Menampilkan postingan berita "zakat"
Sukses Gelar Zakat Day, LAZ Al Azhar Hadirkan Momentum Berzakat Keluarga Besar Al Azhar
Eliyah 22/03/2024
Kamis, (21/03) Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menggelar acara Al Azhar Zakat Day yang bertempat di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi semangat keluarga besar Al Azhar dalam pembayaran zakat, infak, sedekah di bulan Ramadan.
Permudah Ibadah Zakat, LAZ Al Azhar dan Bank DKI Syariah Luncurkan Layanan Zakat di Aplikasi JakOne Mobile
Eliyah 18/03/2024
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar dan Bank DKI Syariah menggelar launching layanan pembayaran zakat dan donasi melalui aplikasi JakOne Mobile. Kegiatan ini bertempat di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, pada Rabu, (13/03). Acara ini berlangsung sejak pukul 16.00 – 17.30 WIB dan dibuka secara langsung oleh Zahruddin Sulthoni selaku Ketua YPI Al Azhar Bidang Dakwah dan Sosial.
Siap Berikan Layanan Terbaik, LAZ Al Azhar Kembali Gelar Pelatihan Relawan Ramadan 1445 H
Eliyah 26/02/2024
LAZ Al Azhar kembali menggelar pelatihan untuk relawan Ramadan 1445 H. Training dilaksanakan selama dua hari, pada 21-22 Februari 2024 dengan berbagai materi yang disampaikan, seperti edukasi mengenai ziswaf hingga program-program unggulan LAZ Al Azhar. Acara ini bertempat di Aula Masjid Raya Al Azhar Bintaro, Tangerang Selatan.
LAZ Al Azhar Raih Penghargaan IFA 2023 dengan Kategori Lembaga Pendukung Gerakan Fundraising
Siti Adidah 19/12/2023
Berhasil meraih penghargaan dengan kategori “Lembaga Pendukung Gerakan Fundraising” pada ajang Indonesia Fundraising Award (IFA) 2023, Lembaga Amil Zakat Al Azhar konsisten memberikan pelayanan terbaik untuk muzaki dan mustahik. Penghargaan ini diberikan oleh Sri Sugiyanti selaku Direktur Institute Fundraising Indonesia kepada Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar, Mohamad Hasan di Gedung Azhar Basyir, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Turut Semarakkan Event Fesyar Jawa 2023, LAZ Al Azhar Jawa Timur Hadirkan Booth Layanan Ziswaf
Siti Adidah 04/10/2023
Dalam rangka memeriahkan acara Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2023, LAZ Al Azhar turut serta menyediakan layanan kemudahan ziswaf dengan membuka booth baik secara offline maupun online. Event tersebut berlangsung pada Jumat, 29 September - Minggu, 1 Oktober 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya.
LAZ Al Azhar Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Pastikan Mutu Layanan Muzaki dan Mustahik
Siti Adidah 12/09/2023
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar berhasil meraih Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Penyerahan sertifikat diberikan oleh Pers Quality Assurance Ltd dengan pendampingan PT. Aru Rekacipta Utama pada hari Rabu (06/09) dan diserahkan oleh Iwan Rahmat selaku Manajemen Representatif LAZ Al Azhar kepada Mohammad Hasan, S.E selaku Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar di Aula Nurhayati, Rumah Gemilang Indonesia, Depok, Jumat, (08/09).
Jalani Operasi Infeksi Jempol Kaki, Bantu Khairul Kembali Pulih
Siti Adidah 14/08/2023
Tim LAZ Al Azhar menyalurkan bantuan program Zakat Pride di daerah Ciganjur, Jakarta Selatan, pada Kamis, (10/08/2023). Kali ini, bantuan tersebut disalurkan kepada Khairul, pria usia 40 tahun yang sementara waktu harus berhenti bekerja bangunan karena infeksi jempol kaki.
KKN UIN Jakarta Gandeng LAZ Al Azhar Gelar Sosialisasi Zakat dan Kewirausahaan
Siti Adidah 11/08/2023
Tim pendistribusian Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar melakukan kegiatan sosialisasi zakat dan kewirausahaan yang bekerjasama dengan Kelompok KKN Sergapan 138, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara tersebut berlangsung di Desa Jatimulya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis, (10/8/2023).
Masya Allah, Laporan Audit Keuangan LAZ Al Azhar Kembali Memperoleh WTP ke-15 Kali Berturut-turut
Siti Adidah 21/06/2023
Laporan keuangan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar di tahun 2022 kembali meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Mucharam dan rekan dengan izin usaha KAP No.399/KM.1/2013. Laporan yang diterbitkan pada 30 Mei 2023, diberikan karena telah memenuhi standar akuntansi keuangan di Indonesia.
LAZ Al Azhar dan Yayasan Amal Bunda Gelar Layanan Pengobatan Gratis untuk Lansia
Siti Adidah 16/05/2023
Peduli terhadap kondisi kesehatan lansia di Desa Dondong, Kecamatan Kesugihan dan Desa Jeruklegi Wetan, Jeruklegi, Cilacap, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar berkolaborasi dengan Yayasan Amal Bunda menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, Minggu, (14/05).
LAZ Al Azhar Sulsel dan LAZNAS YHK Bagikan Paket Sembako Hingga Pelosok Takalar
Siti Adidah 19/04/2023
Dalam momentum ini, LAZ Al Azhar Sulsel bekerja sama dengan LAZNAS Yayasan Hadji Kalla (YHK) untuk menyebar kebaikan ke seluruh pelosok desa dengan membagikan paket sembako Idulfitri. Kegiatan ini dilakukan di Desa Manongkoki, Kecamatan Polong Bangkeng Utara, Kabupaten Takalar, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 110 kepala keluarga pada hari Senin (10/4).
Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta Gandeng LAZ Al Azhar Salurkan Bantuan untuk Yatim, Tunanetra, dan Keluarga Duafa
Siti Adidah 19/04/2023
Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama yang membutuhkan. Selama bulan suci ini, LAZ Al Azhar KPW Yogyakarta dan unit-unit sekolah Islam Al Azhar mengadakan berbagai program seperti membagikan ratusan paket takjil gratis, menggelar buka puasa bersama yatim, buka puasa di desa terpencil, memberikan bingkisan lebaran dan paket sembako untuk keluarga duafa. Program-program ini dilaksanakan sepanjang bulan Ramadan.
LAZ Al Azhar Gelar Zakat Day dengan Tema Digital Economic Transformation
Siti Adidah 17/04/2023
Dalam rangka mensyiarkan dakwah zakat khususnya pada bulan Ramadan, LAZ Al Azhar kembali menyelenggarakan Zakat Day 2023 dengan tema “Digital Economic Transformation” pada hari Ahad, 16 April 2023 di Masjid Agung Al Azhar. Acara ini menghadirkan narasumber seperti Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia, drg. Muhammad Arief Rosyid, M.K.M., dan Founder Fatih Indonesia, Fahmi Hendrawan, M.B.A, Minggu, (16/04).
BAZNAS Award 2023, LAZ Al Azhar Raih Penghargaan LAZ Terbaik Pencetak Muzakki dari Mustahik
Siti Adidah 21/03/2023
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar kembali meraih penghargaan di ajang BAZNAS Award 2023 dengan kategori ‘LAZ Terbaik Pencetak Muzakki dari Mustahik’. Kegiatan penyerahan penghargaan digelar di Puri Agung, Hotel Sahid, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Selasa, (21/03).
Siap Berikan Layanan Terbaik, LAZ Al Azhar Gelar Training Relawan Ramadan
Siti Adidah 16/03/2023
Dalam rangka menyambut Ramadan, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menggelar kegiatan Training Relawan Ramadan 1444 H yang berlangsung di Aula SMP Islam Al Azhar 25 Tangerang Selatan, Banten. Acara ini berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 15-16 Maret 2023.
LAZ Al Azhar, Satu dari 23 Lembaga Zakat yang Salurkan Bantuan Gempa Turki
Siti Adidah 09/03/2023
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menjadi salah satu lembaga zakat yang turut serta menyalurkan bantuan gempa Turki dengan berkolaborasi dengan Forum Zakat (FOZ). Hal tersebut mendapatkan apresiasi dari Duta Besar Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhamad Iqbal.
Perkuat Silaturahim, Kemenag DIY Kunjungi Kantor LAZ Al Azhar Yogyakarta
Siti Adidah 03/03/2023
Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan kunjungan ke Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar sebagai bentuk penguatan dan pembinaan bagi lembaga zakat yang berada di wilayah Yogyakarta, Kamis, (16/2).
LAZ Al Azhar Hadir dan Berkontribusi Aktif dalam Rakornas Zakat 2023
Siti Adidah 23/02/2023
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar turut menghadiri dan berkontribusi aktif dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2023 yang digelar di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI.
Keindahan Berbagi Ala Sang Pembalap ‘Fitra Eri’
Siti Adidah 03/01/2023
Perjalanan karir Fitra Eri dapat dikatakan cemerlang. Namun semua itu tentu ia peroleh melalui kerja keras, kegigihan, kesabaran, dan do’a yang selalu membersamai. Sukses sebagai pembalap dan jurnalis, Fitra Eri memiliki kegemaran dalam berbagi. Tentang berbagi, Fitra Eri memiliki dua konsep berbagi. Pertama yakni yang wajib untuk kita tunaikan sesuai ajaran Islam melalui zakat, karena sebesar 2,5 % dari harta yang kita miliki ada hak delapan asnaf. Namun, di samping itu tidak hanya zakat yang kita tunaikan, terkadang kita memiliki kelebihan rezeki dan ada orang lain yang membutuhkan maka ada baiknya untuk senantiasa berbagi.
Aksi Peduli Gempa Bumi Cianjur
Siti Adidah 01/12/2022
Merespon kejadian gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menerjunkan tim Formula Tanggap Bencana dan relawan untuk membantu mengevakuasi penyintas gempa. Tim mulai melakukan aksi pada, Senin (21/11) dengan kegiatan asesmen awal, evakuasi warga terdampak, dan pemetaan wilayah.
Peduli Pendidikan Yatim, LAZ Al Azhar dan Kitabisa.com Salurkan Ratusan Paket Seragam Sekolah di Jabodetabek
Siti Adidah 23/11/2022
Sebanyak 140 anak yatim duafa di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi mendapatkan bantuan paket seragam sekolah. Adapun paket seragam sekolah diberikan LAZ Al Azhar dan Kitabisa.com sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap pendidikan anak-anak yatim duafa dengan jenjang pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, Jumat, (18/11).
LAZ Al Azhar Gelar Webinar Tips Mendukung Kesejahteraan Masyarakat Desa dan Terbebas Riba
Siti Adidah 14/11/2022
Sebagai bentuk dukungan untuk terwujudnya masyarakat sejahtera tanpa riba, LAZ Al Azhar menggelar webinar dengan tema ‘Mewujudkan Kampung Berprestasi dan Bebas Riba’. Kegiatan ini diisi oleh Cahyadi, selaku Ketua Koperasi Jampang Gemilang dan Nurkirman selaku Da’i sahabat masyarakat (Dasamas) Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat, (11/11).
