketentuannya?
Siti Adidah 06/04/2023
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Bulan dimana segala ibadah maupun perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Banyak orang berlomba-lomba memanen kebaikan yang ada di bulan Ramadan.
6 Amalan Bulan Ramadan, Nomor 3 Sering Ditinggalkan!
Siti Adidah 05/04/2023
Banyak orang berlomba-lomba fastabiqul khairat selama Ramadan. Berikut 6 amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan sebagai bagian dari fastabiqul khairat.
Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan
Siti Adidah 04/04/2023
Penting dari kita untuk menjaga kesehatan jasmani di bulan Ramadan. Meskipun ada kewajiban puasa, tetapi bukan alasan bagi kita untuk tidak menjaga kesehatan.
Tips Pilih Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa
Siti Adidah 31/03/2023
Jika tidak dipilih secara baik, makanan yang dikonsumsi saat berbuka akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Maka, ada baiknya jika kita memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat saat berbuka, karena hal ini mampu mengembalikan energi dan menjaga kesehatan pencernaan.
Ini Dia Ganjaran Pahala Bagi yang Memberi Makan Orang Berpuasa
Siti Adidah 30/03/2023
Banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan untuk memuliakan bulan Ramadan, salah satunya dengan memberi makan orang yang berpuasa. Lalu bagaimana ganjaran pahala yang akan diperoleh?
6 Kegiatan Ngabuburit Seru di Bulan Ramadan
Siti Adidah 29/03/2023
Ngabuburit menjadi kegiatan yang biasa dilakukan saat menunggu waktu untuk berbuka puasa. Berbagai macam aktivitas dilakukan agar waktu tidak terasa lama, karena di waktu inilah seringkali rasa lapar dan haus akan datang. Tradisi ngabuburit akan lebih seru jika kita mulai melakukan hal ini lho!
Siapakah yang Berhak Mendapatkan Keringanan Puasa?
Siti Adidah 29/03/2023
Rukhsah puasa atau keringanan untuk tidak berpuasa dalam kondisi tertentu dapat diberikan kepada seorang muslim, akan tetapi hal ini juga tidak dapat dijadikan alasan untuk seseorang meninggalkan kewajiban puasa di bulan Ramadan.
Tips Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadan
Siti Adidah 27/03/2023
Seringkali kita merasa agak kesulitan membagi waktu untuk tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadan. Terlebih jika kita mempunyai kesibukan seperti bekerja, sekolah, kuliah, dan lain sebagainya. Meski demikian, mengkhatamkan Al-Qur’an bukanlah menjadi hal yang mustahil dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan:
Tidurnya Orang Puasa Bisa Dapat Pahala, Benarkah?
Siti Adidah 27/03/2023
Pertanyaan tersebut mungkin tidak asing terdengar atau bahkan pernah terbesit dalam diri kita. Lalu apakah tidurnya orang yang tengah berpuasa dapat menjadi pahala?
Bulan Puasa Mager Ngapa-Ngapain? Yuk, Lakukan Kegiatan Ini Biar Tetap Produktif!
Siti Adidah 24/03/2023
Perubahan pola aktivitas yang dilakukan sehari-hari selama Ramadan, setidaknya akan mengubah kegiatan harian dan membutuhkan penyesuaian. Yuk, intip kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan!
Baca Doa Ini, Sebelum Masuk Bulan Ramadan
Siti Adidah 17/03/2023
Jika persiapan menyambut Ramadan telah rampung, jangan lupa untuk membaca doa khusus ini! Kesempatan yang hanya datang satu kali dalam satu tahun ini, jangan sampai menjadi hal yang sia-sia. Maka, sebaiknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Begini Gaya Sedekah Ala Fatimah Az Zahra, Putri Rasulullah SAW
Siti Adidah 14/03/2023
Putri Rasulullah Fatimah Az-Zahra terkenal begitu lembut, memiliki kepribadian yang sabar, suka menolong, dan penyayang. Lalu bagaimanakah kisahnya yang begitu menginspirasi?
Ini Dia Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh!
Siti Adidah 13/03/2023
Sedekah menjadi salah satu amalan yang begitu dicintai oleh Allah SWT. Meskipun tidak ada batasan waktu untuk seseorang bersedekah, karena sedekah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, dengan bersedekah di waktu subuh ternyata memiliki keutamaan tersendiri loh!
