Ini Dia Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat!

Ini Dia Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat!


Siti Adidah
16 September 2022, 13:42 WIB

Salah satu amalan kebaikan di hari Jumat yaitu membaca surat Al Kahfi. Pada hari Jumat menjadi waktu yang paling utama untuk bermunajat dan berdoa. Karena ada banyak keberkahan yang akan kita peroleh jika dapat melaksanakan amalan sunnah di hari Jumat dengan konsisten.

Surat Al Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang terdiri dari 110 ayat. Berdasarkan keterangan Surat Al Kahfi menceritakan tentang tujuh pemuda soleh yang menghuni gua dalam keadaan tertidur selama ratusan tahun demi mempertahankan aqidahnya atau yang dikenal dengan sebutan Ashabul Kahfi.

Kebanyakan orang lebih mengenal amalan Jumat dengan membiasakan membaca surat Yasin dibanding dengan surat Al Kahfi. Padahal siapa sangka bahwa surat Al Kahfi inilah yang lebih utama diamalkan oleh Rasulullah SAW.  Lalu apa saja keistimewaan dari Surat Al Kahfi? mengutip dari berbagai sumber terdapat 5 keutamaan dari membaca surat Al Kahfi di hari Jumat:

1. Diampuni dosa di antara dua Jumat

Dalam hadist Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

2. Mendapatkan ridho Allah SWT

Setiap muslim tentu berharap untuk senantiasa mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Dengan Ridhonya hidup akan terasa lebih tentram dan nyaman. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Terlindungi dari fitnah dajjal

Fitnah dajjal menjadi kekhawatiran bagi setiap muslim, karena dajjal mampu membawa kesesatan dan siksa neraka. Kita dapat menyiasatinya dengan membaca surat Al Kahfi pada setiap Jumat seperti sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari dajjal.” (HR Muslim)

4. Disinari cahaya antara dirinya dan ka'bah

Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa'id al-Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul 'Atiq (Ka’bah)." (Suran Ad-Darami, no. 3273).

5. Terhindar dari perbuatan buruk

Adapun hal ini menjadi salah satu keistimewaan dalam membaca surat Al Kahfi, karena pada dasarnya surat Al Kahfi sendiri memiliki kisah yang penuh pelajaran. Demi menjaga tauhid dan agamanya, para pemuda Ashabul Kahfi melarikan diri dari pemimpin yang dzalim. Kemudian Allah-lah yang memberi mereka petunjuk terbaik sehingga dapat terhindar dari hal yang buruk.

Hal inilah yang menjadikan pelajaran bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan harus berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, agar senantiasa mendapat keberkahan dan kebahagiaan.

BERITA POPULER

KATEGORI

TAG

BACA JUGA