Mbah Porso Petani Jagung Binaan LAZ Al Azhar Berhasil Peroleh Hasil Panen Melimpah
Siti Adidah 10/11/2022
Panen Raya menjadi momentum yang ditunggu oleh para petani di desa, tidak terkecuali dengan Mbah Porso (65) yang merupakan salah satu petani binaan LAZ Al Azhar sekaligus anggota KSM Gemah Ripah di Dusun Siyono, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Memiliki lahan seluas 5000 meter, Mbah Porso berhasil memperoleh hasil panen jagung jenis hibrida sebanyak 85 karung jagung basah dan 12 karung jagung kering atau dengan total panen 3,8 ton, Minggu (06/11).
LAZ Al Azhar Salurkan Beasiswa Pendidikan untuk Anak-anak Yatim Duafa
Siti Adidah 08/11/2022
Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan anak yatim duafa, LAZ Al Azhar menyalurkan beasiswa pendidikan untuk anak yatim duafa di Masjid Al Huda, Kalianyar, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, Senin, (07/11). Sebanyak 30 anak yatim binaan mitra LAZ Al Azhar Jakarta Barat dan Jakarta Pusat turut hadir dalam pertemuan rutin tersebut.
LAZ Al Azhar Gelar Webinar Kelola Sampah Lewat Program Sampah Habis di Desa
Siti Adidah 07/11/2022
LAZ Al Azhar bersinergi dengan pemerintah desa, stakeholder, dan masyarakat desa dalam mendorong program green economy yakni Sampah Habis di Desa (Sabisa) melalui hadirnya bank sampah. Bank sampah ini dibentuk sebagai komitmen mengurangi jumlah sampah dan mendukung program pemerintah untuk menanggulangi sampah yang bisa didaur ulang.
RGI Expo, Santri Binaan LAZ Al Azhar Adakan Bakti Sosial Ganti Oli Gratis
Siti Adidah 04/11/2022
Santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Kampus Sawangan, Depok binaan LAZ Al Azhar menggelar kegiatan bakti sosial untuk masyarakat dengan melakukan layanan ganti oli gratis. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara road to milad LAZ Al Azhar ke-18 tahun, Kamis, (03/11).
LAZ Al Azhar Gelar Sharing Session ‘Bersama Membangun Keberdayaan Masyarakat Desa’
Siti Adidah 04/11/2022
LAZ Al Azhar menggelar kegiatan sharing session dalam rangka road to milad yang ke-18 tahun dengan mengusung tema ‘Bersama Membangun Keberdayaan Masyarakat Desa’ bersama para pemberdaya Kelompok Swadaya masyarakat (KSM) dan Da’i sahabat masyarakat (Dasamas). Acara webinar diberikan untuk umum dengan menghadirkan narasumber yakni Waluyo Ahmad, selaku Koordinator Dasamas Jawa Tengah dan Herman As- Syifa selaku Koordinator Dasamas Yogyakarta, Rabu (02/11).
CEO OPZ Forum 2022: Komitmen Kuatkan Peran Zakat dalam Pembangunan Negara
Siti Adidah 02/11/2022
Forumzakat – Pada gelaran CEO OPZ Forum 2022, Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota Forum Zakat berkomitmen menguatkan peran zakat dalam pembangunan negara. “Kami terus memperbanyak program nyata pemberdayaan masyarakat yang berbasis dana zakat yang berorientasi pada pengentasan kemiskinan. Program ini kami selaraskan dengan indikator SDGs dan RPJMN serta membuka lebar kolaborasi lintasstakeholder agar manfaat semakin meluas,” jelas Bambang Suherman, di Hotel Millenium, Jakarta Rabu (2/11/2022).
Kriskama Dasamas Milenial, Penggerak Desa Cahaya di Kepulauan Meranti
Siti Adidah 01/11/2022
Ini menjadi pengalaman pertama bagi Kriskama menginjakkan kaki di pulau terpencil untuk mengabdikan diri menjadi seorang dai sahabat masyarakat (Dasamas). Perjuangannya dalam menggerakkan masyarakat bukan menjadi hal yang mudah. Tentu membutuhkan kerja keras dan ketulusan hati dalam menjalankan semua tanggung jawab dan amanah umat.
Ajak Anak Tanamkan Rasa Peduli, Sejak Dini Mulai Kenalkan Kebaikan Zakat
Siti Adidah 31/10/2022
LAZ Al Azhar bersinergi dengan pihak sekolah SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta untuk menanamkan rasa kepedulian sejak dini melalui nilai zakat dan sedekah kepada anak didiknya, Kamis (20/10). Edukasi zakat dan sedekah dilakukan dengan menggelar kegiatan Pesantren Alam (Salam) SDIA 31 Yogyakarta di Sambi Resto Sleman, Yogyakarta.
Wakaf Al Azhar Bangun Sumur Bor di Lokasi Rawan Kekeringan
24/10/2022
Wakaf Al Azhar melakukan pembangunan wakaf sumur bor di beberapa titik lokasi rawan kekeringan. Kondisi air di daerah tersebut terbilang memprihatinkan, terutama saat musim kemarau tiba dan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih.
Tim Formula Tanggap Bencana Lakukan Aksi Bersih-Bersih Bantu Korban Terdampak Banjir di Blitar
Siti Adidah 21/10/2022
Hujan lebat yang terjadi pada Minggu, 16 Oktober 2022 pukul 18:00 di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur menyebabkan tanah longsor dan banjir. Tim Formula Tanggap Bencana LAZ Al Azhar bergerak melakukan aksi guna membantu para korban terdampak, Kamis, (20/10).
LAZ Al Azhar Cilacap Distribusikan Ribuan Bantuan Makanan Siap Saji untuk Korban Banjir
Siti Adidah 17/10/2022
Tim Formula Tanggap Bencana LAZ Al Azhar Cilacap dan tim relawan bergerak melakukan aksi pendistribusian bantuan untuk para penyintas banjir di Desa Kalijeruk dan Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bantuan tersebut langsung diberikan kepada para penyintas banjir pada Jumat, (14/10).
Berkah Zakat, Sari Penjual Kerupuk Seblak Kini Jadi Pebisnis Fesyen Muslim
Siti Adidah 11/10/2022
Bisa punya usaha sendiri, bisa jadi impian bagi banyak orang. Itulah salah satu yang dicita-citakan Siti Puspitasari salah satu alumni Rumah Gemilang Indonesia (RGI) kampus Surabaya tahun 2020. Meski awalnya dirasa sulit karena faktor ekonomi, tapi wanita yang akrab disapa Sari ini berhasil mewujudkannya dengan menjadi pebisnis fesyen muslim.
Kantor Layanan LAZ Al Azhar Cikarang Resmi Dibuka
Siti Adidah 03/10/2022
LAZ Al Azhar menggelar acara peresmian kantor layanan di Kampus Al Azhar Jababeka Cikarang. Peresmian dilakukan dengan simbolisasi pemotongan pita yang dipimpin oleh Ketua YPI Al Azhar Bidang Dakwah dan Sosial, KH Sobahussurur MA didampingi Kepala Direktorat Dakwah dan Sosial juga perwakilan dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah YPI Al Azhar, Forkom Jamiyyah Al Azhar, Direktur Lazwaf Al Azhar dan Takmir Masjid Raya Al Azhar Jababeka Cikarang serta disaksikan tamu undangan, Jum’at (30/09).
Sinergi LAZ Al Azhar dan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) Gelar Kegiatan Khitanan Massal
Siti Adidah 03/10/2022
LAZ Al Azhar dan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) menggelar kegiatan khitanan massal di dua lokasi berbeda, yakni di Masjid Annuriyah Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kabupaten Bogor dan Kampung Harapan Baru, Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.
“Petani Milenial” Desa Berdikari Tanjungpura, Sukses Budidaya Selada Bokor Hidroponik
Siti Adidah 29/09/2022
Regi Zamzam Zaohari (23), salah satu petani milenial yang sukses dari hasil bertani selada bokor dengan media hidroponik. Pemuda asal Kampung Cihonje, Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini, mampu menjual 400 kilogram selada bokor setiap kali masa panen.
Saung Ilmu Hadir di Desa Pantai Hurip untuk Mendukung Kemandirian Masyarakat
Siti Adidah 28/09/2022
LAZ Al Azhar berkolaborasi dengan KB/TK Islam Al Azhar 6 dan SMP Islam Al Azhar 22 Sentra Primer melakukan peresmian Saung Ilmu di Desa Pantai Hurip, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Selasa (27/09). Saung Ilmu ini akan menjadi pusat peningkatan pengetahuan masyarakat melalui interaksi, pelatihan dan perencanaan program masyarakat secara berkelanjutan. Saung Ilmu juga merupakan salah satu instrumen dari program Indonesia Gemilang yang telah diinisiasi LAZ Al Azhar untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat pedesaan.
Jumat Berkah LAZ Al Azhar Cilacap Bagikan Ratusan Box Makanan Siap Saji untuk Keluarga Duafa
16/09/2022
LAZ Al Azhar Cilacap memanfaatkan momentum Jumat berkah dengan berbagi 682 box makanan siap saji di beberapa titik lokasi yakni untuk para pekerja harian di sekitar Pasar Gede Cilacap dan Terminal Cilacap. Selain itu makanan juga diberikan untuk panti asuhan yatim piatu di pesisir pantai Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, santri Ponpes Nurul Qomar, Desa Menganti, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, dan jamaah salat Jumat di Masjid Raya Al Azhar, Jumat (16/09).
LAZ Al Azhar Hadir Tampilkan Produk Binaan Unggulan di Acara Launching Inkubasi Wakaf Produktif KUA Percontohan Ekonomi Umat
Siti Adidah 28/07/2022
Beragam produk unggulan dari desa binaan Program Kampung Zakat dan Program KUA Percontohan Ekonomi Ummat turut hadir dalam acara Launching Inkubasi Wakaf Produktif KUA Percontohan Ekonomi Umat 2022, Senin, (25/07).
LAZ Al Azhar Dukung Gerakan Literasi Zakat Wakaf Nasional
Siti Adidah 15/07/2022
Guna mendukung program pemerintah tentang Gerakan Literasi Zakat Wakaf Nasional, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar turut hadir dalam kegiatan rapat teknis penyusunan road map untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Mercure Hotel, Jakarta selama tiga hari yakni pada Senin- Rabu, (11-13/07/2022).
Rumah Gemilang Indonesia Lepas 129 Santri Siap Bersaing di Dunia Kerja
Siti Adidah 06/07/2022
Depok-Pelepasan Santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) angkatan 26, digelar di Aula Nurhayati Nawawi Kampus RGI Sawangan, Depok, Kamis (29/6). Sebanyak 129 santri mengikuti prosesi pelepasan baik secara offline ataupun online yang merupakan gabungan dari beberapa kampus RGI seperti kampus Surabaya, Yogyakarta, Magelang, Sentra Premier, dan Depok.
Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Bagikan APD Pertanian di Saung Ilmu Tanahbaru
Siti Adidah 06/07/2022
Kolaborasi kebaikan terjalin antara LAZ Al Azhar, BAZMA Pertamina, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dalam kegiatan pendistribusian paket APD untuk para petani di desa binaan Tanahbaru, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (05/07).
