Keberadaan
Rumah Bibit di desa binaan LAZ Al Azhar tepatnya di Dusun Pangaseran, Desa
Haurngombong, Kabupaten Sumedang ditujukan untuk menciptakan kemandirian pangan
bagi warga sekitar. Rumah bibit sendiri merupakan salah satu komponen program
Dapur Hidup yang tujuannya untuk menjamin ketersediaan aneka bibit sayuran yang
nantinya akan disebarkan ke masyarakat untuk penanaman di halaman rumahnya.
Meningkatnya
harga bahan dasar makanan pokok menjadi salah satu permasalahan yang tengah
dirasakan masyarakat. Dengan adanya Rumah Bibit ini diharapkan menjadi solusi
agar masyarakat desa mampu bertahan dan mandiri pangan dengan memaksimalkan
potensi sumber daya alam yang ada.
Nurkirman,
Dasamas LAZ Al Azhar mengatakan melalui pendampingan yang dilakukan secara
berkelanjutan masyarakat desa dapat memanfaatkan lahan tidur menjadi lebih
produktif. Rumah Bibit yang tengah dibangun ke depan digunakan untuk
menyediakan bibit berbagai macam tanaman hortikultura yang nantinya akan
dibagikan secara gratis untuk ditanam warga di pekarangan rumah masing-masing.
"Alhamdulillah,
hari ini sedang dilaksanakan kegiatan pembangunan Rumah Bibit oleh kelompok
pemuda di Dusun Pangaseran. Semoga ini menjadi ikhtiar bersama demi mewujudkan
sumber pangan dan gizi keluarga dalam jangka panjang," jelas Nurkirman
pada Jumat, (06/10).
Kegiatan
pelatihan mengenai pengelolaan bibit tanaman mulai dari cara pemeliharaan,
penggunaan pupuk, dan pengendalian hama. Selain hasil panen yang dapat
dimanfaatkan oleh keluarga, kelebihan panen yang diperoleh dapat dijual
sehingga memberikan penghasilan tambahan pendapatan keluarga.
Adapun
indikator dari keberlangsungan program Dapur Hidup sendiri yaitu ; adanya
fasilitas Rumah Bibit yang disiapkan untuk penyemaian bibit, kebun demplot
sebagai media pembelajaran dalam menerapkan good agriculture practices serta
menjadi lahan usaha bersama masyarakat, pertanaman yaitu kegiatan penanaman di
halaman rumah masyarakat secara mandiri, dan pascapanen dengan melakukan
pemasaran yang dikelola dan dipasarkan oleh kelompok tim pemasaran.