Siapakah yang Berhak Mendapatkan Keringanan Puasa?
Siti Adidah 10/03/2023
Terdapat 7 golongan orang yang mendapat rukhsah puasa Ramadan, siapa sajakah mereka?
Bagaimana cara Mengqadha Puasa untuk Perempuan Hamil?
Siti Adidah 07/03/2023
Bagi perempuan hamil dan menyusui diperbolehkan untuk meninggalkan puasa Ramadan dengan syarat harus menggantinya di hari lain. Karena pada prinsipnya, setiap ibadah yang dilakukan umat Islam mampu memberi manfaat. Disamping itu, tidak ada ibadah yang diberatkan kepada umat, juga termasuk pada ibadah puasa di bulan Ramadan.
Sambut bulan Sya’ban dengan Membaca Doa Ini!
Siti Adidah 20/02/2023
Menjelang puasa Ramadan, kita akan bertemu dengan bulan Syaban. Pada bulan Syaban sendiri terdapat malam yang begitu istimewa yakni malam Nisfu Syaban atau disebut juga sebagai Lailatul Bara’ah yang artinya malam pengampunan dosa. Dimana pada malam Nisfu Syaban Allah SWT akan mengangkat segala amal perbuatan manusia dan memberikan ampunan bagi hamba-Nya yang meminta. Maka, jangan sampai kita melewatkan kesempatan luar biasa yang hadir di malam Syaban. Lalu kapan jatuhnya 1 Syaban di tahun 2023?
Cara Menghabiskan Waktu dengan Bijak
Siti Adidah 17/02/2023
Waktu berjalan terkadang begitu cepat dan tidak terasa habis begitu saja. Namun, tidak jarang juga seseorang akan merasakan waktu berjalan begitu lambat dan meninggalkan kebosanan. Padahal waktu setiap harinya berjalan dalam detik, menit, dan jam yang sama yaitu selama 24 jam. Jadi, sebenarnya apa yang membuat waktu begitu terasa berbeda setiap harinya?
Isra Mikraj dan Hikmahnya
13/02/2023
Peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad memiliki sejumlah hikmah dan pelajaran yang luar biasa. Momentum yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab ini menjadi hal yang penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Isra Mikraj jatuh pada tanggal 18 Februari 2023 mendatang.
Selagi Masih Ada Waktu, Yuk Perbanyak Amalan Ini di Bulan Rajab!
Siti Adidah 06/02/2023
Bulan Rajab menjadi bulan istimewa karena pada bulan ini semua amal ibadah mendapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT. Disamping itu terdapat kemuliaan lainnya pada bulan Rajab yaitu terjadinya berbagai peristiwa bersejarah dalam Islam dan juga bulan yang dekat dengan bulan Ramadan.
10 cara Para Sahabat Persiapkan diri sambut bulan Ramadan
Siti Adidah 06/02/2023
Sebagai upaya mencapai keberhasilan dalam memperoleh keutamaan di bulan Ramadan, ada baiknya jika kita mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 H dengan meneladani kebiasaan para sahabat Nabi Muhammad SAW. Lalu bagaimanakah persiapan yang dilakukan para sahabat?
Masih Punya Hutang Puasa Ramadan? Yuk, Segera Lunasi, Sob!
Siti Adidah 27/01/2023
Ramadan tinggal menghitung hari, sudahkah hutang puasa kamu dilunasi? Ibadah puasa Ramadan wajib dilakukan oleh setiap muslim. Bagi mereka yang tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan karena udzur syar’i atau halangan yang dibenarkan syariat, maka diwajibkan untuk membayar puasa tersebut dengan melakukan ibadah puasa pengganti di bulan lain atau di luar bulan Ramadan.
Sebelum Penyesalan Tiba, Manfaatkanlah Waktumu Untuk Berbakti
Siti Adidah 20/01/2023
Berbakti terhadap orang tua dalam Islam dikenal dengan ‘Birrul walidain’ dan hal ini diwajibkan kepada setiap anak. Selagi kedua orang tuanya masih hidup, ada beberapa kewajiban yang bisa dilakukan sang anak. Satu kewajiban utama adalah menaati semua perintahnya. Dengan catatan perintah tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah SWT.