Siaran Pers Forum Zakat
Siti Adidah 05/07/2022
Menyikapi liputan khusus media terkait fenomena pengelolaan dana kedermawanan sosial keagamaan, Forum Zakat selaku asosiasi yang menaungi 196 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Indonesia menyatakan beberapa hal sebagai berikut:
Laporan Keuangan Laz Al Azhar 2021 Raih Wtp, 14 Kali Berturut-Turut
Siti Adidah 01/07/2022
Laporan keuangan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar di tahun 2021 kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Robert Sunusi Zulfa pada bulan Mei 2022. Capaian ini merupakan yang ke-14 kali secara berturut-turut di usianya yang menjelang 18 tahun atau sejak LAZ Al Azhar didirikan tahun 2004
Safari Al Kisah, Hadirkan Edukasi Berbagi Sejak Dini
Siti Adidah 28/06/2022
Safari Al kisah sendiri merupakan kegiatan roadshow LAZ Al Azhar Sulawesi Selatan bersama Kak Heru dan Bona dari Rumah Dongeng Nusantara. Dengan bercerita tentang kisah islami yang diambil berdasarkan Alquran, seperti kisah Qarun, kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail tentang pengorbanan, dan masih banyak kisah-kisah menarik yang perlu disampaikan kepada anak-anak sejak dini. Tujuannya agar mereka tidak hanya memahami tentang berbagi tapi juga mengetahui kisah-kisah dalam Alquran sehingga kemurniaan Alquranpun tetap terjaga dengan baik.
Peduli Lingkungan, LAZ Al Azhar Jatim Ikuti Aksi Bersih Pantai
Siti Adidah 27/06/2022
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, LAZ Al Azhar perwakilan Jawa Timur bekerja sama dengan Lorong Education, BPBD Jatim, BPBD Surabaya dan juga puluhan lembaga sosial lainnya melakukan Aksi Bersih Pantai di wilayah Benteng Suramadu, Kenjeran, Surabaya, Minggu (26/06).
Pastikan Hewan Kurban Sehat, Peternak Binaan LAZ Al Azhar Lakukan Pengecekan Kesehatan
Siti Adidah 24/06/2022
Sebagai upaya untuk memastikan hewan yang akan dikurban terjamin kesehatannya, hewan ternak di KSM Cahaya Gemilang Tenjo di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor bersama UPT Peternakan Cigudeg melaksanakan pengecekan hewan. Cek kesehatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi penyakit pada hewan terlebih dengan maraknya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah melanda hewan di Indonesia, Kamis (23/6).
Al Azhar Luncurkan Fitur Baru Zakat Online
Khaerun Nisa 24/06/2022
Untuk memaksimalkan penghimpunan dana zakat fitrah dan zakat maal, LAZ Al Azhar mengadakan acara Zakat Day di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Selasa, 21 Mei 2019.
Kebahagiaan Untuk Keluarga Dhuafa Di Tengah Pandemi
Khaerun Nisa 24/06/2022
Kebahagiaan Ramadhan di tengah covid-19 dirasakan ribuan penerima manfaat di Sumatera Barat. LAZ Al Azhar kantor perwakilan Sumatera Barat secara konsisten melaksanakan kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian kepada keluarga dhuafa, para pekerja harian, lansia, dan anak-anak yatim dhuafa.
Milad Ke 16 Tahun, LAZ Al Azhar Usung Tema Gemilangkan Indonesia
Siti Adidah 24/06/2022
Memperingati hari jadi yang ke-16 tahun, LAZ Al Azhar menggelar tasyakuran yang diselenggarakan di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan (Selasa 01/12/20). Acara sederhana ini juga diselenggarakan secara virtual lewat live streaming agar para tamu undangan serta mitra yang tidak bisa datang ke lokasi tetap bisa menyaksikan secara langsung.
Usung Semangat Go Green, LAZ Al Azhar Distribusikan Daging Qurban Menggunakan Besek Bambu
Khaerun Nisa 24/06/2022
Pada momentum Idul Adha 1441 H, LAZ Al Azhar mendistribusikan hewan qurban ke 15 provinsi di Indonesia dengan total penerima manfaat sebanyak 18.624 keluarga. Penggunaan kemasan bebas plastik di gerakan sebagai bentuk pengurangan sampah plastik yang beredar di masyarakat. Daging qurban yang dibagikan kepada para penerima manfaat menggunakan wadah besek ataupun bongsang yang mampu menjadi alternatif agar sampah cepat terurai.
Laporan Keuangan LAZ Al Azhar 2019 Raih WTP, 12 Kali Berturut-Turut
Khaerun Nisa 24/06/2022
Laporan keuangan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar di tahun 2019 kembali meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Ispiady dan Dande pada bulan Agustus 2020. Capaian ini merupakan yang ke-12 kali secara berturut-turut di usianya yang menjelang 16 tahun atau sejak LAZ Al Azhar didirikan tahun 2004.
LAZ Al Azhar Ajak Anak Yatim Korban Banjir di Kampung Melayu Belanja Sepuasnya ke Mall
Siti Adidah 24/06/2022
"Kalau aku diajak ke mall, aku mau beli ciki," ungkap Haikal salah satu adik yatim saat diwawancara pada Selasa (9/02) lalu.
LAZ Al Azhar Gelar FGD Virtual Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Wujudkan Program SDGs
Siti Adidah 24/06/2022
LAZ Al Azhar menggelar Focus Group Discussion (FGD) secara virtual bersama Head CSR dari berbagai perusahaan dan mitra strategis. Hal ini dilakukan sebagai tanggung jawab bersama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi melalui peran CSR untuk mewujudkan Suntainable Development Goals (SDGs), Rabu, (10/03).
Di Dusun Dondong Sampah Berubah Menjadi Berkah
Khaerun Nisa 24/06/2022
Anggota bank sampah yang tergabung di Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kutut Manggung anggota bank sampah mengambil uang tabungannya yang diperoleh dari hasil menabung sampah rongsok nonorganik, Jumat (19/04).
LAZ Al Azhar Jawa Timur Beri Layanan Mudah dan Aman dengan Zakat Drive Thru
Khaerun Nisa 24/06/2022
LAZ Al Azhar Jawa Timur membuka layanan zakat secara drive thru di lingkungan SD Islam Al Azhar 11 yang berlokasi di Jalan Mulyosari, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Senin (19/04).
LAZ Al Azhar Luncurkan Aplikasi Crowdfunding Untuk Mudahkan Pelayanan
Siti Adidah 24/06/2022
Bertepatan dengan momen Milad YPI Al Azhar ke-69 pada Rabu, 7 April 2021, LAZ Al Azhar turut menyemarakkan kegiatan tersebut dengan peluncuran aplikasi crowdfunding. Tujuannya untuk memudahkan transaksi dan layanan bagi para donatur dan muzaki. Aplikasi ini dapat diakses secara langsung menggunakan smartphone di Google Play Store.
Tumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Ajak Anak Desa Puncu Ikut Wisata Literasi
Siti Adidah 23/06/2022
Guna menumbuhkan minat membaca pada anak-anak di Desa Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur LAZ Al Azhar Jawa Timur, Forum Lingkar Pena (FLP) Kediri, dan IPNU/IPPNU PKPT IAIN Kediri berkolaborasi dalam menggelar kegiatan Wisata Literasi. Program tersebut merupakan agenda pertemuan ke-15 dari program yang tengah berjalan yaitu program Literasi Lintas Desa.
National Zakat Day
Khaerun Nisa 22/06/2022
LAZ Al Azhar menyelenggarakan Al Azhar National Zakat Day pada hari Kamis, 29 April 2021 di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan.
Jemput Zakat
Khaerun Nisa 22/06/2022
Layanan Jemput Zakat LAZ AL Azhar siap hadir ke tempat kamu
Berzakat Semakin Mudah, Melalui Layanan Jemput Zakat LAZ Al Azhar
Khaerun Nisa 22/06/2022
Tim Layanan Jemput Zakat LAZ Al Azhar melakukan pelayanan ke rumah influencer Amritsa Raje. Kondisi pandemi yang tengah terjadi menjadi alasan untuk influencer ternama ini memanfaatkan layanan jemput zakat LAZ Al Azhar. Selain, padatnya aktivitas menjadi seorang konten kreator layanan jemput zakat menjadi solusi untuk Kak Raje dan keluarga dalam membatasi kegiatan berkerumun.
LAZ Al Azhar Hadirkan Zakat Drive Thru 24 Jam untuk Kemudahan Muzaki
Khaerun Nisa 22/06/2022
LAZ Al Azhar membuka layanan zakat drive thru yang dibuka selama 24 jam untuk melayani masyarakat dalam menunaikan ibadah zakat, infak, sedekah dan wakaf. Inovasi ini dilakukan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang melintas menggunakan kendaraan roda dua atau empat yang akan melaksanakan ZISWAF tanpa harus turun dari kendaraan.
Panen Raya Tiba Petani Desa Tibarau Panjang Bahagia
Khaerun Nisa 22/06/2022
LAZ Al Azhar melalui program Indonesia Gemilang terus mengembangkan perekonomian bagi masyarakat pedesaan. Pada Rabu, 9 Juni 2021 menjadi momen membahagiakan bagi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Tani, Desa Tibarau Panjang. Meskipun lahan pertanian mereka sempat terendam banjir beberapa waktu lalu, namun hasil panen raya yang diperoleh musim ini terbilang sukses.
Mandiri Sejak Kecil, Ramadhan Saleh Ingin Punya Masa Depan Lebih Baik
Siti Adidah 22/06/2022
Ramadhan Saleh (24) merupakan santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Surabaya angkatan ke-26. Pemuda yang akrab dengan panggilan Ramadhan ini berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan merupakan anak terakhir dari 6 bersaudara. Sejak kelas 2 SD, Saleh sudah ditinggal oleh sang ayah yang pergi ke Malaysia dan menikah lagi hingga menetap di sana sampai sekarang, disamping itu sang ibu telah menderita penyakit ODGJ.
LAZ Al Azhar Resmi Perpanjang Izin Operasional sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS)
Khaerun Nisa 20/06/2022
Izin operasional LAZ Al Azhar sebagai lembaga amil zakat di tingkat nasional secara resmi telah diperpanjang. Hal ini ditandai dengan diserahterimakan Surat Keputusan (SK) perpanjangan legalitas yang dilakukan oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Senin (21/06/2021).
Jumat Berkah, LAZ Al Azhar Cilacap Bagikan Ratusan Paket Makanan Siap Saji Bagi Keluarga Duafa
Siti Adidah 17/06/2022
LAZ Al Azhar Cilacap kembali mendistribusikan makanan siap saji bagi keluarga duafa, anak-anak yatim, penyandang disabilitas, dan jamaah masjid. Sebanyak 995 boks makanan dibagikan secara tersebar di beberapa titik yaitu di Kelurahan Tegalkamulyan, Sidanegara, Mertasinga, Dermaga Wijayapura, Tritih Lor, dan Tegalreja, Cilacap, Jumat, (5/11).
