Ini Dia Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh!

Ini Dia Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh!


Siti Adidah
05 September 2022, 16:26 WIB

Sedekah menjadi salah satu amalan yang begitu dicintai oleh Allah SWT. Meskipun tidak ada batasan waktu untuk seseorang bersedekah, karena sedekah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, dengan bersedekah di waktu subuh ternyata memiliki keutamaan tersendiri loh!

Mengapa demikian? Karena dengan bersedekah di waktu subuh menjadi perbuatan baik yang langsung didoakan oleh para malaikat.

Sedekah subuh tidak harus berbentuk uang, terdapat banyak hal yang dapat kita lakukan saat bersedekah misalnya memberikan makanan kepada keluarga duafa, mengajarkan orang lain mengaji, dan banyak kebaikan lainnya. Niatkan secara tulus dan bersungguh-sungguh agar segala hajat dan keinginan dapat terkabul.

Kegiatan sedekah subuh dapat dilakukan dengan rutin, cukup siapkan celengan atau kotak khusus yang diniatkan untuk sedekah jika memilih untuk sedekah subuh menggunakan uang. Kemudian masukan uang tersebut secara rutin setelah kita melakukan shalat subuh ataupun sebelum beraktivitas di pagi hari. Atau bisa langsung menitipkannya langsung ke lembaga-lembaga zakat atau sosial dengan cara transfer.


Lalu apa saja keutamaan dari sedekah subuh?

1.    Menghapuskan dosa

Seperti yang disampaikan dalam hadist ‘Melakukan sedekah subuh juga bisa menghapuskan dosa dan membawa ketenangan hati bagi yang melaksanakannya. Seperti dalam hadits “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR. Tirmidzi)

2.    Dua malaikat datang mendoakan

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3.    Dikabulkannya permintaan

Sedekah di waktu subuh juga menjadi waktu terbaik untuk meminta hajat.

4.    Menjadikan harta semakin berkah

Dengan bersedekah di waktu subuh harta yang diberikan akan digati oleh Allah SWT berkali lipat dan menjadi semakin berkah. Hanya saja, saat bersedekah umat muslim juga melakukannya dengan ikhlas.

5.    Didekatkan dengan pintu surga

Seperti hadits berikut, Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh satu dari pintu surga, “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim)

BERITA POPULER

KATEGORI

TAG

BACA JUGA