Memperbaiki Salat Sama Dengan Memperbaiki Hidup
Siti Adidah 17/01/2023
Salat adalah salah satu cara untuk memperbaiki hidup, sebab salat secara bahasa berarti doa. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa salat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Oleh karena itu, jika kesusahan ingin cepat berlalu dari kehidupan maka senantiasalah untuk selalu memperbaiki salat.
Belum Bayar Fidyah? Yuk, Tunaikan Sekarang juga!
Siti Adidah 16/01/2023
Fidyah dalam pengertian KBBI merupakan denda yang harus dibayar oleh seseorang (biasanya dengan bahan makanan pokok seperti beras dan sebagainya). Hal ini dilakukan karena meninggalkan salat atau puasa yang disebabkan oleh penyakit menahun, penyakit tua, dan sebagainya.
Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat
Siti Adidah 13/01/2023
Hari Jumat merupakan hari yang mulia di antara hari lainnya, sebab di hari itulah Allah akan melipatgandakan pahala dari segala amal perbuatan baik yang kita lakukan. Rasulullah SAW pun memerintahkan umatnya agar memperbanyak beramal di hari tersebut. Salah satu contohnya dengan bersedekah. Apalagi sedekah adalah amalan yang sering muncul dalam Alquran dan hadist.
Jangan Sampai Menyesal dengan Menyia-Nyiakan Waktu Hidup yang Dimiliki
Siti Adidah 09/01/2023
Waktu adalah hal paling berharga dalam kehidupan manusia, salah satu nikmat dan anugerah yang Allah berikan agar kita menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Namun terkadang seringkali manusia memanfaatkannya dengan hal-hal yang tidak benar dan menyimpang dari aturan agama.
70 Ribu Malaikat Ikut mendoakan Orang Ini, Siapakah Dia?
Siti Adidah 06/01/2023
Orang yang beriman, apabila mendapatkan doa dari saudara seiman lainnya untuk kebaikannya, maka tentu ia akan merasa senang dan berterima kasih karena telah didoakan. Lalu bagaimana pula jika seseorang beriman mendapat doa dari para malaikat?
Amalan Pembuka dan Penghalang Rezeki
Siti Adidah 02/01/2023
Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentu memiliki takdir dan rezekinya masing-masing. Keduanya seakan mutlak tersemat dalam jalan hidup seseorang, hanya saja terkadang manusia lupa tentang hal itu. Namun dengan adanya ketetapan tersebut tidak dianjurkan bagi kita untuk terus berpangku tangan dan tidak berikhtiar untuk mencari rezeki.
Dzikirnya Sederhana, Pahalanya Luar Biasa
Siti Adidah 23/12/2022
Bagi seorang muslim, melakukan komunikasi kepada Allah SWT bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Suatu usaha yang dapat kita lakukan agar hati dan jiwa, bisa dekat dengan Allah SWT adalah dengan dzikir. Arti dzikir dalam bahasa Arab adalah “Dzakara-yadzkuru-dzikran” yang memiliki arti perbuatan dengan lisan (menyebut, menuturkan, mengatakan) dan dengan hati (mengingat dan menyebut). Sedangkan menurut istilah dzikir yaitu suatu proses komunikasi antara seorang hamba dengan Allah SWT.
Kapan Sedekah Kita Berpahala Besar?
Siti Adidah 20/12/2022
Sesuatu yang baik akan sangat bernilai jika kita melakukannya dengan segera, tidak menunda-nundanya hingga terlupakan. Karena ada setan yang senantiasa menggoda manusia agar tidak melakukan hal-hal baik. Oleh karena itu, apabila kita memiliki niat yang baik hendaknya melakukannya saat itu juga agar tidak ada pengaruh dari syaitan untuk terus menundanya.
Rahasia Kebaikan Hakim Ziyech Sumbangkan Penghasilan untuk Bantu Sesama
Siti Adidah 13/12/2022
Siapa yang tidak mengenal Hakim Ziyech? Namanya semakin melesat setelah berhasil membawa Maroko masuk ke babak semifinal Piala Dunia 2022, Qatar. Ternyata di balik aksi menakjubkannya di lapangan, Hakim Ziyech juga memiliki kisah kedermawanan yang yang tidak banyak orang ketahui.
Ini Dia Alasan Setelah Sholat Subuh Tidak Boleh Tidur Lagi!