LAZ Al Azhar Distribusikan Paket Sembako Bagi Penyintas Banjir Kalimantan Tengah
Khaerun Nisa 17/06/2022
Katingan- Banjir yang melanda wilayah Kalimantan Tengah kian meluas. Sebanyak dua kabupaten terdampak banjir akibat meluapnya aliran Sungai Barito. Tim FORMULA LAZ Al Azhar bersinergi dengan LAZ Nurul Fikri sigap melakukan aksi penyaluran bantuan paket sembako untuk penyintas banjir yang berada di Desa Bakumbai, Kecamatan Kantingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Minggu (12/09).
Tim FORMULA LAZ Al Azhar Sigap Bantu Korban Banjir Rangkasbitung
Khaerun Nisa 17/06/2022
Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar mendistribusikan bantuan untuk para penyintas banjir di Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkas Bitung, Banten. Bantuan langsung diberikan secara simbolis kepada Lukman selaku pengurus posko dan Ketua Komunitas Jaringan Relawan untuk Masyarakat (JARUM), Selasa (14/9).
LAZ Al Azhar dan Sekolah Al Azhar Hadirkan Saung Ilmu di Desa Rawan Bencana
Khaerun Nisa 17/06/2022
Bekasi- LAZ Al Azhar bersinergi dengan SMPI Al Azhar 16 Cikarang menggelar acara peresmian Saung Ilmu bagi masyarakat Desa Pantai Harapanjaya, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/9).
Jumat Berkah, Bahagiakan Ratusan Keluarga Duafa dan Pekerja Harian di Cilacap
Khaerun Nisa 17/06/2022
Cilacap- Sebanyak 830 box makanan siap saji kembali disalurkan untuk pekerja harian, keluarga duafa dan panti rehabilitasi ODGJ yang berada di sekitar wilayah Cilacap, Jumat (17/9). Jumat berkah merupakan salah satu program berbagi rutinan yang dilakukan LAZ Al Azhar bersama Jamiyyah Al Azhar Cilacap.
KSM Bandaraya Cahaya Gemilang Tuai Hasil Panen Dapur Hidup
Khaerun Nisa 17/06/2022
Setalah hampir 45 hari yang lalu warga bergotong royong menanam di kebun petak percontohan tanaman sayuran, kini hasilnya sudah dapat mereka nikmati. Hasil panen sayuran ini sebagian besar dibawa pulang untuk dimakan bersama keluarga dan sebagian lagi dijual ke masyarakat yang pendapatannya akan disimpan untuk ditabung di KSM.
Mimpi Mantan Pengasuh Anak Jadi Fashion Desainer
Khaerun Nisa 17/06/2022
Sejak usia belia Maftuha Rizqoh (20) telah menjalani hidup cukup memprihatinkan. Meski hidup dengan banyak keterbatasan tapi perempuan tangguh yang akrab di panggil Maftuha ini mempunyai mimpi besar ingin menjadi fashion desainer seperti Ria Miranda idolanya.
Bank Indonesia dan LAZ Al Azhar Luncurkan Program RPP
Khaerun Nisa 17/06/2022
Program Rumah Pembiayaan Pertanian (RPP) resmi diluncurkan dalam Pre-event Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa, Kamis (25/09) oleh Bank Indonesia dan LAZ Al Azhar. Acara peluncuran dilakukan oleh Direksi LAZ Al Azhar dan General Manajer Program secara virtual.
LAZ Al Azhar Bersama FOZWIL DKI Menggelar Vaksinasi di Jakarta Pusat
Khaerun Nisa 17/06/2022
Kegiatan vaksinasi terus digelar sejumlah lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah. LAZ Al Azhar bersama lembaga zakat dalam naungan Fozwil DKI Jakarta juga turut menggelar vaksinasi di empat titik di wilayah Jakarta Pusat, Sabtu (25/9).
Potensi Wisata Agro Pertanian Besur Lamongan Pasca Pandemi
Khaerun Nisa 17/06/2022
Desa Besur terletak di Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dikenal dengan desa sejuta potensi. Potensi produktif mulai dari potensi pertanian hingga pariwisata. Hasil panen petani yang meningkat dan pertumbuhan ekonomi yang baik.
Kolaborasi Stakeholder Jawa Barat Dukung Kesejahteraan Petani Binaan LAZ Al Azhar
Khaerun Nisa 17/06/2022
Hari Selasa (28/09) kemarin tim dari Inspektorat Jenderal Kementrian Pertanian RI, BPTPH (Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura) Provinsi Jawa Barat dan Dinas BPP Kecamatan Pacet berkunjung ke salah satu Desa Binaan LAZ Al Azhar di Desa Cinanggela, Kecamatan Pacet, kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Atasi Dampak Banjir, Desa Cahaya Meranti Manfaatkan Rak Kayu untuk Budidaya Hortikultura
Khaerun Nisa 17/06/2022
Bandaraya- Komoditas hortikultura menjadi komoditas yang diminati masyarakat umum. Selain dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan dapur, tanaman ini juga memiliki nilai jual yang dapat menambah pemasukan pendapatan keluarga.
Alumni RGI Turut Sukseskan Kegiatan PON XX di Papua
Khaerun Nisa 17/06/2022
Alumni Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Jurusan fotografi dan videografi turut serta menjadi tim broadcast PON XX di Papua. Kesuksesan tengah dirasakan para alumni RGI yang tergabung dalam Propict, pasalnya mereka mendapatkan tugas untuk berkolaborasi menyukseskan kegiatan ajang olahraga nasional.
KUA Duren Sawit Gandeng LAZ Al Azhar Sukseskan Program Pendampingan Masyarakat
Khaerun Nisa 17/06/2022
LAZ Al Azhar hadir sebagai mitra sinergi dalam kegiatan rapat koordinasi pengelola program KUA percontohan dan verifikasi lapangan penerima bantuan pemberdayaan ekonomi umat di KUA Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Selasa (5/10).
Bank Indonesia Gandeng LAZ Al Azhar Luncurkan Program Desa Berdikari di Tasikmalaya
Khaerun Nisa 17/06/2022
Dalam rangka meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan petani, LAZ Al Azhar bersama Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia meluncurkan program Desa Berdikari yang berada di Desa Tanjungpura, Rajapolah, Tasikmalaya, Selasa (05/10). Acara ini dihadiri oleh Deputi DEKS BI Diana Yumanita secara virtual, Direktur LAZ Al Azhar H. Daram, Kepala BI Kantor Perwakilan Tasikmalaya Darjana, serta aparatur pemerintah dari Kabupaten Tasikmalaya.
Maksimalkan Potensi Kopi, KSM Binaan LAZ Al Azhar Buka Lahan Khusus
Khaerun Nisa 17/06/2022
Desa Cahaya yang merupakan program sinergi LAZ Al Azhar dan YBM PLN terus menebar manfaat untuk masyarakat. Kali ini, masyarakat yang bergabung dalam KSM Bandaraya Cahaya Gemilang bergotong royong membuka lahan seluas 2900 m2 untuk menanam kopi dataran rendah yaitu kopi liberika. Kopi jenis ini menjadi salah satu ciri khas kopi dari Kabupaten Kepulauan Meranti.
LAZ Al Azhar Bersama FOZ Jawa Timur Dukung Gerakan Beli dan Sedekah Telur
Khaerun Nisa 17/06/2022
Magetan-LAZ Al Azhar Jawa Timur turut berkolaborasi bersama Forum Zakat untuk mendukung gerakan aksi beli dan sedekah telur di wilayah Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/10).
Ketua PKK Kecamatan Rajapolah Hadiri Kegiatan Posyandu di Saung Ilmu Tanjungpura
Khaerun Nisa 17/06/2022
Kegiatan Posyandu Srikandi 7 di Saung Ilmu Tanjungpura Berdikari Kembali digelar. Agenda kegiatan terdiri dari pelayanan kesehatan bagi balita mulai dari penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Sedangkan untuk lansia, selain penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan juga dilakukan pemeriksaan tensi darah serta pemberian obat bagi yang membutuhkan, Senin (11/10).
Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar Ikuti Apel Kesiapsiagaan Tingkat DKI Jakarta
Khaerun Nisa 17/06/2022
Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar hadir mengikuti kegiatan apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan tingkat provinsi DKI Jakarta. Acara apel diadakan di Silang Monumen Nasional Sisi Selatan dan diikuti sebanyak 1.408 personil gabungan termasuk LAZ Al Azhar di dalamnya, Rabu (13/10).
Meriahkan Event ISEF 2021, Wakaf Al Azhar Gelar Talkshow ‘Wondership Waqf’
Khaerun Nisa 17/06/2022
Wakaf Al Azhar turut memeriahkan kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 oleh Bank Indonesia melalui talkshow virtual dengan tema ‘Wondership Waqf’. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara "Lelang Wakaf Produktif Road to ISEF 2021" yang dilaksanakan melalui via zoom dan juga live YouTube (Kamis, 14/10).
LAZ Al Azhar dan Kitabisa.com Terus Distribusikan Paket Sembako untuk Keluarga Terdampak Pandemi
Khaerun Nisa 17/06/2022
LAZ Al Azhar bersinergi bersama Kitabisa.com hingga saat ini masih terus hadirkan kebahagiaan untuk keluarga terdampak pandemi di wilayah Jabodetabek, Kamis (14/10). Paket solidaritas hadapi covid-19 diberikan untuk puluhan keluarga dalam memenuhi kebutuhan harian.
Sambut Hari Santri Nasional, LAZ Al Azhar Hadirkan MCK Baru untuk Ponpes Sehat Miftahussa'adah
Khaerun Nisa 17/06/2022
Bogor- Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021, LAZ Al Azhar membangun MCK dan tempat wudu untuk santri Pondok Pesantren Sehat Miftahussa'adah yang berlokasi di Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10). Selama bertahun-tahun 60 santrinya melakukan kegiatan Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK) dengan mengandalkan aliran sungai saja.
Kisah Jaenab, Penjual Bubur yang Merajut Mimpi di Rumah Gemilang Indonesia
Khaerun Nisa 17/06/2022
Kisah ini tentang Putri Siti Jaenab, penjual bubur yang ingin meraih mimpi melalui Rumah Gemilang Indonesia (RGI). Perempuan yang akrab disapa Jaenab ini sudah menjadi yatim sejak usianya 12 tahun. Sepeninggal ayahnya ia tidak bisa melanjutkan pendidikannya dan terpaksa mengubur segala impiannya.
Berbagi Paket Makanan Siap Saji untuk Warga Terdampak Pandemi
Khaerun Nisa 17/06/2022
LAZ Al Azhar dan Komunitas Berbagi Nasi Jakarta menyalurkan bantuan makanan siap saji bagi warga terdampak pandemi. Tim bergerak dengan menyusuri lokasi Rawamangun, Salemba, Pasar Senen, hingga Pasar Baru, Jakarta. Sebanyak 249 paket makanan siap saji dibagikan untuk pejuang keluarga yang bekerja hingga malam hari dan para tuna wisma.
