Menampilkan postingan artikel "donasi"
Bolehkah Beribadah Kurban Secara Online?
Siti Adidah 27/06/2023
Berkembangnya dunia teknologi banyak mengubah cara kerja manusia, baik dari segi pekerjaan, jual beli, dan aktivitas lainnya. Kini, dengan adanya teknologi memudahkan orang-orang dalam melakukan sesuatu, seperti bersedekah, wakaf, dan berzakat yang juga sudah bisa dilaksanakan secara online. Lalu bagaimana dengan ibadah berkurban, apakah bisa dilakukan secara online?
Bagaimana Hukumnya Hewan Kurban Mendadak Cacat Jelang Penyembelihan?
Siti Adidah 27/06/2023
Sebelum proses penyembelihan, masyarakat yang sudah siap berkurban perlu diimbau untuk mencari hewan kurban yang bagus, yang tidak cacat, dan baik dari segala hal. Ibadah berkurban adalah persembahan untuk Allah Swt., atas nikmat yang telah diberikan dan atas rasa syukur kita sebagai hamba. Oleh karena itu, hewan yang akan dikurbankan harus dalam keadaan baik. Lantas bagaimana dengan hewan yang sudah baik dan sehat sejak awal, tetapi mendadak cacat ketika hendak disembelih?
Ini Dia Bagian Hewan Kurban yang Baik untuk Diambil!
Siti Adidah 26/06/2023
Setiap yang berkurban boleh mengambil daging kurban, yaitu sepertiga bagian. Setelah itu dibagikan kepada golongan yang berhak menerima kurban. Lalu bagian mana saja yang bisa diambil ?
Kurban Online Bersama LAZ Al Azhar, Cara Mudah Kirimkan Daging Hingga Pelosok Desa
Siti Adidah 22/06/2023
Demi memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para pekurban LAZ Al Azhar turut menyediakan layanan kurban online yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Berkurban dapat dilakukan secara langsung dari rumah dengan berbagai opsi pembayaran yang mudah. Adapun pendistribusian daging kurban tersebar di 14 titik provinsi yang ada di Indonesia hingga ke daerah-daerah tempat tinggal keluarga duafa, bahkan sampai ke pelosok desa.
Kurban Dulu atau Akikah Dulu?
Siti Adidah 22/06/2023
Lalu, mana yang harus didahulukan? Kurban dulu atau akikah dulu? Ini tergantung situasi dan kondisi. Kurban adalah salah satu ibadah sunnah muakad. Pelaksanaannya pun ditujukan kepada objek yang sudah mampu untuk berkurban. Orang yang sudah mampu berkurban, maka dianjurkan untuk melaksanakan ibadah tersebut.
Begini Cara Potong Hewan Kurban Sesuai Syariat dan Sering Diabaikan
Siti Adidah 21/06/2023
Setiap ibadah yang dilaksanakan umat Islam mempunyai aturan dan tata caranya. Artinya, tidak bisa asal melaksanakan tanpa memerhatikan aturan-aturan yang berlaku. Ibadah kurban, tidak akan sah atau tidak akan diterima jika pelaksanaannya tidak memerhatikan hukum-hukum Islam. Lalu bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat?
Inilah Golongan yang Berhak Mendapatkan Daging Kurban!
Siti Adidah 20/06/2023
Berkurban adalah ibadah yang besar pahalanya di sisi Allah Swt. Dengan berkurban tandanya umat Islam sedang mencurahkan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. Sebelum melaksanakan ibadah berkurban, tentulah harus mengetahui golongan-golongan yang berhak menerima daging kurban. Ibadah kurban tidak hanya sampai pada penyembelihan lalu selesai, melainkan perlu diperhatikan juga tata cara pembagiannya agar daging kurban yang dibagikan juga tidak salah sasaran.
Istimewanya 10 Hari Pertama Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Arafah Jangan Sampai Terlewat!
Siti Adidah 14/06/2023
Hadirnya bulan Dzulhijjah bukan sekadar agar kaum muslimin mengingat sejarah luar biasa yang terjadi pada bulan tersebut. Lebih dari itu, bulan ini kemudian menjadi ajang untuk fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan), salah satunya meningkatkan ibadah dan kedekatan kepada Allah Swt. Pada bulan ini terdapat waktu tertentu untuk melaksanakan amalan istimewa. Apa sajakah amalan tersebut?
Puasa Arafah, Puasa Satu Hari Hapus Dosa Selama 2 Tahun
Siti Adidah 05/06/2023
Puasa Arafah adalah salah satu ibadah yang memiliki keutamaan besar dalam agama Islam. Lalu apa itu puasa Arafah? Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang merupakan salah satu hari dari bulan haji. Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar, karena pada hari tersebut juga terdapat ibadah wukuf di Arafah bagi jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekah.
Manfaat Berkurban Ternyata Dapat Perkuat Ikatan Keluarga, Loh!
Siti Adidah 16/05/2023
Kurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak manfaat keberkahan. Ketika seseorang melaksanakan kurban dengan niat yang tulus dan ikhlas, ia akan merasakan hadirnya keberkahan dalam hidup. Keberkahan ini dapat muncul dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan, rezeki, dan keluarga.
5 Hikmah Berkurban Wujudkan Kebahagiaan
Siti Adidah 12/05/2023
Ibadah kurban sendiri mengandung empat dimensi kebaikan yakni dimensi tauhid, sosial, spiritual, dan moral. Terdapat banyak nilai hikmah yang bisa dipetik dari ibadah kurban.