Siti Adidah 13/12/2022
Di dalam Islam, ada beberapa waktu di mana tidur menjadi suatu hal yang tidak dianjurkan. Salah satunya adalah tidur setelah salat subuh. Sering kali kita merasa bahwa tidur setelah subuh itu adalah hal yang lumrah dan tak akan berpengaruh apa-apa bagi kehidupan kita selanjutnya. Padahal dalam agama Islam, hukum tidur setelah subuh menurut hukum taklifi adalah makruh dan sangat tidak baik bagi diri kita, kecuali ada udzur yang mengharuskan untuk tetap beristirahat guna menjaga kesehatan tubuh.
10 Golongan Muslim Terbaik Menurut Rasulullah SAW
12/12/2022
Rasulullah SAW menyebutkan 10 golongan yang termasuk sebagai orang-orang yang terbaik. Hal ini disampaikan Rasulullah SAW dalam sejumlah haditsnya. Muslim yang terbaik adalah muslim yang melakukan amalan istimewa walaupun sederhana, dan ada 10 golongan muslim terbaik menurut Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:
Waktu Terbaik Untuk Berbagi
Siti Adidah 08/12/2022
Seorang muslim yang menyengaja berbagi di waktu-waktu terbaik, maka amalannya menjadi lebih berat dan bernilai. Tidak ada batasan untuk melakukan hal yang baik namun ada waktu-waktu tertentu yang dikatakan sebagai waktu yang paling utama untuk berbagi.
Manfaatnya Tak Berakhir, Pahalanya Terus Mengalir
08/12/2022
Sudah menjadi kebiasaan masyarakat muslim memberikan rezekinya kepada sesama dalam bentuk kepedulian sebagai makhluk sosial. Tak ada batasan yang ditentukan ketika ingin memberi, apapun bentuk rezekinya akan menjadi bermanfaat jika niat kita ikhlas karena Allah SWT.
Indahnya Berbagi, Berkahnya Sejati
Siti Adidah 06/12/2022
Dalam Islam, mungkin tak asing lagi dengan istilah sedekah dan zakat, bahkan sudah menjadi kebiasaan untuk melakukan zakat pada bulan suci Ramadan. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu memberi sebagian harta untuk orang-orang yang membutuhkan dan merupakan amalan mulia untuk bekal di akhirat.
Sudah Akhir Tahun, Yuk Saatnya Bersihkan Harta!
Siti Adidah 17/11/2022
Apa itu zakat akhir tahun? Zakat akhir tahun adalah zakat yang wajib dikeluarkan setiap tahunnya dari total harta yang terkena zakat yang dimiliki seseorang. Perhitungan zakat akhir tahun pada zaman dahulu satu haul mengacu pada tahun Hijriyah karena terbiasa menghitung menggunakan kalender Hijriyah. Jika harta tersebut telah mencapai nisab maka wajib bagi seorang muslim mengeluarkan zakatnya. Artinya, jika dimulai saat bulan Ramadan, berarti untuk membayar zakat selanjutnya ditunaikan pada bulan Ramadan mendatang, begitu seterusnya.
Lakukan Hal Ini Saat Terjadi Gerhana Bulan!
Siti Adidah 08/11/2022
Bagi umat muslim, terdapat amal kebaikan yang dianjurkan untuk dilakukan saat terjadinya gerhana bulan. Tidak hanya mengamalkan shalat gerhana bulan, namun terdapat amalan lain yang dianjurkan selama terjadinya gerhana bulan seperti memperbanyak zikir, istighfar, takbir, sedekah, amal sholeh lainnya.
Sambung Silaturahmi, Rahasia Memperlancar Rezeki
Siti Adidah 13/10/2022
Percaya enggak kalau rajin menyambung silaturahmi itu bisa memperlancar rezeki? Silaturahmi merupakan suatu amalan yang begitu disukai oleh Allah SWT. Begitu banyak manfaat dan hikmah yang dapat dirasakan bagi siapa saja yang mengamalkannya. Orang yang senang menyambung silaturahmi akan memperoleh keutamaannya mulai dari bertambahnya saudara, dipanjangkannya umur, hingga dilapangkannya rezeki.