Santri RGI Belajar Public Speaking Bareng News Anchor TV One
Khaerun Nisa 17/06/2022
Santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) mengikuti kegiatan sharing session bersama News Anchor TV One yaitu Andromeda Mercury. Acara ini berlangsung di Aula Nurhayati, kampus RGI Depok dengan mengangkat tema “How To Be A Great Public Speaker” pada Minggu, (24/10).
Dorong Peternakan Terintegrasi, LAZ Al Azhar dan YBM PLN Hadirkan Rumah Produksi Pupuk di Desa Rahayu
Khaerun Nisa 17/06/2022
Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Barat, LAZ Al Azhar dan YBM PLN membangun Rumah Produksi Pupuk untuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Karya Subur yang berlokasi di Desa Rahayu, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (29/10).
Wakil Bupati dan LAZ Al Azhar Cilacap Resmikan 19 Wakaf Sumur di Kampung Laut
Khaerun Nisa 17/06/2022
Dalam rangka memudahkan akses air bersih kepada masyarakat, Wakil Bupati Cilacap dan LAZ Al Azhar Cilacap meresmikan program 19 sumur wakaf di Desa Panikel, Kec. Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (29/10). Acara dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, Camat Kampung Laut Heru Kurniawan, Ketua Yapis Ibnu Sina Nizar Baasir, serta para kepala desa dan aparatur pemerintah setempat.
Tim FORMULA Bergerak Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir dan Puting Beliung di Lebak
Khaerun Nisa 17/06/2022
Lebak- Banjir dan puting beliung telah melanda rumah hunian sementara (Huntara) di wilayah Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar dengan sigap bergerak menyalurkan bantuan logistik dan terpal bagi korban terdampak, Senin, (1/11).
Darurat! Erupsi Gunung Semeru
Khaerun Nisa 17/06/2022
UPDATE Korban Erupsi Semeru: 62.804 Orang Terkena Dampak, 98 Luka Berat, 10 Hilang. Berdasarkan data yang dihimpun dari Pusat Krisis Kesehatan oleh Kementerian Kesehatan RI tentang Erupsi Gunung Semeru per Sabtu (4/12/2021) mencatat bahwa ada sebanyak 62.084 yang terkena dampaknya.
Update Darurat Erupsi Gunung Semeru
Khaerun Nisa 17/06/2022
Innalilahi wa innailaihi Raji'un ???? Demi ibu yang sudah lansia, sang anak rela lebih memilih sampai akhir hayat bersama memeluk orang tua tercinta.
Kondisi Desa Supit Urang, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur
Khaerun Nisa 17/06/2022
Kondisi rumah-rumah memprihatinkan, perkebunan sayur-mayur rusak dan kondisi jalan sepenuhnya tertimbun debu sisa erupsi. Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar, dibantu relawan masyarakat berbasis lokal pagi ini bergerak membantu proses evakuasi warga yang masih berada di sekitar desa.
Makanan Siap Saji untuk Penyintas Erupsi Gunung Semeru
Khaerun Nisa 17/06/2022
Paket makanan siap saji disalurkan di Dusun Supit urang kidul RT 10/RW 04 dan Dusun Gumukmas RT 04/RW 02, Desa Supit Urang, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jatim, Selasa, (7/12).
Aksi Medis Erupsi Gunung Semeru
Khaerun Nisa 17/06/2022
LAZ Al Azhar gelar aksi medis untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di wilayah Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sejak erupsi yang terjadi minggu lalu, warga mulai mengalami berbagai keluhan seperti gatal-gatal, sakit pada mata, sulit tidur, demam, dan masalah pernapasan.
Warga Lansia Terdampak Erupsi Semeru Dapatkan Bantuan Logistik
Khaerun Nisa 16/06/2022
Status Gunung Semeru masih dalam kondisi waspada. Warga terdampak hingga kini masih menempati posko-posko pengungsian. Sebagai bentuk kepedulian untuk para lansia, LAZ Al Azhar bersinergi dengan Gomax Adventure mendistribusikan logistik untuk lansia terdampak agar dapat beristirahat dengan layak, Sabtu, (11/12).
LAZ Al Azhar dan CIMB Niaga Beri Pelayanan Medis Gratis Untuk Pengungsi Erupsi Semeru
Khaerun Nisa 16/06/2022
Lumajang- LAZ Al Azhar berkolaborasi bersama CIMB Niaga Syariah dan CIMB Niaga menggelar aksi medis bagi para penyintas erupsi Gunung Semeru, Minggu, (12/12).
LAZ Al Azhar bersama CIMB Niaga Salurkan Bantuan Paket Sembako dan Logistik
Khaerun Nisa 16/06/2022
Lumajang- LAZ Al Azhar, CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah berkolaborasi berbagi kebahagiaan untuk para penyintas erupsi Gunung Semeru dengan menyalurkan 183 paket sembako, 2000 box makanan siap saji, 50 paket keperluan balita dan anak, 50 paket perlengkapan pakaian hangat di Desa Supit Urang, Kecamata Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa, (14/12).
LAZ Al Azhar, Raena Cosmetic, dan Kitabisa Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Kurir dan Lady Ojol
Khaerun Nisa 16/06/2022
LAZ Al Azhar, Raena Cosmetic, dan Kitabisa berkolaborasi hadirkan kebahagiaan untuk para kurir dan lady ojol terdampak pandemi di wilayah Bintaro dan Cirendeu, Tangerang Selatan. Sebanyak 153 paket sembako diberikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi keluarga terdampak Covid-19, Rabu, (15/12).
Kolaborasi LAZ Al Azhar dan YKPU Bantu Bersihkan Rumah Penyintas Erupsi Semeru
Khaerun Nisa 16/06/2022
Sinergi LAZ Al Azhar dan YKPU melakukan aksi bersih-bersih rumah penyintas erupsi Gunung Semeru di Kampung Umbulan, Dusun Sumbersari, Pronojiwo, Lumajang.
Saung Ilmu Tanjungpura dan Pejuang Muda Kemensos RI Gelar Workshop Budidaya Hidroponik
Khaerun Nisa 16/06/2022
Saung Ilmu Tanjungpura Berdikari mendapat kunjungan dari Pejuang Muda Kemensos RI. Pejuang Muda merupakan program Kemensos yang diperuntukkan bagi mahasiswa agar berperan dalam penanganan kemiskinan dan masalah sosial di masyarakat sekaligus berkolaborasi dalam program pemberdayaan sosial bagi keluarga penerima manfaat (KPM).
Bantu Penyintas Erupsi Semeru, LAZ Al Azhar dan MTT Gelar Aksi Medis
Khaerun Nisa 16/06/2022
Lumajang-LAZ Al Azhar dan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) gelar aksi medis untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di wilayah Kampung Renteng, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin, (20/12).
Supriyanto, Mantan Penambang Batu Bermimpi Jadi Pengusaha Restoran
Khaerun Nisa 16/06/2022
Ini kisah tentang Supriyanto (19), santri Rumah Gemilang Indonesia–sebelumnya adalah penambang batu–yang bermimpi jadi pengusaha restoran.
Tim FORMULA Salurkan Paket Sembako Bagi Petani Penyintas Erupsi Semeru
Khaerun Nisa 16/06/2022
Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar melakukan aksi berbagi sembako kepada para petani yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Senin (27/12).
Dukung Pendidikan di Pelosok, LAZ Al Azhar dan YBM PLN Salurkan Bantuan Paket Sekolah
Khaerun Nisa 16/06/2022
Semangat yang tidak pernah padam dalam menuntut ilmu inilah yang menginisiasi LAZ Al Azhar dan YBM PLN, hadirkan bantuan paket sekolah untuk anak-anak di Desa Cahaya Sokop, Kepulauan Meranti, Riau.
Bisnis Melejit, Berkah Program Pemberdayaan Ekonomi Umat
Khaerun Nisa 16/06/2022
Dulu omzetnya hanya 3 juta rupiah perbulan. Setelah mengikuti pendampingan dan pelatihan kini omzetnya naik drastis bisa sampai 15 juta rupiah. Annisa menyatakan, saat ini dirinya telah menguasai tata kelola keuangan dari materi pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh LAZ Al Azhar dan Penyuluh Agama Islam.
Kopi Laharpang Peroleh Sertifikasi Halal
Khaerun Nisa 16/06/2022
Kini salah satu produk binaan LAZ Al Azhar yaitu kopi “Laharpang” telah mendapatkan sertifikasi halal yang diterbitkan pada 7 Desember 2021. Kopi “Laharpang” merupakan hasil olahan unggulan dari kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Lamor Kelud yang berada di Desa Puncu, Kediri, Jawa Timur.
8 Tahun Tak Miliki Listrik Sendiri, Kini Pak Mulyadi Dapatkan Listrik Harapan LAZ Al Azhar
Khaerun Nisa 15/06/2022
Listrik Harapan merupakan salah satu program LAZ Al Azhar Jawa Tengah. Program tersebut bertujuan untuk membantu keluarga duafa yang belum memiliki listrik secara mandiri. Hadirnya program Listrik Harapan, menjadi solusi untuk keluarga duafa di tengah masyarakat yang membutuhkan uluran tangan mulai terbantu.
Satu Tahun Berdiri, Koperasi Syariah Pelita Jampang Gemilang Bebaskan Warga dari Praktek Riba
Khaerun Nisa 15/06/2022
Kehadiran Koperasi Syariah Pelita Jampang Gemilang semakin menebar manfaat, khususnya bagi masyarakat wilayah Jampang Bogor dan sekitarnya. Sejak satu tahun silam terdaftar menjadi koperasi syariah yang mulanya berbentuk KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) kini tidak hanya melayani pembiayaan dengan akad syar'i (murabahah) akan tetapi juga melayani akad tabungan, serta investasi dengan sistem bagi hasil secara syar'i dalam model pembagian sisa hasil usaha (SHU) dikala rapat anggota tahunan (RAT).
Bantu Penyintas Banjir Garut, LAZ Al Azhar dan Bank Mega Syariah Distribusikan Paket Sembako
Khaerun Nisa 15/06/2022
Tim FORMULA LAZ Al Azhar bersinergi dengan Bank Mega Syariah dalam aksi tanggap bencana pasca banjir bandang yang terjadi di Desa Sukamukti, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat (28/12). Puluhan paket sembako disalurkan sebagai upaya meringankan beban dan pemenuhan gizi bagi penyintas bencana.
Pulihkan perekonomian Masyarakat, LAZ Al Azhar Gulirkan Bantuan RPP
Khaerun Nisa 15/06/2022
Banten- Mengawali tahun 2022, pengurus Saung Ilmu Kampung Zakat Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten mengadakan rapat bersama dan pengguliran dana Rumah Pembiayaan Pertanian dan Peternakan (RPP) untuk dimanfaatkan para anggotanya, Minggu, (2/2). LAZ Al Azhar secara konsisten mengembangkan pemeberdayaan masyarakat Desa sebagai upaya pengentasan kemiskinan dengan memaksimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitarnya.
