Menampilkan postingan artikel "wakaf"
Mau Dipermudah dalam Bersedekah? Jangan Lewatkan Doa Ini!
Siti Adidah 04/12/2023
Meminta dan mengharapkan selalu ada di jalan yang benar tentu harus melalui doa. Sama halnya ketika kita merasa sudah jauh dengan hal-hal baik, sudah jauh dan tidak pernah beramal saleh, dan disibukkan dengan perkara dunia, inilah doa yang Rasulullah saw. ajarkan kepada umatnya agar senantiasa dekat dengan kebaikan dan dipermudah dalam bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.
Orang-Orang yang Berhak Menerima Sedekah, Siapa Sajakah?
Siti Adidah 30/11/2023
Salah satu amalan ringan yang tidak perlu menunggu kaya dan tidak terpatok nominal adalah sedekah. Sedekah juga bisa dilakukan kapan saja. Dengan bersedekah itu artinya kita membantu orang-orang yang sedang kesulitan. Lalu siapa saja orang yang berhak menerima sedekah?
Sedekah, Cara Merayu Allah agar Mengabulkan Doa Kita
Siti Adidah 24/11/2023
Usaha dan doa saja nyatanya tidak cukup. Kita tidak boleh egois dengan memenuhi kepentingan diri kita sendiri. Tuhan itu bukan sekadar melihat usaha dan doa kita, tetapi Tuhan juga melihat bagaimana sikap dan perilaku kita terhadap orang lain. Ketika habluminallah sudah kita lakukan, maka penuhi juga habluminannasnya. Lalu perilaku seperti apa yang bisa kita lakukan?
Haram, Jika Sedekah Dilakukan Seperti Ini!
Siti Adidah 16/11/2023
Sedekah seperti apa yang jika dilakukan hukumnya haram? Agar tidak menerka-nerka, simak sampai tuntas penjelasannya, ya!
Sedekah Jangan Menunggu Kaya
Siti Adidah 25/10/2023
Kadang-kadang masih banyak yang berpikir jika kita memberi atau berbagi sesuatu, maka harus memiliki kelebihan harta benda terlebih dahulu. Padahal, berbagi ketika kaya itu biasa, akan tetapi berbagi ketika sedang sempit itu sangat luar biasa. Dengan bersedekah juga tidak akan mengurangi apa yang kita punya. Justru akan membuat harta kita semakin berkah.
Empat Perkara yang Menyebabkan Lunturnya Pahala Sedekah
Siti Adidah 18/10/2023
Ibadah dalam Islam itu banyak sekali. Bukan hanya salat wajib dan sunah, melainkan segala tindakan baik pun bisa disebut ibadah, seperti bersedekah. Dalam bersedekah, tidak ada sesuatu yang diniatkan selain karena Allah Swt. Akan tetapi, menginginkan balasan dari Allah juga bagian dari sifat manusiawi kita. Tentu ketika kita bersedekah, ada sesuatu yang ingin kita dapatkan dari Allah, seperti pahala yang nanti dicatat menjadi amal baik dan menjadi penolong kita di akhirat kelak.
Hikmah Sedekah Subuh
Siti Adidah 05/10/2023
Tidak akan sempurna keimanan seseorang jika tidak pernah berbagi kepada sesama. Sebagai umat Islam yang diajarkan untuk selalu berbagi dan menyisihkan rezeki untuk orang yang membutuhkan, bersedekah adalah tempatnya. Allah Swt. juga menjanjikan akan mengganti dan memberikan pahala berlipatganda bagi orang yang gemar bersedekah.
Sedekah Jariyah Pahalanya Mengalir Terus Tanpa Putus
Siti Adidah 04/09/2023
Salah satu upaya untuk beramal soleh adalah dengan sedekah. Kita tentu tahu bahwa sedekah memiliki banyak jenisnya. Setiap sedekah memiliki keutamaan yang berbeda. Salah satu sedekah yang sering disebut-sebut adalah sedekah jariyah.
Kalau Mengaku Cinta, Teladani Kebiasaan Rasulullah dalam Berbagi!
Siti Adidah 01/09/2023
Biasanya, kekaguman atau kecintaan kita terhadap sesuatu bisa mengubah kebiasaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ketika kita mencintai idola kita, kita selalu ingin mengikutinya, selalu ingin membuatnya menjadi contoh, bahkan keseharian kita sering disangkutpautkan dengan hal tersebut. Lantas bagaimana dengan kita umat Islam, yang mengaku cinta kepada Rasulullah akan tetapi tidak mengikuti kebiasaan-kebiasaan beliau.