Amalan-amalan yang Dapat Dilakukan untuk Memperingati Maulid Nabi
Siti Adidah 05/10/2022
Meskipun berbeda bentuk perayaannya, pada dasarnya tradisi maulid tidak hanya sekedar tentang pengingat sejarah bagi umat muslim. Tapi juga sebagai pengingat sosok yang menjadi inspirasi paling sempurna. Hikmah dan nilai kebaikan dapat kita lakukan agar senantiasa memperoleh keberkahan, salah satu yang utamanya dengan memanjat do’a dan selawat atas Nabi Muhammad SAW.
Agar Tidak Menjadi Orang Tua yang Merugi
Siti Adidah 19/09/2022
Dalam hal ini terdapat pola asuh yang dapat dilakukan para orang tua agar terjalin interaksi yang mendukung tumbuh kembang anak baik secara fisik, mental, sosial, dan spiritual. Karena setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing maka pola asuh yang dilakukan dapat disesuaikan secara kebutuhan. Yuk, kita bahas bagaimana menjalankan peran orang tua agar tidak menjadi orang tua yang merugi!
Ini Dia Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat!
Siti Adidah 16/09/2022
Salah satu amalan kebaikan di hari Jumat yaitu membaca surat Al Kahfi. Pada hari Jumat menjadi waktu yang paling utama untuk bermunajat dan berdoa. Karena ada banyak keberkahan yang akan kita peroleh jika dapat melaksanakan amalan sunnah di hari Jumat dengan konsisten.
Bolehkah Berzakat untuk Anak Yatim?
Siti Adidah 15/09/2022
Yatim berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti sedih atau bermakna sendiri. Adapun menurut istilah syara’ yang dimaksud dengan seorang anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal mati oleh bapaknya sebelum dia baligh. Batas seorang anak disebut yatim adalah ketika seorang anak tersebut telah baligh dan dewasa.
Cara Memberi Hadiah untuk Orang Tua yang Sudah Tiada
Siti Adidah 15/09/2022
Sudah sepantasnya sebagai seorang anak kita memberi kebahagiaan kepada orang tua. Seberapa kecil pun bentuk kebahagiaan yang dihadirkan merupakan wujud bakti kita kepada mereka. Karena sejatinya segala kebaikan dan pengorbanan yang telah mereka bagi belum tentu dapat kita balas sepenuhnya.
Sudah Berhijrah, Tapi Masih Banyak Masalah?
Siti Adidah 14/09/2022
Belakangan istilah berhijrah kerap terdengar dengan sikap meninggalkan keburukan dan kemaksiatan menuju pribadi yang semakin baik. Namun, bagaimana jika bukan ketenangan yang kita peroleh? Tapi, justru masalah dan kesulitan kerap datang saat setelah berhijrah. Tentu kita senantiasa dianjurkan untuk berprasangka baik kepada Sang Pencipta. Dengan menghadapi setiap masalah menjadi proses terbaik menuju kebahagiaan.
Agar Menjadi Orang yang Berhati Lembut
Siti Adidah 09/09/2022
Memiliki hati baik dan lembut menjadi dambaan setiap orang. Dengan demikian seseorang yang memiliki kelembutan hati akan senantiasa memiliki sifat rendah hati dan tidak sombong. Selain itu seorang yang memiliki kelembutan hati dengan senang memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada sesama. Mereka yang memiliki hati lembut dapat menikmati hidup dan menerima semua ketetapan Allah SWT.
Ujub, Penghancur Segala Amal
Siti Adidah 08/09/2022
Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan, mungkin kita terkadang tidak sadar telah melakukan perbuatan yang dapat menggugurkan segala kebaikan yang kita perbuat. Mencari dan mengumpulkan pahala selalu diserukan oleh Allah SWT selaku pencipta dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW selaku utusan-Nya. Hal ini akan menjadi bekal di kehidupan yang kekal nanti.
Ujub, Penghancur Segala Amal
Siti Adidah 07/09/2022
Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan, mungkin kita terkadang tidak sadar telah melakukan perbuatan yang dapat menggugurkan segala kebaikan yang kita perbuat. Mencari dan mengumpulkan pahala selalu diserukan oleh Allah SWT selaku pencipta dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW selaku utusan-Nya. Hal ini akan menjadi bekal di kehidupan yang kekal nanti.
Keutamaan Puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram
Siti Adidah 02/08/2022
Adakah keutamaan dari puasa pada 9 dan 10 Muharam? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui amalan apa saja yang dianjurkan pada bulan ini, yuk kita bahas bersama!