RGI Gelar Wisuda Akbar, Ratusan Santri RGI Siap Bersaing di Dunia Profesional
Khaerun Nisa 15/06/2022
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar kembali menggelar kegiatan Wisuda Akbar Santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Angkatan ke-24 dan ke-25 di Aula Masjid Raya Al Azhar Bintaro, Tangerang Selatan (Kamis (6/1). Sebanyak 184 santri mengikuti prosesi wisuda baik secara offline ataupun online yang merupakan gabungan dari beberapa kampus RGI seperti kampus Depok, Surabaya, Sentra Primer, Yogyakarta dan Magelang.
Gelar Wisuda Akbar, Ratusan Santri RGI Siap Berkiprah di Dunia Profesional
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar kembali menggelar kegiatan Wisuda Akbar Santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Angkatan ke-24 dan ke-25 di Aula Masjid Raya Al Azhar Bintaro, Tangerang Selatan (Kamis (6/1). Sebanyak 184 santri mengikuti prosesi wisuda baik secara offline ataupun online yang merupakan gabungan dari beberapa kampus RGI seperti kampus Depok, Surabaya, Sentra Primer, Yogyakarta dan Magelang.
Aksi Layanan Kesehatan Gratis Bahagiakan Lansia di Dusun Pagak Cilacap
Khaerun Nisa 15/06/2022
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar berkolaborasi dengan Yayasan Rintisan Amal Bunda melakukan aksi pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga lansia di Dusun Pagak, Kelurahan Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, (7/1). Kegiatan ini merupakan bagian dari pendampingan lansia yang rutin dilakukan di desa binaan LAZ Al Azhar demi berjalannya program pemberdayaan masyarakat pada sektor kesehatan masyarakat desa
Kisah Didi, Buruh Ternak yang Kini Punya Domba Sendiri
Khaerun Nisa 15/06/2022
Didi (49th) adalah seorang penggaduh domba asal Bandung yang sudah berhasil mandiri. Jika dulunya dia hanya bekerja memelihara domba, kini Didi sudah memetik hasilnya dengan memiliki 9 ekor domba sendiri. Selain itu dia juga bisa merenovasi rumah tanpa harus mencari pinjaman, membeli lahan, biaya pendidikan anak, dan memiliki kandang domba yang layak dengan kapasitas 15 ekor.
Apresiasi LAZ Al-Azhar, Kemenag Harapkan Kampung Zakat Lebak Semakin Berkembang
Khaerun Nisa 15/06/2022
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag), Tarmizi, berharap program Kampung Zakat di Desa Ciladaeun, Kabupaten Lebak, Banten dapat semakin berkembang melalui pendampingan yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar.
Saefullooh, Petani Usia Senja Miliki Semangat Berjuang Untuk Desa
Khaerun Nisa 15/06/2022
Di usianya yang sudah tua (58th), Bapak Saefullooh tetap semangat melanjutkan perjuangannya menjadi petani pangan di Desa Mekarjaya, Bandung, Jawa Barat.
Kolaborasi Anggota FOZ DKI Kirimkan Bantuan Logistik Recovery Semeru
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar sebagai salah satu anggota Forum Zakat (FOZ) DKI Jakarta turut serta berkolaborasi dalam melakukan aksi pengumpulan bantuan recovery untuk pengungsi Gunung Semeru. Pemberangkatan bantuan logistik secara simbolis dilakukan langsung oleh Dian Pasha selaku Ketua FOZ DKI Jakarta di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, (15/1).
LAZ Al Azhar Raih Dua Penghargaan Dalam Baznas Award 2022
Khaerun Nisa 15/06/2022
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar meraih dua penghargaan dalam ajang Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award 2022 yang digelar di Jakarta, Senin (17/1). Dua penghargaan yang diterima LAZ Al Azhar adalah, kategori LAZNAS dengan Program Pendayagunaan ZIS Terbaik dan LAZNAS dengan Koordinasi Pengelolaan Zakat Terbaik.
LAZ Al Azhar Salurkan Bantuan Biaya Pendidikan untuk Ratusan Anak Yatim
Khaerun Nisa 15/06/2022
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menyalurkan bantuan biaya pendidikan untuk 120 adik yatim binaan se-Jabodetabek. Kegiatan ini menjadi salah satu Program My Heart for Yatim sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan adik yatim yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah. Momentum ini, sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan sosialisasi bersama dengan wali yatim, mitra My Heart for Yatim, dan tim LAZ Al Azhar, Senin (17/1).
Koperasi Syariah Pelita Jampang Gemilang Sukses Budidaya Ikan Air Tawar
Khaerun Nisa 15/06/2022
Pengurus Koperasi Syariah Pelita Jampang Gemilang binaan LAZ Al Azhar berhasil memanen ikan air tawar hasil budidaya bersama. Sebanyak 3.400 ikan tawar jenis patin ini telah laku terjual di kolam buatan milik anggota koperasi syariah di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, (19/01).
LAZ Al Azhar Terjunkan Tim Formula Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Banten
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar menerjunkan Tim Formula untuk mendistribusikan bantuan kepada penyintas gempa Banten pada hari Selasa (18/1). Bantuan berupa paket sembako ini diberikan kepada penyintas gempa yang ada di Desa Tamanjaya, Pandeglang, Banten
Outbond Ceria Bareng Anak-Anak My Heart for Yatim di Klaten
Khaerun Nisa 15/06/2022
Anak-anak My Heart for Yatim binaan LAZ Al Azhar Jawa Tengah mengikuti kegiatan outbond ceria ke tempat wisata air yang berada di Kota Klaten, Jawa Tengah. Momentum ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak yatim yang berasal dari keluarga berpenghasilan minim.
Anak-anak Desa Sokop Manfaatkan Balai Cahaya untuk Kegiatan Tari budaya Nusantara
Khaerun Nisa 15/06/2022
Balai Cahaya di desa binaan yang berada di Desa Sokop, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau ini dimanfaatkan adik-adik sekolah untuk latihan tari tradisional, Senin (24/1).
Manfaatkan Rumah Bibit, Ibu-ibu Desa Tanjungpura Semai Bibit untuk Dapur Hidup
Khaerun Nisa 15/06/2022
Ibu-ibu di Desa Tanjungpura melakukan kegiatan penyemaian bibit tanaman bersama di Rumah Bibit Desa Tanjungpura yang berlokasi di Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Adapun benih-benih yang disemai diantaranya cabe rawit, tomat, kemangi Bandung dan pokcay. Keberadaan rumah bibit di desa binaan LAZ Al Azhar memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, Selasa, (25/1).
Pembangunan Saung Ilmu Desa Energi Tanahbaru Karawang
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar bersama Bazma Pertamina berkolaborasi dalam program pemberdayaan masyarakat desa. Sebagai instrumen pendukung berjalannya program Desa Energi, saat ini tengah dilakukan pembangunan Saung Ilmu sebagai knowledge center bagi masyarakat, Rabu (26/1).
Jamiyyah Al Azhar Kirimkan Bantuan Mainan Anak untuk Penyintas Gunung Semeru
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar Jawa Timur bersama Jamiyyah Al Azhar distribusikan bantuan mainan anak untuk adik-adik penyintas awan panas guguran (APG) Gunung Semeru. Berbagai macam jenis mainan anak dibagikan kepada adik-adik penyintas di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sebagai bentuk dukungan untuk mengobati rasa trauma pasca bencana Gunung Semeru.
Madu Klanceng Produk Binaan LAZ Al Azhar Miliki Sertifikasi Halal
Khaerun Nisa 15/06/2022
Alhamdulillah, madu klanceng produksi LAZ Al Azhar Cilacap mendapatkan perpanjangan sertifikat halal dari BPJPH. Masa perpanjangan tersebut sampai dengan April 2025.
Warga Dusun Bandaraya Manfaatkan Saung Ilmu untuk Tempat Vaksin
Khaerun Nisa 15/06/2022
Saung Ilmu hadir di desa binaan LAZ Al Azhar sebagai knowledge center bagi masyarakat. Tapi di Dusun Bandaraya, Desa Sokop, Kec. Rangsang Pesisir, Kab. Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Saung Ilmu yang diberi nama Balai Cahaya ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua.
Kisah Nazri, Penyadap Karet yang Kini Mandiri dengan Membuka Usaha Bengkel
Khaerun Nisa 15/06/2022
Ini kisah Muhammad Nazri, pemuda asal Medan Sumatera Utara yang merupakan alumni Rumah Gemilang Indonesia (RGI) kelas otomotif angkatan ke-19. Siapa sangka, anak dari seorang buruh di perkebunan karet ini mampu membuka usaha bengkel sendiri. Sosok Nazri memiliki semangat yang tinggi untuk memperbaiki keadaan ekonomi keluarga. Perjuangannya pun menjadi cerita inspiratif tersendiri
Kedai Lamor Coffee Jadi Destinasi Ngopi Bagi Komunitas
Khaerun Nisa 15/06/2022
Kedai Lamor Coffee yang merupakan salah satu kelompok usaha bersama (KUB) dari KSM Lamor Kelud Sejahtera memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan masyarakat dalam kota dan juga berbagai komunitas di luar kota, salah satunya komunitas Terios. Sebanyak 25 unit mobil dari komunitas ini mengunjungi Lamor Coffee untuk menghilangkan penat sekaligus menikmati kopi Laharpang yang menjadi produk unggulan di kedai yang berlokasi di Dusun Laharpang, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini.
Desa Berdikari Dorong Terwujudnya Program Halal Value Chain Bank Indonesia
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar turut berkontribusi dan menjadi bagian dalam rangkaian acara Silaturahmi dan Peluncuran Program Pengembangan Ekosistem Rantai Nilai Halal (Halal Value Chain) oleh Bank Indonesia, Sabtu (05/02).
Usaha Parfum Husnul Meningkat, Berkah Dampingan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar melakukan kerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur dalam menjalankan program percontohan pemberdayaan ekonomi umat. Program yang diinisiasi dari Kementerian Agama RI ini berhasil membantu memajukan usaha yang dimiliki Husnul sebagai penjual parfum, Sabtu (5/02).
Bangkitkan Minat Generasi Muda dengan Kegiatan Literasi Lintas Desa
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar berkolaborasi bersama Forum Lingkar Pena (FLP) dan mahasiswa IAIN Kediri dan IPNU-IPPNU Komisariat IAIN Kediri dalam menjalankan Program Literasi Lintas Desa. Program ini dijalankan sebagai upaya bersama dalam membangun karakter yang tangguh dan berdaya saing bagi generasi muda di Dusun Laharpang, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Selasa, (21/03).
LAZ Al Azhar dan Anggota Bimrohis Perkuat Silaturahmi dan Koordinasi
Khaerun Nisa 15/06/2022
LAZ Al Azhar menggelar acara silaturahmi sekaligus koordinasi Da’i Bimbingan Rohani Islam (Bimrohis) YPI Al Azhar di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, (22/03).
Siap Berikan Layanan Terbaik, LAZ Al Azhar Gelar Pelatihan untuk Relawan Ramadan 1443 H
Khaerun Nisa 15/06/2022
Jelang Ramadan, LAZ Al Azhar menggelar acara training relawan Ramadhan 1443 H. Training dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa, 22 Maret 2022 sampai Kamis, 24 Maret 2022 yang nanti akan ditempatkan di beberapa mall dan masjid di area Jabodetabek.