Dahsyatnya Sedekah Istri kepada Suami, Sekali Sedekah Dapat 2 Pahala!
Siti Adidah 21/08/2023
Salah satu hadis menyebutkan bahwa turunan sedekah yang benar adalah dimulai dari diri sendiri kemudian kepada keluarga atau kerabat dekat, setelah itu barulah kepada tetangga atau orang lain. Lalu bagaimanakah jika istri yang bersedekah untuk suami ?
Tercatat dalam Al-Qur’an, Penyebab Manusia Tidak Mau Bersedekah!
Siti Adidah 10/08/2023
Tidak bisa dipungkiri mungkin sebagian dari kita masih berpikir bahwa bersedekah hanya bisa dilakukan ketika memiliki banyak harta. Lain dari itu, boleh jadi masih banyak yang berfikir bahwa bersedekah adalah cara membuat harta berkurang. Kadang-kadang kita sebagai manusia menghitung-hitung nominal yang kita keluarkan untuk bersedekah, akan tetapi jarang memperhitungkan harta yang masuk. Kita belum sampai berpikir bahwa harta yang kita miliki itu ada hak orang lain di dalamnya. Maka perlu dikeluarkan, salah satunya dengan bersedekah.
Lima Adab dalam Infak dan Sedekah
Siti Adidah 08/08/2023
Bersedekah dan berinfak juga merupakan salah satu amal yang sering dianjurkan oleh Rasulullah, bukan tanpa alasan, melainkan karena bersedekah dan berinfak memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat banyak. Namun demikian, agar menjadi berkah, lakukan lima adab ini sebelum berinfak dan bersedekah.
Selain Berpahala, Sedekah Juga Menolak Bala
Siti Adidah 07/08/2023
Perintah bersedekah sudah ada sejak zaman Rasulullah. Rasulullah saw., adalah orang yang sangat gemar bersedekah. Selain mendapatkan pahala, dengan bersedekah juga membuat kita menyadari tentang pentingnya membantu orang lain dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat. Tak lepas dari itu, selain bisa mendekatkan diri kita kepada Allah Swt., bersedekah juga mampu menolak bala, mampu menjaga orang-orang yang gemar bersedekah.
Cara Si Kaya Bersedekah
Siti Adidah 25/07/2023
Pada zaman Rasulullah saw., hidup seorang sahabat yang bernama Abdurrahman bin Auf. Selain dikenal karena kepatuhannya kepada Rasulullah, Abdurrahman bin Auf juga dikenal karena kekayaannya, dan dia selalu mendermakan kekayaannya di jalan Allah. Abdurrahman bin Auf selalu mendermakan hartanya dengan ikhlas demi menegakkan agama Allah.
Ini Dia Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh!
Siti Adidah 13/03/2023
Sedekah menjadi salah satu amalan yang begitu dicintai oleh Allah SWT. Meskipun tidak ada batasan waktu untuk seseorang bersedekah, karena sedekah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, dengan bersedekah di waktu subuh ternyata memiliki keutamaan tersendiri loh!
Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat
Siti Adidah 13/01/2023
Hari Jumat merupakan hari yang mulia di antara hari lainnya, sebab di hari itulah Allah akan melipatgandakan pahala dari segala amal perbuatan baik yang kita lakukan. Rasulullah SAW pun memerintahkan umatnya agar memperbanyak beramal di hari tersebut. Salah satu contohnya dengan bersedekah. Apalagi sedekah adalah amalan yang sering muncul dalam Alquran dan hadist.
Kapan Sedekah Kita Berpahala Besar?
Siti Adidah 20/12/2022
Sesuatu yang baik akan sangat bernilai jika kita melakukannya dengan segera, tidak menunda-nundanya hingga terlupakan. Karena ada setan yang senantiasa menggoda manusia agar tidak melakukan hal-hal baik. Oleh karena itu, apabila kita memiliki niat yang baik hendaknya melakukannya saat itu juga agar tidak ada pengaruh dari syaitan untuk terus menundanya.
Rahasia Kebaikan Hakim Ziyech Sumbangkan Penghasilan untuk Bantu Sesama
Siti Adidah 13/12/2022
Siapa yang tidak mengenal Hakim Ziyech? Namanya semakin melesat setelah berhasil membawa Maroko masuk ke babak semifinal Piala Dunia 2022, Qatar. Ternyata di balik aksi menakjubkannya di lapangan, Hakim Ziyech juga memiliki kisah kedermawanan yang yang tidak banyak orang ketahui.