Sebentar Lagi Lebaran Yatim, Yuk Bikin Mereka Bahagia!
01/08/2022
Mengapa di bulan Muharram ini harus menggembirakan anak yatim? Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram). Seperti pada kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiya-i wal Mursalin hadis di bawah ini.
Amalan Agar Umur Dipanjangkan, Nomor 2 Sering Disepelekan!
Siti Adidah 21/07/2022
Menurut ajaran Islam ada amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang umur kita. Ini termasuk menjaga gaya hidup sehat, dengan kita menyambung silaturahmi, bersedekah, berbakti kepada orang tua, mempelajari dan mengajarkan Alquran kepada orang lain.
Jangan Sampai Menyesal Akibat Sering Menunda- nunda Kebaikan
Siti Adidah 13/07/2022
Kata “nanti” adalah hal yang lumrah diucapkan lidah dan mulut kita ketika hendak menunda suatu pekerjaan. Mengurungkan niat buruk merupakan sebuah keharusan, namun mengurungkan niat kebaikan adalah awal dari keburukan. Mengapa demikian? Karena jika sekali berkata “nanti” maka akan mudah mengatakan hal yang sama kembali di kemudian hari.
Raih Pahala Maksimal di Bulan Dzulhijjah dengan Melakukan Ibadah Ini!
Siti Adidah 07/07/2022
Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Berdasarkan tahun Hijriyah momentum ini bertepatan pada bulan Dzulhijjah, di mana terdapat banyak keistimewaan yang luar biasa. Maka umat muslim sangat dianjurkan untuk menjalankan amalan-amalan kebaikan agar dapat meraih pahala.
Jangan Sia-siakan Hari Arafah!
Siti Adidah 05/07/2022
Keutamaan hari Arafah dikutip dari beberapa ulama adalah bagi seluruh umat bukan hanya bagi yang sedang melakukan ibadah haji saat wukuf di Arafah. Adapaun hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.
Jangan Lewatkan Puasa Satu Hari, Dihapus Dosa Selama Dua Tahun
Siti Adidah 24/06/2022
Momentum perayaan Idul Adha menjadi hal yang dinantikan oleh umat muslim. Dalam bulan istimewa ini terdapat banyak kebaikan dan keistimewaan yang dapat diraih, salah satunya dengan menjalankan puasa Arafah, pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H atau tanggal 08 Juli 2022.
Alasan Kenapa Tidak Boleh Potong Rambut dan Kuku Bagi Orang yang Berkurban
Siti Adidah 24/06/2022
“Apabila telah masuk sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, dan salah seorang dari kalian telah berniat untuk berqurban, maka janganlah ia memotong rambutnya dan kulitnya sedikitpun.” (HR. Muslim).
Ini Alasan Mengapa Anda Harus berkurban di LAZ Al Azhar!
Khaerun Nisa 22/06/2022
Kurban dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat kehidupan yang diberikan. Selain itu, dengan berkurban umat muslim telah mengikuti ajaran Nabi Ibrahim AS. Betapa besar kemuliaan imannya saat Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Nabi Ismail AS ketika hari An-nahr (Idul Adha).
Berbuat Baik Bisa Menularkan Kebaikan Juga Loh!
Khaerun Nisa 20/06/2022
Berbuat baik terhadap sesama menjadi salah satu akhlak terpuji yang dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun. Sekecil apa pun yang kita berikan akan kembali lagi dalam bentuk yang tidak terduga. Misalnya saja jika kita memberi bantuan untuk menunjukan arah jalan kepada seseorang yang tersesat, menyingkirkan paku atau batu yang berada di tengah jalan, bahkan sekedar memberikan senyuman kepada teman.
Apa Itu Zakat Perdagangan?
Khaerun Nisa 20/06/2022
Penghitungan zakat perdagangan adalah aktiva lancar dikurangi dengan kewajiban jangka pendek. Jika selisihnya melebihi nisab, maka wajib zakat. Aktiva lancar adalah uang kas dan aktiva-aktiva lain atau sumber-sumber yang diharapkan akan direalisasi menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi selama siklus perusahaan yang normal atau dalam waktu satu tahun mana yang lebih lama.