Berkah Zakat, Wujudkan Mimpi Riyana Menjadi Womenpreneur
Siti Adidah 15/06/2022
Riyana Nur Kumala (23), merupakan salah satu lulusan Rumah Gemilang Indonesia (RGI) kampus Surabaya. Perempuan asal Kediri ini memiliki keinginan untuk menjadi womenpreneur.
Panen Raya Tiba, Anggota KSM Gemah Ripah Turut Bahagia
Siti Adidah 15/06/2022
Anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Gemah Ripah di Dusun Plumbon Kidul, Kelurahan Puloharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah tengah berbahagia. Pasalnya memasuki musim panen kali ini, mereka mendapatkan hasil panen yang melimpah. Hal ini dirasakan oleh salah satu anggota yaitu Suyoto.
Kesenangan Hati Datang Saat Berbagi pada Orang yang Tepat
Siti Adidah 15/06/2022
Yoke Syamsidar, merupakan salah satu muzakki setia LAZ Al Azhar yang memiliki hobi traveling. Dibalik aktivitasnya mengurus keluarga, ibu tiga anak ini memiliki sikap senang berbagi dan peduli terhadap kerabat juga orang lain. Secara rutin ia turut mendukung program-program pemberdayaan LAZ Al Azhar.
Berkah Zakat, Bantu Wujudkan Jamhari Jadi Petani Sejati
Khaerun Nisa 14/06/2022
Jamhari (47) merupakan salah satu anggota Koperasi Mitra Mandiri Sejahtera (KMMS), Saung Ilmu Desa Pantai Harapan Jaya, Muara Gembong, Bekasi. Ayah dari 4 orang anak ini telah menggeluti dunia pertanian sejak kecil dengan ikut serta membantu orang tuanya.
LAZ Al Azhar Gelar Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Bersama Karang Taruna
Khaerun Nisa 14/06/2022
Guna meningkatkan pemahaman mengenai teori dan konsep mitigasi bencana bagi masyarakat, LAZ Al Azhar melakukan pelatihan dasar penangan bencana atau manajemen bencana bersama karang taruna di wilayah Bintaro. Kegiatan pelatihan digelar di Ruang Training Center Masjid Al Azhar Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis, (31/03).
LAZ Al Azhar dan MTTG Distribusikan Paket Sembako dan Aksi Medis Bagi Penyintas Gempa di Pasaman Barat
Khaerun Nisa 14/06/2022
LAZ Al Azhar bersinergi bersama Majelis Ta'lim Telkom Group (MTTG) menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada warga terdampak gempa bumi di Jorong Pinagar, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Jum'at (01/04).
Bantuan Kaki Sambung Untuk Adik Arya
Khaerun Nisa 14/06/2022
“Kadang dia bilang kakinya itu sakit, tapi kadang ditanya lagi sakit ndak kakinya, Le?, dia jawab “Mboten Bu”. Tapi ini sampai gini, baru satu tahun ini kaki sambungnya diganti padahal sudah sempit dan sesak. Sampai dikasih plester sama kakungnya, tapi tetep nekat dia pake buat lari-lari,” ungkap Martini.
LAZ Al Azhar Salurkan Paket Sembako untuk Guru Ngaji dan Pondok Pesantren
Khaerun Nisa 14/06/2022
Melalui program Zona Bahagia, LAZ Al Azhar mendistribusikan paket sembako untuk guru ngaji dan santri di Pondok Pesantren Darul Falah yang berlokasi di Kampung Pasar Rebo, Desa Bojong, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, (6/04).
Berbagi Bahagia Ramadan, LAZ Al Azhar Salurkan Paket Sembako untuk Pegiat UMKM
Khaerun Nisa 14/06/2022
Dalam rangka memperingati Milad Ke 70 YPI Al Azhar, LAZ Al Azhar dan Jamiyyah Al Azhar melakukan aksi bakti sosial dengan mendistribusikan paket sembako, salah satunya untuk pegiat UMKM yang bermitra dengan Kemenag RI. Sebanyak 90 paket sembako disalurkan di tiga titik lokasi yaitu di KUA Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, KUA Biringkanaya, Sulawesi Selatan, dan KUA Matangkuli, Aceh Utara, Kamis (07/04).
RGI Kelas Kuliner Halal Yogyakarta Rutin Bagikan Takjil Gratis
Khaerun Nisa 14/06/2022
Ramadan menjadi kesempatan terbaik untuk terus berbagi. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Yogyakarta. Para santri jurusan kelas Kuliner Halal membagikan ratusan paket takjil untuk berbuka puasa di sekitar Taman Denggung Sleman, Yogyakarta.
LAZ Al Azhar Distribusikan Bantuan Paket Sembako ke Pulau Panggang
Khaerun Nisa 14/06/2022
Dalam rangka memperingati Milad ke 70 YPI Al Azhar, LAZ Al Azhar berkolaborasi dengan Salam Jamiyyah Al Azhar memberikan paket sembako kepada masyarakat binaan LAZ Al Azhar di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kamis (7/4).
Zona Bahagia Ramadan, Anak Yatim Binaan LAZ Al Azhar Ikuti Buka Puasa Bersama
Khaerun Nisa 14/06/2022
Anak yatim binaan LAZ Al Azhar mengikuti kegiatan buka puasa bersama yang digelar oleh Mahasiswa Fakultas Manajemen Universitas Pamulang. Sebanyak 30 adik yatim hadir di rumah My Heart yang berlokasi di Jalan Anggrek Raya, Pengasinan, Sawangan, Depok, Minggu (10/4).
LAZ Al Azhar Cilacap Bagikan Ratusan Paket Buka Puasa
Khaerun Nisa 14/06/2022
LAZ Al Azhar Cilacap mendistribusikan 236 paket makanan untuk buka puasa dan 85 cup takjil untuk masyarakat sekitar Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (11/04).
Siap Layani Umat, LAZ Al Azhar Jawa Timur Buka Gerai Zakat Drive Thru
Khaerun Nisa 14/06/2022
LAZ Al Azhar Jawa Timur hadirkan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk membayar zakat, infaq, sedekah dan wakaf lewat fasilitas Zakat Drive Thru. Opening ceremony gerai ziswaf dilakukan di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 11 Surabaya, Selasa, (12/04).
Santri RGI Ikuti Kegiatan Factory Tour
Khaerun Nisa 14/06/2022
Santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI), Kampus Depok melaksanakan kegiatan Factory Tour. Factory tour ini menjadi salah satu program rutin yang disediakan untuk para santri RGI sebagai kesempatan untuk belajar secara langsung mengenai proses produksi dan proses kerja dalam perusahaan.
Berkah Ramadan, Warga Dusun Buntalan Gelar Peresmian Saung Ilmu dan Buka Puasa Bersama
Khaerun Nisa 14/06/2022
Wonogiri- Keberkahan bulan Ramadan turut dirasakan masyarakat Dusun Buntalan Wetan di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah. Desa binaan LAZ Al Azhar mengadakan acara peresmian Saung Ilmu sekaligus buka puasa bersama pada Minggu, (17/04).
Al Azhar Zakat Day, Momen Pembayaran Zakat Serentak Keluarga Besar Al Azhar
Khaerun Nisa 14/06/2022
Dalam rangka memfasilitasi semangat keluarga besar Al Azhar melakukan pembayaran zakat, infaq, sedekah, dan wakaf di bulan Ramadhan tahun ini, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar kembali mengadakan Al Azhar Zakat Day. Kegiatan ini merupakan momentum gerakan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf bersama seluruh keluarga besar Al Azhar, mulai dari pengurus yayasan, para pimpinan, guru, dosen, pegawai, hingga jamaah masjid-masjid Al Azhar. Ditargetkan penghimpunan Ramadan LAZ Al Azhar tahun 2022 ini sebesar 20 miliar rupiah.
Bahagia Berbagi Paket Buka Puasa di Pelosok Desa
Khaerun Nisa 14/06/2022
Banten- Ramadan menjadi momentum indah untuk berbagi. Melalui program buka puasa bersama, LAZ Al Azhar dan Kemenag RI turut memberikan kebahagiaan untuk warga Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten dengan membagikan paket takjil dan makanan siap saji, Rabu (20/04).
LAZ Al Azhar dan BI Jawa Timur Gelar Kegiatan Bimbingan Teknis Ikrar dan Sertifikasi Halal untuk UMK di Kabupaten Lamongan
Khaerun Nisa 14/06/2022
Berdasarkan amanah Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Lembaga Amil Zakat Al Azhar Perwakilan Jawa Timur melakukan kerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur juga menggandeng Halal Center Baitul Maghfirah Malang (HCBM) dan Sistem Penjamin Mutu Halal Internal (SPMHI) memberikan fasilitas ikrar halal dan sertifikasi halal bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu, (20/04).
Wakaf Al Quran Hadirkan Semangat Baru Bagi Santri di Lebak, Banten
Khaerun Nisa 14/06/2022
Keceriaan terpancar dari wajah para santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Ikhlas di Desa Curug Badak, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten. Pasalnya kini mereka dapat belajar membaca Al Quran dengan khusyuk dan nyaman berkah bantuan dari donasi wakaf Al Quran yang diberikan tim Wakaf Al Azhar.
Bahagiakan Anak Yatim Lewat Belanja Kebutuhan Lebaran
Khaerun Nisa 14/06/2022
Ramadan menjadi momen terbaik untuk berbagi, tidak terkecuali untuk membahagiakan adik-adik yatim duafa. LAZ Al Azhar mengajak adik yatim untuk ikut membeli kebutuhan guna menyambut Idul Fitri 1443 H. Belanja bersama yatim kali ini dilakukan di Ciplaz Parung (Ramayana), Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Sabtu, (23/04).
Berzakat Hadirkan Keberkahan Bagi Perusahaan
Khaerun Nisa 14/06/2022
Zakat menjadi salah satu ibadah yang masuk di lima rukun Islam dan hukumnya wajib untuk ditunaikan bagi mereka yang memiliki kelapangan harta dan telah memenuhi syarat. Berdasarkan jenisnya zakat dibagi menjadi 2 jenis yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat jenis maal juga memiliki beragam bentuk salah satunya zakat yang dikeluarkan oleh perusahaan.
LAZ Al Azhar Jateng Berbagi Perlengkapan Sekolah untuk Yatim dan Duafa
Khaerun Nisa 14/06/2022
LAZ Al Azhar Perwakilan Jawa Tengah mengadakan kegiatan buka bersama dan berbagi alat tulis sekolah di Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (27/04).
Bahagiakan Duafa di Momen Idulfitri, LAZ Al azhar dan MTT Salurkan Parcel Lebaran
Khaerun Nisa 14/06/2022
LAZ Al Azhar berkolaborasi dengan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) dalam menyalurkan parcel lebaran untuk keluarga duafa. Jelang hari raya Idulfitri 1443 H, 30 parcel lebaran diberikan di beberapa titik lokasi yaitu daerah Rempoa, Cirendeu - Tangerang Selatan, dan Sawangan - Depok, Senin, (25/04).