Sedekah Selamatkan Diri Dari Penyakit
Khaerun Nisa 20/06/2022
Bersedekah menjadi kegiatan positif yang dapat membawa kebahagiaan bagi setiap muslim. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sedekah memiliki pengertian kegiatan memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.
Manakah yang harus didahulukan, Infak atau Sedekah?
Khaerun Nisa 20/06/2022
Tidak jarang dari kita masih kebingungan membedakan antara sedekah dan infak. Secara umum, istilah ini seringkali tertukar bahkan terkadang menganggap kedua hal ini sama. Karena pada dasarnya kedua kegiatan ini merupakan ibadah sosial bagi seorang muslim. Tetapi, meskipun demikian dibalik kedua istilah ini memiliki beberapa perbedaan.
Bagaimana Keutamaan Puasa pada 9 dan 10 Muharram?
Khaerun Nisa 20/06/2022
Adakah keutamaan dari puasa pada 9 dan 10 Muharam? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui amalan apa saja yang dianjurkan pada bulan ini, yuk kita bahas bersama!
Amalan Ringan Mampu Datangkan Rezeki dan Kenikmatan
Khaerun Nisa 20/06/2022
Mengenai rezeki, setiap makhluk tentu sangat bergantung pada kenikmatan rezeki yang diberikan Allah SWT. Sejatinya rezeki bukan hanya sekedar materi semata, terdapat banyak rezeki luar biasa yang tidak disadari seperti keharmonisan keluarga, persahabatan yang baik, dan kesehatan jasmani maupun rohani.
Sunah Membawa Rezeki Berlimpah
Khaerun Nisa 20/06/2022
Jika ada amalan ringan mampu membawa keberkahan yang melimpah tentu sangat disayangkan untuk dilewatkan. Lalu amalan apa sajakah itu?
Kapan waktu terbaik untuk bersedekah?
Siti Adidah 17/06/2022
Ternyata dalam bersedekah sendiri memiliki waktu terbaik untuk menunaikannya loh! Lalu kapan itu? Ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk kita bersedekah.
Hidup Bahagia Berkat Muliakan Orang Tua
Siti Adidah 17/06/2022
Istilah berbuat baik kepada kedua orang tua dikenal dengan “birul walidain” ini dapat dilakukan dengan cara menghormati keduanya, bertutur lembut, berperilaku sopan, memberikan kehidupan layak bagi mereka, memberikan perawatan terbaik di usia senja, dan senantiasa mendoakan mereka. Tentu, hal ini akan menjadi kunci kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.
Ada Apa di Balik Musibah?
Siti Adidah 17/06/2022
Setiap manusia tentu pernah mengalami kesulitan dan musibah yang menimpa kehidupannya. Tidak ada yang bisa menolak dan menghalangi datangnya musibah, semua terjadi atas kehendak-Nya. Saat musibah menimpa, perasaan sedih, kecewa, marah, penyesalan secara manusiawi akan menghampiri. Lalu bagaimana sikap yang harus dilakukan saat menghadapi musibah?
Sampai di Mana Kita Mencari Tujuan dalam Hidup?
Siti Adidah 17/06/2022
Mungkin kita sering bertanya apa sebenarnya tujuan dari hidup? Besok mau melakukan apa? Untuk apa saya hadir di dunia ini? Di mana hidup saya akan berakhir? Seperti apa nantinya hidup saya? Tentu masih banyak lagi pertanyaan sejenis yang kerap timbul di pikiran kita. Memahami tujuan hidup manusia menjadi hal yang penting dalam menjalani kehidupan. Lalu apa sebenarnya tujuan hidup kita?
Senyum, Sedekah Paling Murah Bikin Pahala Makin Bertambah
Khaerun Nisa 17/06/2022
Senyuman yang kamu berikan kepada orang lain dapat menebar kebahagiaan loh! Energi positif dari senyuman yang kita berikan untuk orang sekitar mampu memberikan manfaat yang luar biasa. Jika kita memberi senyuman kepada orang lain InsyaAllah senyum itu akan berbalas, kalaupun tidak jangan berkecil hati karena keberkahan tentu kamu dapatkan.
Sudahkah Kita Mengucapkan Terima Kasih Hari Ini?
Siti Adidah 15/06/2022
Ucapan terima kasih terkesan sangat sederhana, tapi terkadang kita lupa untuk mengatakannya kepada orang lain yang telah membantu meringankan masalah atau pekerjaan yang kita lalui. Siapa sangka dengan mengucapkan terima kasih, ternyata banyak manfaat yang bisa kita peroleh loh! Mulai dari kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Lalu apa saja manfaat yang akan kita dapatkan?
Bolehkah Anak Yatim Terima Zakat?
Siti Adidah 15/06/2022
Menyantuni dan memuliakan anak yatim menjadi suatu kebaikan yang dapat membuka pintu-pintu kebahagiaan. Lalu apakah pemberian harta zakat dapat diberikan untuk anak yatim?
Sya’ban, Bulan Mulia Penuh Keberkahan
Siti Adidah 15/06/2022
Sya’ban adalah bulan yang memiliki berbagai peristiwa sejarah, salah satunya yaitu pengalihan arah kiblat dari Masjidil Aqsha di Palestina ke Ka’bah yang ada di Arab Saudi. Nah, berikut ini amalan yang bisa kita lakukan pada bulan Sya’ban, Sob!
Jangan Lupa Baca Al Kahfi di Hari Jumat!
Siti Adidah 15/06/2022
Hari Jumat menjadi hari paling istimewa bagi umat muslim, karena terdapat banyak fadilah atau keutamaan atas ibadah yang dilakukan. Ya, salah satunya membaca surat Al Kahfi. Namun tak jarang yang masih lupa dan lalai dalam menjalankan ibadah ini. Dalam surat Al Kahfi sendiri terdapat 110 ayat dan merupakan surat ke-18 dalam Al Quran.
Belum Bayar Fidyah? Yuk, Simak Cara Melunasinya!
Siti Adidah 15/06/2022
Fidyah dalam pengertian KBBI merupakan denda yang harus dibayar oleh seseorang (biasanya dengan bahan makanan pokok seperti beras dan sebagainya). Hal ini dilakukan karena meninggalkan salat atau puasa yang disebabkan oleh penyakit menahun, penyakit tua, dan sebagainya.
Sedekah Mampu Gugurkan Dosa
Siti Adidah 15/06/2022
Terdapat amalan mudah yang dapat dilakukan untuk melebur dosa. Pada hakikatnya saat manusia meninggal tidak ada sedikitpun harta yang dapat dibawa, ada dua hal yang tetap setia bersama yaitu dosa dan pahala. Agar membawa pahala banyak dibanding dosa, sebaiknya kita mengamalkan amalan sederhana namun ampuh untuk menghapus dosa.
Sambut Ramadan dengan Suka Cita
Siti Adidah 15/06/2022
Sudahkan kamu mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadan? Agar ibadah kita dapat dilakukan secara maksimal, tentu banyak bekal yang harus dirancang. Yuk, simak hal apa saja yang bisa kita lakukan sebelum menghadapi bulan suci Ramadan!
SDI Al Azhar 32 Padang dan LAZ Al Azhar Distribusikan Paket Sembako untuk Keluarga Duafa
Khaerun Nisa 14/06/2022
Jemput berkah di bulan Ramadan, SD Islam Al Azhar 32 Padang bersama LAZ Al Azhar Sumatera Barat menyalurkan 320 paket sembako kepada keluarga duafa di sekitaran Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Kamis, (21/4).
Berbuat Baik Bisa Menularkan Kebaikan Juga Loh!
Khaerun Nisa 14/06/2022
Berbuat baik terhadap sesama menjadi salah satu akhlak terpuji yang dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun. Sekecil apa pun yang kita berikan akan kembali lagi dalam bentuk yang tidak terduga. Misalnya saja jika kita memberi bantuan untuk menunjukan arah jalan kepada seseorang yang tersesat, menyingkirkan paku atau batu yang berada di tengah jalan, bahkan sekedar memberikan senyuman kepada teman.
Farhan, Mantan Preman Bercita-cita Jadi Fotografer Handal
Nurman Fauzan 08/06/2022
Farhan ini santri Rumah gemilang Indonesia (RGI) yang dulunya preman. Masih ingat dengan Hercules? gangster yang terkenal itu? Ya, Farhan pernah menjadi anak buahnya. Dunia hitam sudah tidak asing bagi Farhan. Mencuri, merampok, begal sampai keluar masuk jeruji besi hingga 5 kali.