Sosok Inspiratif Penggerak Pemberdayaan Pemuda Produktif di Aceh
Khaerun Nisa 14/06/2022
Ulfa Mutia, menjadi sosok wanita inspiratif penggerak program pemberdayaan pemuda produktif di Aceh. Ia saat ini menajabat sebagai Kepala Kantor Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Kampus Aceh. Bergabungnya Ulfa di LAZ Al Azhar dan RGI bermula saat bencana gempa bumi yang menimpa Aceh pada tahun 2016 silam. Kala itu Ulfa menjadi relawan lokal dan membantu tim Formula LAZ Al Azhar dalam melakukan aksi kemanusiaan di lokasi bencana.
LAZ Al Azhar Berikan Paket Apresiasi Yatim dan Guru Ngaji
Khaerun Nisa 14/06/2022
Guna berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan, LAZ Al Azhar bersama pengurus Masjid Raya Al Azhar Bintaro menggelar kegiatan apresiasi anak yatim dan duafa juga pemberian apresiasi da'i dan guru ngaji bertempat di Aula Masjid Raya Al Azhar Bintaro, Selasa (26/04).
LAZ Al Azhar dan Askrindo Syariah Salurkan Paket Sembako untuk Keluarga Duafa
Khaerun Nisa 14/06/2022
LAZ Al Azhar berkolaborasi dengan PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah dalam menyalurkan paket sembako untuk keluarga duafa. Melalui program Zona Bahagia Ramadan sebanyak 100 paket sembako dibagikan di tiga titik lokasi yaitu di lingkungan PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah, Yayasan Duafa Bantar Gebang dan Pondok Pesantren Nurul Huda, Lebak Banten.
LAZ Al Azhar dan PAM Jaya Kirimkan Paket Sembako ke 20 Panti Asuhan
Khaerun Nisa 14/06/2022
PAM Jaya berkolaborasi dengan LAZ Al Azhar dalam program Zona Bahagia Ramadan 1443 H. Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan keluarga duafa, PAM Jaya memberikan amanah kepada LAZ Al Azhar untuk menyalurkan 20 paket sembako untuk 20 panti asuhan yang berada di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Bimas Islam Kemenag Beri Apresiasi Saat Kunker ke KUA Percontohan Ekonomi Umat Duren Sawit
Khaerun Nisa 14/06/2022
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI Tarmizi Tohor melalukan kunjungan kerja ke KUA Duren Sawit, Jakarta Timur (Kamis 12/05). Dalam kunjungan ini juga dihadiri oleh Kasubdit Edukasi, Inovasi dan Kerjasama Zakat Wakaf Kementerian Agama Wida Sukmawati, Wakil Direktur LAZ Al Azhar Rahmatullah Sidik, dan Kepala KUA Duren Sawit Maskur untuk melihat secara langsung progres program KUA Percontohan Ekonomi Umat yang tengah digulirkan bersama LAZ Al Azhar.
Serah Terima Jabatan Kepala Bidang Perberdayaan Umat YPI Al Azhar
Khaerun Nisa 14/06/2022
Bertempat di kampus Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Sawangan, Depok dilakukan kegiatan serah terima jabatan (sertijab) Kepala Bidang Pemberdayaan Umat, Direktorat Dakwah dan Sosial di lingkungan YPI Al Azhar, Rabu (18/05).
LAZ Al Azhar Gelar Acara Halal Bihalal dan Temu Amil Nasional
Khaerun Nisa 14/06/2022
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar menggelar acara Halal Bihalal Idul Fitri 1443 H dan Temu Amil Nasional di Kampus Rumah Gemilang Indonesia (RGI), Rabu (18/05). Kegiatan ini dihadiri oleh amil di wilayah Jakarta dan Depok secara tatap muka dan secara daring untuk kantor layanan Sumatera Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.
Gelar KKN di Desa Gemilang, Mahasiswa UAI Ajak Warga Kuatkan Kemandirian Desa
Khaerun Nisa 14/06/2022
Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa-desa binaan LAZ Al Azhar. Sebanyak 23 kelompok KKN diterjunkan ke beberapa wilayah mulai dari Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi hingga Karawang. Kegiatan tersebut dimulai sejak Sabtu, 14 Mei 2022.
RPP Hadir Menjadi Solusi Bagi Petani Ubi dan Padi di Desa Cilembu
Khaerun Nisa 14/06/2022
Rumah Pembiayaan Pertanian (RPP) menjadi salah satu instrumen program pemberdayaan yang dijalankan LAZ Al Azhar dan YBM PLN di Desa Cahaya Cilembu yang berlokasi di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengguliran dana permodalan diberikan langsung kepada anggota KSM Cilembu Berdaya pada Sabtu, (21/05).
LAZ Al Azhar dan BAMUIS BNI Teken Kerjasama untuk Mandirikan Generasi Produktif
Siti Adidah 10/06/2022
Dalam rangka mencetak generasi muda duafa yang mandiri dan berketerampilan, LAZ Al Azhar dan BAMUIS BNI menandatangani kerjasama program Rumah Gemilang Indonesia (RGI) angkatan 27 (Senin, 30/05). Acara sinergi ini dihadiri langsung oleh direktur BAMUIS BNI Sudirman, Direktur LAZ Al Azhar H. Daram, Wakil Direktur LAZ Al Azhar Rahmatullah Sidik, beserta pengurus RGI Kampus Depok. Dalam kerjasama ini, BAMUIS BNI memberikan beasiswa bagi para santri RGI angkatan 27 yang akan memulai masa diklat Juli nanti sebanyak 10 orang.
LAZ Al Azhar dan Tokopedia Salam Bahagiakan Guru Honorer di Pelosok Desa
Siti Adidah 10/06/2022
Seperti dialami Sanip, S.Pd (32), guru honorer di wilayah terpencil di Kampung Nagara, Desa Nagayati, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Selama ini ia mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Darul Muhsinin dengan gaji sebesar 300-400rb per bulan, yang sangat tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari sebagai seorang kepala keluarga.
Budidaya Mentimun Petani Binaan LAZ Al Azhar Petik Hasil yang Melimpah
Siti Adidah 10/06/2022
Wahyudin (38), salah satu petani binaan LAZ Al Azhar yang berada di Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten kini dapat memetik hasil panen mentimun hingga ratusan kilogram.
Biasa Menjual Es Pisang, Gadis ini Sekarang Jadi Desain Grafis Jempolan
Nurman Fauzan 08/06/2022
Namanya Putri Cahya Maulida (18), mempunyai mimpi untuk melanjutkan kuliah di Fakutas Ekonomi Universitas Jendral Soedirman. Namun, semua angannya belum dapat terwujud karena kendala biaya. Kondisi ekonomi keluarga Putri juga turun drastis semenjak ayahnya berhenti kerja sebagai pedagang di swalayan. Terlebih di tengah pandemi, keluarganya harus bertahan dari hasil berjualan es di halaman sekolah dekat rumahnya. Sementara itu ibu Putri hanya lah seorang ibu rumah tangga.
LAZ Al Azhar Bangun Mushola dan MCK Darurat untuk Korban Gempa Sulawesi Barat
Nurman Fauzan 08/06/2022
Mamuju- Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar membangun Mushola dan MCK Darurat untuk para korban bencana gempa di Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi barat, Kamis (21/01). Proses pembangunan dilakukan secara gotong royong bersama relawan dan warga sekitar.
138 Santri RGI Angkatan 24 Mulai Aktif Menimba Ilmu
Nurman Fauzan 08/06/2022
Depok- Sebanyak 138 santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Angkatan 24 hari ini (Kamis 14/01) mengikuti acara pembukaan diklat yang diselenggarakan di Aula Nurhayati Nawawi, Kampus RGI Depok. Acara digelar secara offline dan virtual serta diikuti oleh santri dari kampus RGI lain seperti Jakarta, Aceh, Surabaya, Yogyakarta dan Magelang.
Tim FORMULA Bergerak Salurkan Logitik Bagi Korban Banjir di Puncak
Nurman Fauzan 08/06/2022
Bogor- Banjir bandang yang menerjang wilayah Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (19/1) mengakibatkan setidaknya tujuh bangunan rusak dan 900 jiwa mengungsi di tiga titik posko yang telah disediakan. Tim Formula Tanggap Bencana LAZ Al Azhar bergerak menyalurkan bantuan logistik bagi korban bencana banjir.
LAZ Al Azhar Bangun 94 Unit RUSLI Untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng
Nurman Fauzan 08/06/2022
Tsunami dan gempa yang mengguncang Sulawesi Tengah bulan September 2018 lalu, telah menyisakan kesedihan yang mendalam bagi para korban. Kehilangan anggota keluarga, tempat tinggal dan harta lainnya menjadi dampak terbesar yang dirasakan pasca musibah ini.
Milad Ke-67, Al Azhar Tanam 6.067 Pohon
Nurman Fauzan 08/06/2022
YPI Al Azhar menggelar acara puncak milad ke-67 di area Masjid Agung Al Azhar, Jakarta, Ahad (7/4). Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB ini diawali dengan penanaman bibit pohon di sekitar Lapangan Hijau Masjid Agung Al Azhar oleh jajaran Pengawas dan Pengurus YPI Al Azhar, dan rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI).
Sewindu Berjalan Koperasi Mandiri Marunda Istiqomah Membantu Sesama
Siti Adidah 31/03/2022
Delapan tahun berjalan, aktivitas Koperasi Mandiri Marunda dapat berjalan secara konsisten dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Hal ini diawali dengan hadirnya LAZ Al Azhar pada tahun 2014 lalu yang dapat menciptakan perubahan. Dengan membina ibu-ibu dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu Sejuta Berdaya di Kampung Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.
LAZ Al Azhar dan Tokopedia Salam Ajak Anak Yatim Bantar Gebang Liburan Ceria
Siti Adidah 30/03/2022
Hari Rabu (29/09) kemarin bisa menjadi hari bersejarah bagi 50 anak yatim duafa Majelis Taklim Nurjadiid Bantar Gebang, Bekasi karena mereka bisa liburan bersama ke Taman Herbal Insani, Depok. Pasalnya, setiap hari kegiatan rutin mereka adalah membantu orang tuanya mengais sampah di TPST Bantar Gebang.
Bupati Kediri Dukung Produksi dan Pemasaran Hasil Komoditi Pertanian Kelud
Siti Adidah 30/03/2022
Hasil komoditi pertanian tersebut masyarakat sekitar mulai memanfaatkannya dengan mengolah produk kopi dan cabai sebagai produk unggulan. Kopi liberika dan robusta Kelud menjadi idola para pecinta kopi, sedangkan cabai rawit yang melimpah disini dimanfaatkan untuk produk boncabe.
Perdana, LAZ Al Azhar dan YBM PLN Wisuda Santri RGI Aceh
Siti Adidah 30/03/2022
LAZ Al Azhar bekerja sama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mewisuda 88 santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) kampus Aceh di Aula Teuku Umar, PLN UIW Aceh pada Sabtu (20/7).
LAZ Al Azhar dan Bank Indonesia Luncurkan Program Pulau Berdikari.
Siti Adidah 30/03/2022
LAZ Al Azhar dan Bank Indonesia cabang DKI Jakarta meluncurkan program Pulau Berdikari di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Jumat (28/6/2019).